Usaha Kerajinan Barang Bekas

Bisnis tak selalu mengenai barang – barang baru terkadang ide bisnis malah muncul dari barang – barang yang tidak terpakai lagi. Salah satunya muncul dari lingkungan sekitar anda seperti barang – barang bekas yang biasanya menjadi sampah. Barang bekas ini bila dikreasikan sedemikian rupa maka akan menghasilkan produk yang layak jual dan mampu meraup keuntungan besar. Selain menguntungkan bisnis dari barang bekas bisa mengurangi pencemaran lingkungan yang kini mulai meresahkan masyarakat dunia akan dampak global warming.

Kerajinan Barang Bekas

Ketrampilan mengolah barang bekas juga bisa dilatih dan dipelajari oleh orang awam asal telaten dan mau berusaha. Berikut beberapa bisnis dari barang bekas yang bisa anda coba :

Sumber: http://4.bp.blogspot.com/

1. Biji Plastik

Baca Juga:

Bila umumnya botol plastik hanya sebagai botol daur ulang namun sampah jenis ini juga bisa diolah menjadi biji plastik. Biji plastik sendiri berguna untuk dipakai perusahaan – perusahaan yang hendak membuat plastik belanjaan. Perlu campuran bahan kimia untuk membuatnya dan permintaan akan benda satu ini selalu meningkat setiap tahunnya. Di luar negeri bisnis seperti ini umum dilakukan bahkan bisa menghailkan banyak keuntungan. Ada pula yang mengolah botol – botol plastik tersebut menjadi hiasan lampu maupun hiasan rumah seperti rumah milik walikota Bandung, Ridwan Kamil. Ia menggunakan ribuan galon air sebagai hiasan dinding rumahnya.

2. Kerajinan Kardus Bekas

Seorang mahasiswa asal Surabaya yang pernah mengenyam pendidikan di Institut Teknik Surabaya atau ITS ini berhasil membuat kursi yang snagat kuat dengan bahan utama kardus. Kursi kardus tersebut bahkan bisa dibongkar pasang layaknya mainan. Biarpun berbahan sederhana namun nilai jual barang ini tak bisa dipandang sebelah mata. Ia juga membagi ilmunya kepada warga sekitar yang ingin belajar ketrampilan mengolah kardus bekas tersebut. Selain menjadi kursi ternyata bahan kardus bekas juga bisa digunakan untuk membuat pajangan dinding seperti relika kepala hewan seperti rusa, kuda dn lain sebagainya. Anda juga bisa memperjual belikannya tanpa harus mengolah kardus tersebut menjadi produk baru sperti contoh di atas.

3. Kerajinan Kain Perca

Barang bekas memang tak terbatas pada sampah plastik saja namun ada pula beupa kain sisa. Kini banyak orang mau peduli dan berlomba – lomba berkreasi bahkan menggunakan kain sisa. Kain perca ini lantas dijahit kembali menjadi satu kain yang cukup lebar untuk dibuat mejadi tas maupun dompet. Nyatanya produk dari kain perca ini juga laris manis di pasaran dan disukai semua kalangan.

4. Bisnis Kayu Bekas

Biarpun banyak yang beralih menggunakan gas elpiji sebagai perlengkapan memasak namun beberapa orang masih memilih untuk menggunakan kayu bakar. Disini pula bisnis kayu bekas muncul untuk memenuhi permintaan pasar. Bila tidak dipakai sebagai bahan kayu bakar maka kayu ini kemudian dolah untuk menjadi aksesoris menarik. Aksesoris tersebut bisa berupa kaca mata, jam, gantungan kunci hingga miniatur benilai seni tinggi.

5. Bisnis Bungkus Plastik

Selain diolah menjadi biji plastik ternyata sampah plastik bisa digunakan untuk membuat kerajinan tangan lainnya. Sampah plastik seperti kemasan produk makanan, sabun mandi maupun sabun cuci ini bisa diolah menjadi tas plastik yang menarik. Bungkus mie instan juga bisa digunakan untuk membuat dompet dengan mempertahankan desain kemasan aslinya. Biarpun terlihat sederhana namun peminatnya juga lumayan banyak.

Selain kerajinan di atas masih banyak lagi barang bekas yang dijadikan produk bisnis seperti sendok makan yang dapat dijadikan miniatur sepeda motor. Kaleng bekas yang mampu disulap menjadi truk dan bis.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *