Ungkap Warren Buffet Menghasilkan Uang

Siapa sih yang tidak mengenal Warren Buffet? Sebagian besar orang pasti sudah mengenal siapa itu Warren Buffet. Warren Buffet adalah seorang investor terhebat yang pernah ada dan masuk dalam daftar orang-orang terkaya di dunia. Kesuksesannya tidak jauh dari kerja keras yang telah dia lakukan selama ini. Warren Buffet juga tidak pelit dalam membagi ilmunya melalui beberapa kata yang dapat memotifasi.

Warren Buffet

Dalam menghasilkan uang Warren Buffet menerapkan beberapa prinsip, berikut ini beberapa prinsip yang digunakan ala Warren Buffet:

Sumber:http://static6.businessinsider.com

Sumber:http://static6.businessinsider.com

1. Investasi dengan segera

Jangan berspekulasi sebelum memulai berinvestasi, lakukan insvestasi dengan segera. Analisislah produk investasi yang memberikan hasil yang baik. Tidak usah tertarik dengan hasil yang signifikan. Yang paling penting uang yang anda investasikan aman dan bukannya malah menyusut.

2. Tidak perlu berinvestasi banyak

Anda tidak perlu memaksakan dengan harus berinvestasi sebanyak mungkin. Warren Buffet hanya memiliki portofolio sekitar 30 saham saja hingga saat ini, namun dia menjadi salah satu orang tekaya didunia, bahkan pada tahun 2010 pernah menjadi orang terkaya sedunia.

3. Jangan berinvestasi saham dengan menggunakan uang dari hasil berhutang

Salah satu studi membuktikan bahwa orang yang dalam berinvestasi menggunakan uang hasil berhutang cenderung sebagai spekulan, yang akan selalu tergoda untuk menjual saham ketika harga saham naik sedikit untuk mendapat untung. Warren Buffet merupakan seorang investor dengan jangka panjang. Dia berfikir lebih baik jika membeli satu lot saja saham namun bisa terus-menerus membeli dengan menggunakan uangnya sendiri, bukan uang dari hasil berhutang.

4. Bukan membeli sahamnya, akan tetapi membeli bisnisnya

Berfikirlah bahwa kita salah satu pemilik perusahaan meskipun kita hanya memiliki 1 lot saham diperusahaan tersebut.

5. Gunakan uang anda secara efisien

Segeralah jual saham anda jika prospek yang dimiliki saham dinilai kurang baik. Carilah saham yang memiliki prospek lebih bagus agar anda memiliki keuntungan yang bagus pula.

6. Lakukan pola hidup hemat Warren dikenal tidak pintar berfoya-foya ia malah memilih bergaya hidup sederhana.

Dia menerapkan prinsip pengeluaran harus jauh lebih kecil dari pendapatan yang dimilikinya, hingga pada saat ini dia masih menempati rumah yang dibelinya pada tahun 1958 di Omaha yang jauh dari New York. Rumahnya di Omaha juga sederhana yang membuat istrinya tidak betah hidup dengannya, padahal dia kaya namun hidup terlalu sederhana.

7. Terbuka

Pemikiran yang dimiliki oleh Warren Beffet sangatlah terbuka terutama dalam menerima pandangan yang dimiliki orang lain. Namun untuk prediksi saham yang telah dibelinya tidak terkait dalam hal tersebut. Hal ini dibuktikan ketika Warren buffet tidak mau membeli saham-saham dalam perusahaan IT yang tentunya dinilai memiliki nilai lebih di era teknologi seperti saat ini. Menurut Warren Buffet saham IT tidaklah menguntungkan.

8. Beramal

Menurut Warren Buffet uang bukanlah segala-galanya, Warren Buffet pernah menyimbangkan kekayaannya pada yayasan milik Bill Gates sebanyak 31 milyar dolar atau sekitar 75% dari kekayaan yang dimilikinya. Justru anaknya hanya diberi sedikit dari saham yang dimilikinya, hanya 1 portofolio. Sisa kekayaannya yang lain ternyata telah disumbangkan. Namun hal itu tidak membuat Warren Buffet menjadi miskin, dia justru menggeser posisi Bill Gates ditahun berikutnya.

9. Tidak lupa bergaul dengan orang sukses

Lingkungan pergaulan kita sangat mempengaruhi pola pikir kita. Bergaulah dengan orang sukses namun tetap pilihlah orang yang baik, bukan orang yang memiliki uang lebih banyak.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *