Uniknya Pemasaran Perusahaan Ini

Bisnis yang baru hadir di tengah masyarakat tentu memiliki tantangan tersendiri agar dapat cepat diterima oleh banyak kalangan. Salah satu cara dan upaya efektif yang harus ditempuh oleh perusahaan baru tentu saja dengan pemasaran. Beberapa perusahaan memiliki strategi pemasaran yang bisa dibilang tidak biasa.

Pemasaran Unik

Tentu saja usaha tersebut dilakukan agar dapat menaikkan nama baru perusahaan mereka. Berikut ini adalah contoh perusahaan yang memiliki cara pemasaran yang unik. Siapa saja mereka?

Sumber:http://cdn.bisnisukm.com

Sumber:http://cdn.bisnisukm.com

1. Paypall

Di jaman sekarang ini siapa sih yang tidak mengenal paypall. Alat pembayaran via online ini ternyata dulu memiliki cara pemasaran yang bisa dibilang unik dan nekat. Bagaimana tidak, Paypall di awal berdirinya membagikan uang $10 dollar untuk menarik pengguna baru agar mendaftarkan akunnya demi mendapatkan lalu lintas. Ternyata strategi tersebut membuahkan hasil yang sangat manis. Setelah satu tahun sejak keberadannya, Paypall terbukti mampu membukukan sekitar satu juta pengguna.

Baca Juga:

2. Reddit

Situs berita yang memiliki basis user-generate ini memiliki cara yang tak kalah unik untuk memasarkan produknya. Reddit yang juga dikenal dengan nama “Front Page Internet” ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2005. Saat pertama kali peluncuran, Reddit mengalami kendala yakni sedikitnya pengunjung yang datang. Melihat hal tersebut, sang founder berinisiatif untuk membuat banyak akun palsu kemudian mengomentari dirinya sendiri hanya demi menampakkan lalu lintas. Usahanya bisa dibilang sukses. Lambat laun sudah banyak pengguna real dan sedikit demi sedikit mereka meninggalkan akun palsunya.

3. Pinterest

Situs sosial media besar seperti Pinterest juga pernah mengalami jatuh bangun. Di awal kemunculannya, Pinterest hanya memiliki sedikit pengguna sehingga membuat Ben Silberman yang juga merupakan salah satu pendiri mengirimkan surat secara pribadi kepada 7.000 pengguna pertama. Sekarang ini Pinterest telah memiliki 70juta pengguna di seluruh dunia.

4. Instacard

Sebagai bisnis starup, CEO Instacard yakni Apoorva Mehta memiliki cara yang unik untuk menarik perhatian akselerator Y Combination. Mehta mengirimi Garry Tan yang juga merupakan salah satu pendiri Y Combination enam kaleng bir dengan Instacard. Cara yang tidak biasa tersebut ternyata cukup menarik Garry Tan dan mengundang sang CEO datang ke Markas Y Combination keesokan harinya. 5. Salesforce Salesforce mendapat predikat dari Forbes sebagai Perusahaan paling inovatif di Amerika. Strategi Pemasaran perusahaan ini bisa dibilang unik sekaligus ekstrim. Sang Founder, Benioff adalah dalang dibalik ketenaran strategi pemasaran yang gila tersebut. Benioff pernah menyewa demonstran palsu untuk mengganggu saingan terberat mereka dan memberi komando kepada semua sopir taksi pada acara tersebut untuk melakukan tour lapangan selama 45 menit tentang Salesforce kepada para undangan. Kenekatan Benioff ternyata tak terhenti disitu saja. Founder perusahaan cloud computing ini juga pernah sengaja mendapat masalah dengan menampilkan foto Dalai Lama pada poster mereka. Pemasaran perusahaan ini semakin tak terbendung kenekatannya. Founder ekstrem tersebut pernah mengundang 90ribu tamu dan pemimpin bisnis dunia yaitu Tony Robbins serta Ricard Branson dengan menampilkan musisi papan atas seperti Red Hot Chili Peppers, Metallica, MC Hammer.

Dari beberapa strategi pemasaran yang unik diatas dapat kita lihat betapa gigihnya para pendiri membuat perusahaannya agar terus tumbuh dan berkembang sesuai dengan harapan. Meskipun jalan yang ditempuh terlihat tidak biasa, namun hasil yang mereka tampakkan sangatlah luar biasa. Apakah anda tertarik untuk meniru teknik pemasaran unik diatas?

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *