Unduh Aplikasi Pemacu Produktivitas Anda

Apakah anda orang yang menghabiskan waktu untuk bekerja alias sibuk? Berhati-hatilah jika anda demikian. Jangan-jangan anda hanya menghabiskan waktu saja tetapi tidak produktif. Semoga itu tidak terjadi pada anda. Namun bila sampai hal tersebut terjadi, jangan ragu-ragu untuk segera mencari solusi bagaimana meningkatkan produktivitas pekerjaan anda.

Baca: Jaga Produktivitas Anda dengan Progress Board

Ada banyak metode untuk menjaga agar anda tetap produktif. Metode itu seringkali ditetapkan di kantor untuk menjaga produktivitas sebuah kerja tim. Atau ada juga metode untuk menjaga produktivitas diri anda sendiri. Di era digital ini anda juga bisa mengenal begitu banyak program yang dibuat untuk membantu anda meningkatkan produktivitas pekerjaan anda. Mereka memberikan fungsi-fungsi khusus, bahkan kemampuan untuk saling terhubung dengan orang lain, yang tentu saja akan menarik perhatian dari (calon) pengguna.

Salah satu program yang menjadi penanda awal kelahiran program seperti ini adalah Basecamp. Program ini memang menyediakan fitur yang membuat kerja anda akan lebih efisien bagi setiap pengguna. Namun kini setidaknya ada lima program, termasuk Basecamp, yang akan kami sarankan kepada anda. Apa saja program-program tesebut? Mari kita kupas.

1.  Asana

Menurut informasi yang beredar, Asana adalah aplikasi terbaru dalam  hal mengembangkan produktivitas. Program ini memungkinkan orang untuk bekerja bersama dengan lebih baik sebagai sebuah tim yang solid dan kompak. Program ini bisa anda unduh dan gunakan secara gratis untuk sebuah tim berjumlah maksimal 30 orang, tetapi dengan diselingi iklan-iklan yang ada. Bagi anda yang menginginkan fitur lebih atau membutuhkan kuota lebih dari 30 orang, maka anda harus membayar. Desain aplikasi ini nyaman digunakan pada berbagai browser atau alat peramban. Belakangan program ini juga ditawarkan untuk dipasang pada iPhone. Kelebihan dari Asana adalah dapat memproses pekerjaan besar hingga kecil yang membutuhkan hal mendetil. Lewat program ini juga anda  bisa mendelegasikan tugas dan mengatur prioritas dengan lebih menyenangkan karena punya desain yang unik dan mudah digunakan.

2.  Basecamp

Tadi kita sudah menyinggung sedikit soal program ini. Dia mempopulerkan alat kolaborasi proyek sejak sekitar 10 tahun yang lalu di kalangan profesional. Program ini terutama memberikan kejutan pada masanya karena kemampuannya untuk membantu kerja tim meningkatkan produktivitasnya. Dulu program ini bernama Classic, tetapi sekarang setiap orang bisa mengunduh Basecamp ini dengan mudah. Lewat Basecamp ini proyek yang anda kerjakan bersama selalu dapat dilihat dalam timeline (seperti Twitter). Selain itu dalam sebuah timeline yang sama, anda dapat melihat apa saja pekerjaan yang telah diselesaikan, produktivitas anda sendiri, serta interaksi-interaksi yang terjadi dalam grup tersebut. Untuk percobaan, anda bisa memanfaatkan fasilitas program ini dengan gratis selama 45 hari, setelah itu anda harus membayar untuk terus menggunakannya. Kelebihan dari Basecamp ini selain karena sudah memiliki kredibilitas yang bagus di mata audiens, dia menyediaka fitur untuk tidak membatasi jumlah pengguna.

3.  Podio

Podio adalah alternatif program penunjang produktivitas yang bisa anda pilih. Dilahirkan sebagai bagian dari Citrix Systems, Podio memungkinkan anda untuk bekerja dengan desain yang sangat mudah untuk digunakan siapapun. Template yang dipilih oleh Podio memberikan anda tools yang sederhana untuk menyimpan atau mengganti kategori pekerjaan yang berbeda. Misalnya, tugas-tugas dalam marketing memiliki rincian tools yang berbeda dengan tugas-tugas dalam divisi personalia. Seperti dua program sebelumnya, Podio juga memungkinkan anda untuk bekerja bersama dalam sebuah tim. Di sana anda dapat mengakses informasi dan berkomunikasi sebagai bagian dari sebuah tim. Program ini bisa anda unduh gratis untuk maksimal 5 orang dalam satu tim. Namun anda tidak akan rugi kalau anda mengeluarkan sejumlah uang untuk bisa menikmati fitur lain dalam Podio yang lebih profesional dan punya peluang besar untuk anda manfaatkan.

4.  Trello

Trello adalah sebuah program penunjang produktivitas kerja anda yang dibuat oleh Fog Creek Software. Program ini relatif baru juga,yang memungkinkan anda untuk bekerja secara interaktif. Desainnya juga memudahkan anda untuk memindah posisi kertas di tempelan layaknya ketika anda menempelkan informasi tugas tersebut di sebuah white board. Menurut informasi yang ada, aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dan akan berusaha tetap gratis hingga kapanpun. Anda yang menggunakan Android maupun iOS dapat memanfaatkan program ini. Hal istimewa yang dimiliki oleh Trello adalah dia menawarkan teknik permainan sosial seperti memberikan voting pada papan kerja dan hasil pekerjaan anggota tim anda. Barangkali ini semacam like pada Facebook untuk menunjukkan dukungan dan penghargaan atas kerja keras setiap orang yang telah produktif.

5.  Wiggio

Wiggio adalah program yang sengaja didesain agar setiap orang yang bekerja dalam sebuah tim bisa saling membagikan informasi pekerjaan anda. Pada awalnya program ini sangat populer di kalangan akademisi atau mahasiswa, tetapi seiring peningkatan fitur yang ada, kalangan pengusaha swasta pun mulai menggunakan program ini. Wiggio adalah sebuah aplikasi berbasis web yang dapat digunakan dalam aplikasi iPhone. Bila anda menginginkan fitur analisis dan pengaturan sosial, atau untuk dapat mengatur grup, anda perlu membayar sejumlah uang. Dengan fitur tersebut Wiggio memungkinkan setiap orang untuk bisa memasukkan daftar pekerjaan dan berkomunikasi antarangggota dengan menggunakan tools komunikasi yang mumpuni, termasuk konferensi via web. Dari informasi yang ada, orang-orang merasa sangat puas menggunakan program ini untuk membantu pekerjaan mereka.

Demikian informasi yang bisa anda peroleh soal aplikasi yang diyakini mampu memacu produktivitas anda. Kelima aplikasi ini memiliki beberapa persamaan, salah satunya adalah memungkinkan anda untuk bisa bekerja bersama dalam sebuah tim. Maknanya adalah produktivitas bukan melulu terpatok pada pekerjaan individu yang bisa anda selesaikan dengan cepat saja, tetapi juga soal bagaimana kita mendelegasikan tugas, membagi pekerjaan, dan saling memberi dukungan untuk bersama-sama meraih produktivitas yang kita impikan.

Namun perlu kita sadari bahwa ini adalah alat. Hal yang paling penting adalah kemauan, niat, dan usaha kita untuk menjadi produktif. Tanpa adanya ketiga hal itu, alat ini hanyalah tinggal alat yang netral begitu saja. Jadi, mau unduh yang mana?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *