Trik Menjalankan Bisnis Dengan Sukses Bersama Pasangan (2)

Tuhan menciptakan cinta diantara kita manusia. Kita juga diciptakan berpasang-pasangan. Tuhan memberikan tanah bumi kita untuk dikelola secara bersama-sama. Begitu juga dengan usaha atau bisnis, jika kita sering dikenal sebagai pasangan yang cocok dan klop, maka tidak ada salahnya kita berbuka mencari penghasilan bersama pasangan kita. Berikut saya lanjutkan lagi tips menjalankan bisnis dengan sukses bersama dengan pasangan:

1. Saling terbuka

Tak hanya dalam kehidupan sehari-hari saja kita harus terbuka kepada pasangan kita. Begitu juga dalam hal berbisnis. Keterbukaan menjadi faktor penting dalam kesuksesan mengelola bisnis. Meskipun uang atau pekerjaan menjadi hal yang tak lumrah dibicarakan. Namun anda tidak dapat menghindari jika harus terlibat pembicaraan yang tidak menyenangkan.

Begitu juga dengan masalah uang contohnya adalah modal dalam berbisnis. Anda dan pasangan akan jauh lebih baik mengatasi persoalan dengan uang. Kita sendiri tidak mengetahui bisnis akan berjalan berhasil atau tidak. Seandainya tidak berhasil, anda tetap harus menyiapkan cadangan dana dan modal lagi untuk memulai bisnis. Cadangan dana untuk dipakai sehari-hari. Anda juga harus memikirkan kebutuhan sehari-hari anda atau anak anda bukan?

Sebagai pasangan anda juga dituntut untuk dapat mengelola keuangan secara tepat. Jadikan 2 bagian antara keuangan rumah tangga dan bisnis dan sebaiknya tidak dijadikan satu. Jika dijadikan satu, maka rumah tangga dan bisnis akan berantakan.

2.Bicarakan resiko

Berani juga menyampaikan pendapat tentang resiko keputusan bisnis yang diambil. Resiko juga mempunyai pengaruh terhadapa keuangan rumah tangga. Jika salah satu pasangan tidak ingin mengambil resiko yang riskan terhadap bisnis, maka pasangan yang lainnya harus juga mau menerima dengan terbuka misalnya saat memilih produk yang tepat dijual di pasaran. Menjual produk yang baru membutuhkan modal namun kita tidak mengetahui secara pasti produk tersebut laku di pasaran. Pasangan harus dapat mengantisipasinya sebelum resiko tersebut ada.

3. Mengetahui kemampuan diri kita

Sebagai istri dan perempuan kita diharuskan tunduk dan hormat kepada suami. Namun jika anda merasa sebagai orang yang mampu dan ahli di bidang tertentu, tak salahnya anda mengambil peran yang banyak daripada suami. Di dalam bisnis sebaiknya menyingkirkandulu status rumah tangga. Baik suami dan istri mempunyai hak dan kewajiban yang sama. Perempuan tak serta merta menjadi pembantu terus menerus. Jika anda memang adalah pemimpian yang baik, mengapa tidak anda yang melangkah maju menjadi atasan?

4. Mengisi kelebihan dan kekurangan masing-masing

Disini lagi keuntungan berbisnis bersama pasangan. Selain saling memberi semangat antar lainnya, pasangan juga dapat mengisi kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun terlebih dahulu kenali dulu tipe anda. Mungkin sang istri bukanlah seorang yang berani mengambil resiko. Nah, anda dapat memperlengkapi bagian istri anda dengan mengambil keputusan ketika rapat.

Dengan mengenali kelebihan dan kekurangan masing-masing, anda berdua akan dapat saling melengkapi di saat genting sekalipun. Anda dapat menuliskan masing-masing kelebihan dan kekurangan kemudian saling memberikan nasehat dan dukungan.

5. Berbagi waktu bersama keluarga

Terkadang urusan bisnis dan rumah tangga dapat menjadi satu misalnya saat harus mengurus anak-anak. Mengatur waktu yang baik akan menjadi jalan keluar. Anda dapat berbagi waktumisalnya istri yang menyiapkan sarapan pagi dan suamiyang mengantar anak ke sekolah.

Membuat hubungan yang harmonis juga diperlukan keromantisan dalam keluarga. Meskipun banyak hal yang harus dikerjakan sehubungan dengan bisnis, tak salahnya anda mengatur waktu untuk refreshing bersama anak-anak atau keluarga. Waktu tersebut akan menjadi moment sekaligus penyembangat kembali.

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *