True Money

True money adalah salah satu jenis alat pembayaran yang bersifat virtual dan saat ini hanya tersedia di Thailand. True money itu sendiri merupakan penyedia e-payment pertama yang berinovasi dengan menggunakan GSM. True money bergerak di bawah payung TrueMove.Inc sebagai pemberi dana yang kemudian akan digunakan untuk diversifikasi produk yaitu membuat TrueMoney Express, rencana program layanan pembayaran lanjutan dengan tujuan sekaligus meningkatkan akses layanan keuangan melalui ponsel.

True money yang telah dibentuk sejak tahun 2005 hingga saat ini telah digunakan oleh 6 Juta orang dan telah memproses lebih dari 900 Juta Dolar Amerika serta 120 juta transaksi per tahunnya. Data tersebut mebuktikan bahwa true money di Thailand sudah sangat populer dan menjadi salah satu transaksi yang bisa diterima di berbagai daerah di Thailand karena transaksinya yang bisa dibilang gampang, dengan hanya menggunakan telepon genggam.

Untuk mengisi ulang / top up true money itu sendiri dapat dilakukan di beberapa toko penyedia true money seperti semua toko 7-11, toko dari true money itu sendiri yang tersebar di seluruh daerah di Thailand.  Berikut beberapa gambar jenis kartu dan alat transaksi dari true money yang saat ini tersedia :

  • Kartu berukuran regular yang terdiri dari 4 harga yaitu 150, 300, 500 dan 1000 Baht.

truemoney1

 

  • Kartu berukuran mini tersedia hanya 2 harga yaitu 50 dan 90 Baht

truemoney2

  • True money berupa slip

truemoney3

 

Kesemua jenis kartu / alat transaksi true money tersebut dapat digunakan dengan menggosok bagian belakang kartu untuk mengetahui 14 digit angka yang kemudian akan menjadi kode untuk dapat menggunakan dana yang tercantum pada kode tersebut, dengan memasukkannya ke dalam pesan singkat dan mengirimkannya ke server dengan nomor tertentu untuk aktivasi. Berikut ilustrasi yang didapat dari situs resmi true money:

truemoney4

 

14 digit angka yang telah digosok kemudian dikirimkan melalui sms ke nomor 4849333. Seperti halnya mengisi pulsa di Indonesia, setelah mengirim sms ke nomor tersebut saldo true money di nomor yang dikirim akan bertambah dan saldo tersebut bisa digunakan untuk bertransaksi.

Transaksi dari true money itu sendiri cukup mengirimkan saldo yang dimiliki kepada penyedia barang/jasa yang dibutuhkan sebagai alat pembayaran transaksi dengan meminta nomor true money-nya. Yup, seperti halnya transaksi melalui mobile-banking yang disediakan oleh bank-bank contohnya di Indonesia. Hanya saja, m-banking tidak bisa digunakan oleh setiap lapisan masyarakat karena terkadang m-banking membutuhkan telepon genggam dengan spek tertentu karena aplikasi-aplikasi yang digunakan tidak bisa digunakan dalam semua telepon genggam.

Berbeda dengan m-banking, true money dengan basis GSM-nya, hanya membutuhkan telepon genggam dengan fasilitas smsnya. Dan dapat digunakan oleh setiap lapisan masyarakat masa kini yang notabenenya sebagian besar telah menggunakan teknologi telepon genggam dengan spek dari yang terendah hingga tertinggi.

Untuk menambah kenyamanan pelayanan, true money telah bekerjasama dengan beberapa bank komersil besar yang ada di Thailand, yang sekaligus sebagai modal pencitraan bahwa true money telah mempunyai sistem yang baik sehingga mendapat kepercayaan dari bank yang ada di Thailand untuk kemudian bekerja sama dan membuat sistem keuangan lebih baik lagi dan bahkan menjadi percontohan bagi Negara-negara lain. Karena pada dasarnya, true money itu sendiri merupakan kisah sukses dari sebuah operator seluler yang benar-benar memperhatikan kebutuhan pasar masa kini.

| updated

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *