Wisata Indonesia Timur

Berlibur merupakan salah satu cara untuk menyegarkan pikiran dan memberi semangat bagi anda yang selalu disibukkan dengan rutinitas pekerjaan. Pentingnya rekreasi bagi pekerja juga dirasa penting bagi pemerintah sehingga setiap karyawan berhak mengajukan cuti tahunan yang biasanya berlangsung 12 hari kerja. Hal ini juga diatur dalam undang – undang ketenagakerjaan nomor 13 tahun 2003 yang mengatur tujuh hak cuti karyawan.  Selain itu terdapat manfaat rekreasi bagi tubuh kita lo sebagai berikut :

  1. Mempererat Hubungan

Rekreasi merupakan salah satu cara untuk mempererat hubungan antar keluarga maupun teman.  Hal ini dibuktikan dengan beberapa penelitian seperti pada jurnal tahun 1986 bahwa karyawan yang mengambil liburan bersama keluarga akan mampu bekerja  lebih bersemangat ketimbang yang tidak mengambil liburan. Kehidupan pribadi karyawan juga biasa mempengaruhi kinerjanya dalam bekerja. Melakukan liburan bersama karyawan lainnya juga akan mampu meningkatkan hubungan perusahaan dengan karyawan.

  • Kerja Lebih Produktif

Setelah liburan tentu anda akan mendapatkan banyak inspirasi yang bisa membawa perubahan atas kinerja anda dalam sebuah perusahaan. Tentunya perubahan ini mampu membuat anda lebih produktif dan merasa lebih bahagia. Berlibur juga dapat dijadikan sarana menambah rekan baru yang mungkin bisa membantu bisnis anda di masa depan.

Baca Juga:

  • Kesehatan Lebih Membaik

Dengan berlibur kondisi kesehatan anda juga menjadi lebih baik dan fresh. Penyakit bukan hanya berasal dari virus namun bisa dari pikiran anda sendiri. Dengan tingginya stress yang anda alami maka juga akan memperburuk kondisi diri sendiri sehingga dalam bekerja anda tak bisa optimal.

  • Sarana Edukasi

Liburan juga bisa dijadikan sebagai jalan untuk mempelajari sesuatu hal. Bukan hanya tentang sejarah dari tempat – tempat yang anda kunjungi namun juga kearifan local tempat wisata tersebut. Mungkin saja suatu saat nanti pengetahuan tersebut bisa berguna dalam kehidupan anda. Dengan berlibur anda juga mendapatkan waktu yang berkualitas dan membuat kenangan indah bagi diri sendiri.

Bagaimana Cara Berlibur Yang Tepat?

Setelah mengetahui manfaat dari berlibur pasti anda mulai bertanya – Tanya bagaimana cara berlibur yang efektif. Ada banyak cara untuk menikmati liburan tergantung dari pilihan yang anda buat sendiri. Beberapa orang menikmati liburannya dengan cara sebagai berikut :

  1. Melakukan Aktivitas Yang Digemari

Untuk menikmati liburan anda bisa juga dilakukan didalam rumah maupun di luar rumah seperti melakukan hobi yang disukai. Bagi anda yang memiliki hobi menonton film bisa menyewa DVD film untuk mengisi waktu liburannya. Anda juga bisa melakukan aktivitas kegemaran anda yang tertunda seperti berkuda atau olahraga lainnya yang tak bisa dilakukan saat bekerja.

  1. Bersama Keluarga

Berlibur juga bisa dilakukan dengan mengunjungi kerabat anda. Anda juga bisa pulang kampung dan menikmati waktu bersama keluarga. Melakukan aktivitas bersama keluarga seperti memasak bersama, makan bersama atau hanya bercengkerama seperti sebelum anda mulai merantau.

  1. Berlibur Ke Tempat Wisata

Ini dia cara terakhir dalam menikmati liburan yakni dnegan mengunjungi tempat wisata. Anda bisa membuat perencanaan dahulu dan menentukan budget untuk liburan. Salah satu tempat wisata yang recomendade banget khususnya bagi anda yang lebih ingin menghabiskan waktu dengan alam bisa berlibur ke Indonesia Timur.  Anda akan dengan mudah menemukan barisan pantai, gunung, air terjun yang tak bisa anda temukan keindahannya di tempat lain.

Alasan Kenapa Anda Wajib Traveling Ke Indonesia Timur

Sumber: https://www.reefrainforest.com

Wilayah Indonesia yang termasuk dalam kawasan Indonesia Timur diantaranya adalah Maluku, NTT,Sulawesi hingga Papua. Mendengar propinsi ini pasti anda akan teringat dengan pesona alamnya yang sulit untuk ditolak. Selain itu ada beberapa alasan kenapa anda wajib datang ke Indonesia Timur.

Surganya Bahari

Wilayah Indonesia timur dikenal sebagai kawasan yang memiliki pesona bahari yang tak bisa anda temukan di tempat lain. Salah satu contohnya ialah keindahan bawah air Raja Ampat yang memiliki koleksi 540 spesies terumbu karang. Belum lagi dengan 1700 spesies moluska dan 1500 spesies ikan yang tak bisa anda temukan diwilayah air manapun di tanah air.

Banyak Ikan Banyak menu Seafood Menggiurkan

Dikarenakan memiliki kawasan perairan yang luas maka kebanyakan warganya memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Aneka ikan bisa dengan mudah ditemukan dikawasan ini dnegan harga yang lebih murah ketimbang propinsi di kawasan barat atau tengah. Beberapa menu seafood yang wajib anda coba jika berkunjung ke Indonesia Timur ialah ikan bakar colo – colo, ikan kuah kuning, dan sajian lobsternya yang sukses menggoyang lidah.

Surganya Pantai

Memiliki surge bahari yang tak bisa dilupakan tentu saja didukung dengan kawasan pantai yang begitu memukau. Air pantai yang jernih dan pasir yang sangat lembut ketika dipijak. Untuk transportasi ke pantai juga sudah mudah.  Salah satu contohnya ialah pantai Ngurtafur yang berada di Pulau WARBAL, Maluku Tenggara. Pantainya memanjang 2 km hingga ke tengah laut yang juga dekat dnegan lingkungan penyu belimbing.

Tempat Wisata Yang Sangat Asri dan Kaya Akan Budaya

Enaknya wisata ke Indonesia Timur tentu saja alamnya yang sangat asri dan mampu menyegarkan pikiran anda.  Belum lagi budaya local yang amat menarik untuk dipelajari dan keramahan warga local pasti mampu membius anda untuk segera datang kesini.

Tempat – Tempat Menarik Di Indonesia Timur

Selanjutnya anda perlu tahu nih tempat  wisata menarik mana saja yang ada di Indonesia Timur. Membuat daftar tempat yang ingin dikunjungi akan memaksimalkan waktu anda untuk berlibur dan bisa menghemat uang. Anda juga bisa melakukan persiapan terkait tempat wisata seperti informasi transportasi, tiket dan akomodasi penginapan disana. Bukan hanya raja ampat saja lo yang bisa anda kunjungi ketika datang ke Indonesia Timur. Ini dia list lengkap tempat wisata menarik lainnya di Indonesia Timur:

Kepulauan Togean

Namanya memang belum setenar Raja Ampat namun kepulauan Togean sudah banyak dikunjungi oleh wiatawan asing. Ini artinya tempat satu ini lebih dikenal di luar negeri ketimbang di negeri sendiri.  Kepulauan Togean terletak di Teluk Tomini kawasan Sulawesi Tenggara. Yang menarik dari kepulauan Togean adalah kawasan terumbu karang yang dilindungi dan beragam biota laut didalamnya. Diperairan Togean anda bisa dengan mudah menemukan ikan pari manta, paus pilot kima raksasa, penyu sisik dan hijau hingga ikan hiu karang.

Tak berhenti situ saja ketika anda bosan untuk snorkeling atau diving bisa menyusuri hutan mangrove didekat pantai.  Anda juga bisa berkeliling ke pulau – pulau kecil disekitar Togean yang tak kalah indahnya seperti Malenge, Waleakodi,Kadidiri dan masih banyak lagi lainnya.

Akomodasi dan Transportasi Togean

Untuk menuju pulau Togean dari Bandara Mutiara SIS AljuFRI Palu maka butuh waktu 10 jam dengan naik bis ke Ampana. Dari Ampana anda perlu menuju Wakai dengan menghabiskan waktu 4-5 jam atau menggunakan rute kedua. Rute satu ini melalui Gorontalo memakai kapal feri Tuna Tomini yang waktu tempuhnya lebih  pendek ketimbang dari Palu. Setelah melalui perjalanan yang cukup jauh anda bisa menginap di resort atau homestay di sekitar pulau. Untuk tarif homestay lebih murah yakni berkisar Rp.200.000 sudah termasuk makan tiga kali.

Danau Kelimutu

Jika membicarakan tempat wisata di Indonesia Timur maka danau Kelimutu pasti masuk dalam list anda. Letak danau ini berada di pulau Flores, NTT. Keunikan dari danau Kelimutu ialah memiliki 3 danau dengan warna yang berbeda – beda sehingga kerap dijuluki sebagai danau tiga warna.  Warna danaunya biasanya merah, putih dan biru namun akan berganti tergantung kondisi cuaca. Perubahan warna pada danau ini sendiri terjadi karena factor kandungan mineral, lumut dan jenis batuan lainnya yang terpapar matahari.  Ketiga danau oleh masyarakat sekitar juga memiliki namanya sendiri seperti  Tiwu Ata Polo, Tiwu Ata Mbupu dan Tieu Nuwa Muri Koo.

Akses dan Akomodasi

Untuk dapat menikmati keindahan danau Kelimutu anda wajib menuju desa Moni terlebih dahulu. Dari desa ini anda hanya bisa berjalan kaki kurang lebih 2-3 jam. Bagi anda yang belum pernah mendaki cobalah untuk jogging sekitar seminggu sebelum keberangkatan agar terbiasa dalam berjalan . Danau Kelimutu dibuka 24 jam dan hanya mengenakan tiket masuk sebesar Rp.3.000 untuk hari biasa dan Rp.5.000 per orang saat akhir pekan atau tanggal merah.  Untuk penginapan anda bisa mencarinya di desa Moni. Ada beberapa tips yang bisa anda terapkan ketika menuju tempat wisata ini. tips tersebut diantaranya lebih baik berangkat mulai dari jam 03.00 dini hari dan pastikan membawa jaket karena suhunya lumayan dingin.

Berbagai Benteng Bersejarah Di Kota Ternate

Kota Ternate terletak dibawah gunung api Gamalama yang juga penuh dengan wisata sejarah. Pada abad ke 13 kota Ternate menjadi pusat pemerintahan kesultanan Ternate dan banyak terdapat benteng dibangun di kota ini. beberapa bentneg tersebut ialah benteng orange atau biasa disebut fort orange yang didirikan pada tahun 1607 oleh Kornelis Matelief de Jonge.  Benteng orange sendiri merupakan benteng Belanda pertama yang ada di Indonesia. Memasuki benteng ini anda akan menemukan 13 meriam peninggalan penjajah.

Selain benteng orange terdapat pula benteng  Toluko dan Kalamata. Benteng Toluko merupakan benteng yang dibangun oleh Portugis ketika menduduki Ternate pada tahun 1540 oleh Fransisco Serao.  Benteng Kalamat juga dibangun oleh Portugis demi mempertahankan Maluku dari Spanyol. Pada masa itu Ternate dikenal sebagai kawasan yang kaya akan rempah rempah sehingga banyak negara Eropa yang memperebutkannya. Ada banyak benteng disini  yang dibangun oleh Spanyol, Belanda dan Portugis yang membuat kota ini sarat akan sejarah penjajahan.

Taman Laut Nasional Wakatobi

Wakatobi merupakan singkatan dari 4 pulau di kawasan Sulawesi Tenggara yakni Wangi – wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. Seperti namanya kawasan Wakatobi kaya akan biota laut dan memiliki gugusan terumbu karang seluas 1.39 juta hektar. Dalam kawaan ini terdapat sekiranya 750 jenis koral dan memiliki kedalaman lautan hingga 1000 meter. Taman wisata ini terbilang cukup lengkap mulai dari suguhan bawah lautnya hingga daratan. Terdapat wisata gua dan kampong suku Bajo yang bisa anda kunjungi atau mengamati penyu hijau di pulau Anano Runduma.

Selain menyelam anda juga bisa berkunjung ke desa suku Bajo yang tinggal diatas permukaan laut. Ada pula menu khas Wakatobi yang patut anda coba yakni ikan Parende yang hanya bisa didapatkan di Wakatobi saja. Ada pula bukit kahayangan yang jadi buah bibir masyarakat sekitar sebagai tempat melihat sunset terbaik yang ada di Wakatobi.  Anda juga bisa berpetualang di hutan terlarang milik pulau Binongko.

Akomodasi dan Akses

Untuk mencapai lokasi Wakatobi anda bisa melalui rute Kendari – Bau – Bau melalui jalur darat maupun laut. Untuk jalur udara maka hanya menghabiskan waktu satu jam perjalanan saja. Dari Bau – Bau masih diteruskan ke Lasalimu dalam waktu dua jam. Barulah anda menuju Wanci kemudian pintu masuk kawasan Taman Nasional Wakatobi hanya dalam satu jam saja. Fasilitas dan akomodasi di Wakatobi cukup lengkap karena sudah ada banyak resort mewah yang dibangun. Banyak pula rumah makan dan penyewaan alat selam yang bisa anda sewa ketika hendak menyelam.

Pulau Alor

Bisa dibilang pulau Alor merupakan sekeping surge yang jatuh ke bumi. Pulau Alor sendiri berbatasan langsung dengan Timor leste di bagian selatan. Dari ketinggian saja pulau Alor amatlah indah dan sulit untuk dilupakan. Di pulau ini anda bisa menyaksikan Al- quran tertua yang dibuat dari kulit kayu yang ditulis dengan tinta tradisional berusia 800 tahun. Ini membuktikan bahwa Islam telah menyebar cukup luas di pulau ini. Alor juga memiliki banyak titik selam yang menarik untuk ditelusuri. Saking indahnya kebanyakan wisatawan disini adalah bule – bule yang notabenenya dari mancanegara.

Ada beberapa museum yang patut anda kunjungi jika sedang berada di pulau ini. Museum tersebut adalah museum 1000 moko yang terbuat sejak zaman perunggu. Moko merupakan pelindung yang digunakan saat berperang. Selain museum moko juga ada museum Tenun Ikat. Disini anda akan menyaksikan bagaimana kain ikat dibuat dan melihat beragam tenun ikat dari berbagai daerah.

Akomodasi dan Transportasi

Untuk menuju pulau Alor anda bisa melanjutkan perjalanan melalui jalur udara dnegan rute Kupang – Alor. Anda juga bisa menuju Alor dengan jalur laut dengan naik kapal PELNI dari pelabuhan Bolok di Kupang menuju Kalabahi, Alor. Anda bisa menghabiskan waktu hingga 17-18 jam dengan menggunakan jalur laut. Di pulau Alor banyak sekali hotel yang dibangun dan bisa anda pilih sesuai selera.  Kalau sudah di pulau Alor jangan lupa untuk menikmati makanan khasnya yakni ikan kuah kuning, sup cakalang dan sayur jantung pisang. Pasti liburan anda akan sangat dipuaskan dengan menu – menu pilihan khas Alor ini.

Hal – Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Liburan

Mendapatkan cuti untuk Liburan pasti membuat anda kegirangan namun jangan lupa untuk melakukan persiapan. Beberapa hal yang perlu anda siapkan ialah tanggal keberangkatan dan berapa lama akan berlibur. Setelah itu buatlah list dari tempat wisata yang anda kunjungi. List ini bisa berupa jadwal bepergian dan aktivitas yang harus dilakukan disana. Sesudah itu buat perencanaan biaya meliputi transportasi, akomodasi dan oleh – oleh serta uang saku selama liburan.

Setelah semua beres tinggal terapkan saja hal – hal yang sudah anda catat tadi. Melakukan perencanaan dimuka akan membantu anda berhemat dan tidak boros selama perjalanan. Selain hati senang kantong anda pun aman dan tidak bokek seusia liburan. Liburan memang sangat disarankan namun anda juga harus ingat tentang keuangan anda dimasa depan. Jagan sampai lupa diri dan akhirnya malah pemborosan sehingga penting untuk menyiapkan dana liburan jauh – jauh hari. Setuju tidak?

 

 

 

 

Loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *