Universitas Ilmu Komputer Terbaik di Indonesia

Teknologi informasi dan telekomunikasi adalah salahsatu industri yang cepat berkembang. Untuk menghadapi perkembangan tersebut diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas. Mampu berkomunikasi dengan baik khususnya dibidang teknologi. Gelar dibidang ilmu komputer diuniversitas top penting karena dapat membantu para lulusan untuk mendapatkan pekerjaan impian. Tapi universitas mana yang menawarkan yang terbaik dibidang ilmu komputer ?.

Universitas Ilmu Komputer Terbaik di Indonesia

Dengan menggunakan peringkat dari QS world university Rangking. Dengan faktor yang digunakan adalah reputasi universitas tersebut secara akademis. Reputasi universitas tersebut sendiri dan juga besarnya pengaruh penelitian yang dilakukan. Metodologi yang digunakan secara keseluruhan bisa juga dilihat. Berikut merupakan daftar universitas ilmu komputer terbaik di Indonesia. Mau tahu universitas ilmu komputer mana saja yang merupakan terbaik di Indonesia. Berikut daftarnya:

Sumber: http://lab.ilkom.unila.ac.id/

Institut Teknologi Bandung

Terbentuknya program studi ini di ITB . Diawali dengan penggunaan komputer dibawah pengelolaan pusat komputer ITB. Didukung dengan semangat dan kemauan berkembang. Pendidikan formal tentang komputer dimulai. Dengan dibukanya pendidikan ahli teknik jurusan penggunaan komputer pada tahun 1978.
Dengan fasilitas yang didukung dengan pusat komputer dan teknologi yang mendukung. Dengan prospek kerja seperti menjadi sorftware engineer, konsultan IT dll. Institut teknologi Bandung merupakan salah satu universitas dengan ilmu komputer terbaik di Indonesia

 

Universitas Indonesia

Fakultas ilmu computer U berdiri sejak tahun 1993. Sebelum pendiriannya, pendidikan ilmu computer di UI dilaksanakan oleh pusilkom UI (Pusat Ilmu Komputer). Kini berstatus sebagai unit usaha akademis dibaah fasilkom UI. Kegiatan akademiknya adalah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sejak tahun 2002 fasilkom UI bekerjasama dengan School of Information technology and Electrical Engineering The University of Queensland (ITEE-UQ) dalam menyelengarakan program sarjana internasional (S1-kelas internasional) bidang ilmu komputer dan teknologi informasi. Fasilitas yang dimiliki fakultas ilmu komputer memiliki fasilitas seperti perpustakaan, kantin dan restoran Yoshinoya. Laboratorium, ruang diskusi, situs web perkuliahan, aula dengan kapasitas maksimal 120 orang, hotspot UI 24 jam .

Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Program studi Ilmu computer ITS didirikan atas instruksi presiden Republik Indonesia KH abdulrahman Wahid. Untuk mengembangkan teknologi informasi ditanah air. Khususnya kawasan Indonesia bagian timur. Sejarah berdirinya dimulai sejak didirikan jurusan teknik komputer (1985). Yang kemudian berubah menjadi jurusan teknik informatika. Dan dilanjutkan dengan mendirikan jurusan sistem informasi pada tahun 2001. Berdasarkan penilaian badan akreditasi nasional pergruan tinggi.

 

Baik jurusan teknik informatika maupun jurusan sistem informasi memperoleh akreditasi A yang berlaku hingga tahun 2016. Dilingkungan ITS kedua jurusan tersebut termasuk jurusan yang paling diminati oleh calon mahasiswa. Fasilitas yang dimiliki untuk mendukung mahasiswanya antara lain seperti laboratorium seperti:

1. Laboratoriun pemrograman
Fasilitas komputer agar mahasiswa dapat menguasai bahasa pemrograman dan menggunakan software aplikasi. Mengadakan pelatihan dan kursus penggunaan software aplikasi. Mendukung perkuliahan terutama yang berhubungan dengan jaringan global. Laboratorium ini digunakan juga untuk melayani praktikum perangkat lunak untuk sistem computer dan aplikasi computer.

2. Laboratorium arsitektur dan jaringan komputer
Laboratorium ini melayani praktikum sistem digital. Mikroprosesor, arsitektur komputer , arsitektur pararel, komunikasi data.

3. Laboratorium rekayasa Perangkat Lunak
Laboratorium ini melayani praktikum rekayasa perangkat lunak. Perancang sistem berbasis objek, managemen pengembangan perangkat lunak. Pemrograman basis data client server dan lain-lain

4. Laboratorium sistem informasi
Laboratorium ini melayani praktikum berbasis data. Analisis dan desain sistem informasi. Sistem berbasis pengetahuan sistem informasi geografis dan sebagainya

5. Laboratorium computing
Laboratorium ini melayani praktikum sistem pakar. Aplikasi kecerdasan buatan grafika komputer, pengolahan dan analisis citra. Pemrograman berbasis web, pengenalan pola dan jaringan saraf tiruan.

Selain itu ada juga fasilitas lainnya seperti perpustakaan (ruang baca). Yang menyediakan sejumlah bahan pustaka. Antara lain seperti textbook, jurnal, majalah dan lain-lain. Dengan ini tidak heran kalau institus sepuluh November menjadi salah satu universitas ilmu komputer terbaik di Indonesia

Universitas Gadjah Mada

Penyelengaraan program Studi ilmu Komputer dimulai pada tahun 1987. Dibawah koordinasi jurusan matematika FMIPA. Seiring dengan perkembangan penerapan teknologi computer, maka mulai tahun 2005 program studi ilmu komputer membentuk bidang studi meliputi:

a. Sistem teknologi dan multimedia
b. Sistem cerdas
c. Komputasi
d. Sistem komputer dan komunikasi data

Mulai tahun 2010 penyyelengaraan program studi ilmu komputer dikoordinasi oleh jurusan ilmu komputer dan elektronika

Universitas Islam Indonesia

Sejak didirikan pada tahun 1994 prodi teknik informatika FTI UII. Tetap menjaga komitmennya untuk terus belajar dan berkembang. Serta merespon perkembangan teknologi informatika terkini. Perjalanan selama lebih dari dua dasawarsa telah memberikan banyak pengalaman. Untuk selalu menjadi yang terdepan. Didukung dengan sumber daya manusia yang kompeten dan berkomitmen tinggi. Serta fasilitas pembelajaran yang memadai. Prodi TI UII bertekad untuk mendidik mahasiswa-mahasiswanya sehingga menghasilkan profesional teknologi yang berjiwa entrepreneur serta menjunjung tinggi etika.

Hal ini dibuktikan dengan masuknya prodi teknik Informatika UII menjadi lima terbaik seindonesia untuk program studi ilmu computer dan sistem informasi berdasarkan QS University Rankings dan diperolehnya akreditasi A sesuai SK BAN-PT no 990/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015.

Prodi ini memiliki tiga pusat studi seperti Informatika medis e-government, dan teknologi Kreatif. Selain itu program ini juga memiliki pusat pelatihan dengan sertifikasi internasional dari Cisco, Oracle, EC-Council, Adobe dan Mikrotik. Bahkan UII memiliki kelompok studi sebagai wadah kreatifitas mahasiswa. Seperti kelompok studi informatika robotika. Kelompok studi web programming. Kelompok studi game programming dan kelompok studi IOS&android.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *