Universitas Kedokteran Terbaik Di Indonesia

Ketika masih kecil anda mungkin sering ditanya tentang cita – cita anda di masa depan. Tak sedikit pula banyak anak – anak akan menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban sebagai dokter. Sedari kecil profesi sebagai dokter sudah populer. Dengan jas putih dan stetoskop yang dikalungkan di leher menjadi outfit wajib dokter ketika bertugas.

Universitas Kedokteran Terbaik Di Indonesia

Untuk menjadi dokter bukanlah perkara mudah baik dari segi biaya pendidikan maupun kemampuan yang harus dimiliki. Tidak bisa dipungkiri bahwa untuk menjadi dokter perlu biaya yang besar dan wawasan luas serta keberanian. Proses menjadi dokter saja butuh waktu yang lama dan melewati beberaa proses seperti pre klinik yakni tahapan kuliah, klini atau biasa disebut dengan co ass yang harus ditempuh minimal 3 semester. Kemudian ada lagi UKDI untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi dokter dilanjutkan dengan intership selama satu tahun.

Sumber: https://www.konsula.com/

Melihat tahapan diatas yang cukup panjang sayang bila anda tidak menempuh pendidikan di universitas terbaik sekalian, tidak perlu jauh – jauh ke luar negeri, di Indonesia juga terdapat universitas yang tak kalah hebatnya. Berikut universitas terbaik untuk jurusan kedokteran yang ada di Indonesia :

Universitas Brawijaya

Pamor universitas brawijaya memang tak perlu diragukan lagi terlebih dengan berbagai prestasi yang diraih baik tingkat nasional maupun internasional. Universitas yang terletak di Malang, Jawa Timur ini memang memiliki jurusan kedokteran baik umum maupun spesialis. Untuk masuk ke universitas Brawijaya anda tentu perlu berjuang keras.

Universitas Airlangga

Masih di Jawa timur ternyata Surabaya juga punya universitas negeri yang telah diakui sebagai universitas dengan lulusan sarjana kedokteran yang mumpuni. Universitas Airlangga bahkan bekerja sama dengan rumah sakit umum Dr. Soetomo dan sebagai salah satu rumah sakit rujukan di kawasan timur Indonesia.

Universitas Indonesia

Universitas satu ini dikenal sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia. Fakultas kedokteran universitas Indonesia telah lama berdiri bahkan sejak jaman Belanda. Universitas Indonesia bahkan bekerja sama dengan universitas dari luar negeri seperti University of Newcastle Upon Tyne di UK , University of Melbourne yang berada di Indonesia serta Monash University yang juga berasal di Australia.

Universitas Gadja Mada

Fakultas kedokteran Gadja Mada tak perlu diragukan lagi sebab dikenal sebagai pionernya fakultas kedokteran yang ada di Indonesia. Fakultas kedokteran UGM dikenal tertua di Indonesia yang mana didirikan pada tanggal 5 Maret 1946. Untuk masuk ke universitas ini anda perlu berjuang keras karena saking populernya pesaingnya pun juga amat banyak.

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Tidak hanya universitas negeri saja yang memiliki fakultas kedokteran terbaik di Indonesia. Nyatanya Universitas Katolik Atma Jaya memiliki akreditasi A untuk fakultas kedokteran. Perkuliahan pertama di kampus Universitas Katotik Atma Jaya dimulai pada Maret 1968. FK Unika Atma Jaya sendiri telah diresmikan pada tanggal 27 Desember 1967.

Kini terdapat sekitar 75 fakultas kedokteran yang tersebar di berbagai Universitas di Indonesia. Sayangnya 20 % dari jumlah tersebut masih berakreditasi C. setiap tahunnya ada sekitar 8000 lulusan kedokteran. Jumlah ini sudah memenuhi target rasio dengan jumlah penduduk yang dilayani. Persoalannya penyebaran lulusan dokter ini masih kurang merata.

Pada tahun 2016 lalu tercatat 176.201 dokter dengan 65 % merupakan dokter umum, 16% dokter gigi, 18% dokter spesialis dan sisanya merupakan dokter spesialis gigi. Dari data JKN dikatakan bahwa 1 dokter melayani maksimal 2500 orang. Penduduk Indonesia sendiri sekitar 255,4 juta sehingga penduduk Indonesia perlu 109.597 dokter.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *