Tips Telemarketing Dalam Pemasaran

Bagi dunia bisnis melakukan inovasi merupakan suatu strategi yang perlu dilakukan setiap saat. Hal ini karena didorong persaingan yang semakin ketat dengan competitor lainnya. Perkembangan teknologi ang semakin maju tentunya memberikan dampak tersendiri bagi dunia bisnis. Untuk pemasaran produk misalnya tidak hanya memasang iklan pada media cetak namun juga bisa melalui telepon. Salah satu komunikasi untuk strategi promosi dengan telepon contohnya adalah telemarketing. Telemarketing yang menggunakan media telepon ini bisa menekan biaya pemasaran anda.

Tips Telemarketing

Selain itu cara ini lebih tepat sasaran dalam menargetkan konsumen produk anda. Bagi anda yang juga pelaku bisnis bisa menerapkan strategi ini untuk memperkenalkan produk anda ke masyarakat luas. Adapun beberapa tips yang bisa digunakan adalah sebagai berikut :

Sumber:http://www.salestraininganddevelopment.com

Sumber:http://www.salestraininganddevelopment.com

a. Percaya diri dalam memperkenalkan produk

Memasarkan produk dengan cara ini tentunya memiliki resiko tersendiri seperti merespon atas pertanyaan yang diberikan oleh calon pelanggan. Menghindari hal tersebut tentunya anda perlu merekrut pegawai yang benar-benar mengenal produk anda. Tawarkan produk dengan percaya diri akan membuat pelanggan yakni dengan produk yang ditawarkan. Pembeli juga merasa yakin dengan kualitas produk maupun jasa yang anda jual.

b. Database itu penting

Perlu diketahui bahwa membuat database itu sangat penting agar memudahkan anda dalam menemukan informasi pelanggan. Catatlah kontak pelanggan serta alamat lengkap dan hasil penawaran anda. Database ini juga bisa digunakan pihak manajemen untuk menemukan strategi baru yang lebih baik kedepannya.

c. Jangan mudah putus asa

Tentunya tidak semua konsumen yang anda tawarkan produknya mau membeli atau cenderung menolak produk anda. Jangan menyerah hanya karena beberapa penolakan dan terus bersemangat dalam memasarkan produk maupun jasa. Hal ini juga tantangan bagi anda dalam menyakinkan pelanggan yang semula menolak menjadi tertarik dengan produk ataupun jasa yang anda tawarkan. Ingat penolakan ini tidak hanya anda seorang yang mengalaminya bahkan perusahaan besar juga pernah mengalaminya. Dengan penolakan tersebut akan membuat anda paham bagaimana cara menghandle calon pelanggan dan menemukan peluang setiap penolakan.

d. Pengetahuan mendalam tentang produk

Penguasaan terhadap produk juga diperlukan sebab konsumen yang tertarik dengan produk atau jasa anda tak jarang banyak bertanya mengenai produk yang ditawarkan. Kurangnya informasi juga dapat membuat calon pembeli tidak tertarik membeli. Berikanlah informasi selengkap-lengkapnya sehingga transaksi jual beli juga dapat terlaksana dengan mudah dan cepat.

e. Fasilitas siap pakai

Ketika memilih memasarkan produk melalui telemarketing tentunya media telepon merupakan poin penting. Pastikan sinyal anda kuat dan telephone anda dalam keadaan siap pakai dan baik. Tentunya bukan hanya memperlancar komunikasi saja namun juga mampu memberikan informasi sejelas mungkin terhadap konsumen anda.

f. Respon yang cepat

Selain itu anda juga dituntut untuk respon yang cepat terhadap permintaan pelanggan. Ada pepatah lama mengatakan bahwa pelanggan adalah raja memang ada benarnya. Jangan sampai pelanggan anda menunggu dan membuat mereka beralih ke produk lainnya. Berikan pelayanan seramah mungkin dan jangan mudah tersulut emosi. Tidak jarang pelanggan yang anda temui memiliki perangai yang tidak ramah. Anda haruslah tenang dan membalas konsumen tersebut dengan ramah. Bila konsumen komplain dengarkanlah keluhan mereka dan berilah jawaban yang memuaskan da sejelas mungkin. Tidak lupa ucapkan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan serta berterima kasih karena telah memberikan kontribusi atas produk yang telah dibeli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *