Untung Rugi Kartu Kredit

Anda sudah memiliki kartu kredit? Pada artikel lain dalam website ini anda akan menemukan bagaimana tips untuk Membuat Kartu Kredit dengan Cepat, bagaimana cara menaikkan limit kartu kredit, serta beberapa tips lain tentang kartu kredit yang perlu anda tahu. Namun, sebenarnya, sudahkah kita mengerti apa saja yang perlu kita ketahui tentang keuntungan dan kerugian ketika kita memiliki kartu kredit? Kali ini kami akan membagi beberapa hal yang berupa keuntungan dan kerugian menggunakan kartu kredit, yang barangkali menjadi pedoman dan pertimbangan anda untuk menggunakannya secara bijak dan sesuai kebutuhan.

.: Keuntungan

Lebih aman

Belanja menggunakan kartu kredit diyakini lebih mendatangkan rasa aman dibandingkan dengan berbelanja menggunakan uang tunai. Apalagi jika transaksi harus dilakukan dalam jumlah yang besar. Membawa segepok uang dalam jumlah besar itu menimbulkan rasa was-was karena adnaya risiko kehilangan yang cukup besar.

Lebih praktis

Kepraktisan ini didapat ketika kita bertransaksi kita tidak perlu menghitung uang yang dibayar dan uang kembalian yang mungkin saja kita terima. Dan tentu saja, kita tidak perlu membawa tas atau tempat uang yang aman ketika harus bertransaksi secara tunai dalam jumlah yang besar.

Lebih Mudah

Berbagai kemudahan lain juga dapat dimanfaatkan nasabah dengan menggunakan kartu ini. Misalnya jika kita sedang memerlukan barang tertentu namun kita tidak memiliki uang cash, kita tetap dapat membelinya dengan kartu kredit.

Baca Juga:

Barang yang anda inginkan bisa dicicil.

Jika kita membeli secara tunai, biasanya barang tersebut tidak bisa dibayar dengan sistem cicilan. Kartu kredit memudahkan kita untuk mencicil tagihan barang tersebut setiap bulannya, sehingga tidak akan terasa terlalu berat ketika kita membeli barang yang relatif mahal.

Mendapatkan fasilitas promo

Beberapa penjual seringkali menawarkan promo bagi anda pemegang kartu kredit tertentu. Misalnya anda bisa membeli menggunakan kartu kredit ini, dicicil dalam jangka waktu tertentu, dengan bunga sebesar 0%.

.: Kerugian

Selalu membayar hutang

Sistem yang digunakan dalam kartu kredit adalah kita berbelanja sekarang, lalu membayarnya nanti dalam tagihan-tagihan tiap bulannya. Artinya jika transaksi kita besar, maka kita akan selalu membayar cicilan tiap bulannya untuk melunasi barang yang sudah kita beli tersebut. Mungkin ini tidak membebani ketika harga barang yang anda beli tidak terlalu mahal sehingga utang tidak begitu banyak dan membebani.

Bunga cicilan kartu kredit yang cukup tinggi

Meski dalam beberapa kesempatan kita sering melihat promo bagi pelanggan kartu kredit tertentu, tapi pada dasarnya itu adalah hal kecil yang dimanfaatkan oleh bank untuk meningkatkan transaksi kartu kredit anggotanya. Namun, tentu saja, sebenarnya pembayaran menggunakan kartu kredit membutuhkan kemampuan bayar bunga cicilan yang tinggi.

Pengaturan keuangan berpotensi kacau

Ketika kita tidak mampu menggunakan kartu kredit dengan bijak seperti, maka bukan tidak mungkin pengelolaan keuangan kita akan kacau karena harus membayar hutang yang jumlahnya bisa saja lebih besar dari kemampuan kita. Inilah yang membuat bahaya kredit macet yang dihindari oleh kita dan bank.

Menjadi konsumtif

Kemudahan yang ditawarkan membuat para pengguna kartu kredit menjadi konsumtif karena merasa dimudahkan terutama untuk hal berbelanja. Memang berdasarkan data yang ada, pengguna kartu kredit menjadi lebih konsumtif. Tetapi semuanya itu kembali pada kemampuan penguasaan diri sang pemegang kartu kredit.

Nah, demikian keuntungan dan kerugian memiliki kartu kredit. Semua keuntungan pasti anda dapatkan, sedangkan kerugian itu bisa anda minimalisir bila anda menggunakan kartu kredit anda dengan bijak. Tetaplah mengikuti tips-tips dari kami.