Tips Sukses Menjadi Pemimpin Baik

Ketika seseorang berorganisasi ataupun berbisnis sangat diperlukan pemimpin yang hebat dan memiliki kredibilitas serta karakter yang baik. Semua orang pastinya dapat diberi kesempatan untuk memimpin suatu tim maupun usaha. Sayangnya perlu diingat bahwa tidak semua orang mampu menjadi pemimpin yang baik dan cakap. Hal ini dilandasi pengalaman dan kematangan karakter tiap individu. Pemimpin sendiri juga tidak terbatas gender bisa laki-laki ataupun wanita asal mumpuni mengemban tanggung jawab yang ditugaskan. Bagaimana Karakter atau sikap pemimpin saat memimpin sebenarnya berbeda satu dengan lainnya ada yang memimpin dengan tegas namun ada pula yang santai.

Tips Menjadi Pemimpin Baik

Selain memimpin tugas pemimpin sebenarnya juga memiliki misi untuk membuat anggota tim lain semakin akrab dan ikut serta dalan mengerjakan tugas yang diberikan. Berikut tips sukses yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang pemimpin yang baik sebagai berikut :

Sumber :http://mebiso.com/

Sumber :http://mebiso.com/

a. Berkarakter

Sebagai seorang pemimpin karakter yang kuat merupakan poin utama yang harus dimiliki. Hal ini dikarenakan pemimpin memiliki bawahan yang selalu diarahkan dan tugas yang tidak ringan. Bila seorang pemimpin mudah menyerah dan takut bagaimana suatu tugas akan berjalan dengan baik. Meskipun begitu banyak pula pemimpin yang mendapatkan celaan dan harus bertindak bijak atas olokan yang tidak berdasar.

b. Visi dan misi

Selain memiliki karakter yang kuat seorang pemimpin juga harus memiliki visi misi yang jelas. Visi dan misi yang jelas akan membantu sebuah tim untuk menentukan arah dan rencana yang jelas. Kedua hal tersebut juga akan dapat dijadikan motivasi bagi karyawan untuk melakukan hal yang lebih baik lagi.

c. Rendah hati

Jabatan sebagai pemimpin juga merupakan jabatan lebih tinggi namun memiliki resiko yang cukup tinggi pula. Terkadang banyak pula pemimpin yang terlena akan jabatan tinggi tersebut dan menjadi tinggi hati. Tentu saja sikap ini tidak dianjurkan sebab anda meskipun seorang pemimpin tidak bekerja sendirian. Ada banyak orang yang membantu anda dalam mengerjakan tugas yang diamanatkan. Selalu bersikap rendah hati tentu saja juga mengajarkan bawahan anda makna pemimpin sesungguhnya.

d. Fokus

Seorang pemimpin juga harus memiliki sikap sigap sebab terkadang muncul masalah yang tidak direncanakan. Anda perlu focus terhadap tujuan yang ingin dicapai dan tidak lupa memisahkan prioritas utama dan jangka panjang. Terkadang ada target yang perlu didahulukan diatas target lainnya.

e. Kekurangan dan keunggulan tim

Anda yang seorang pemimpin tentu tahu bahwa akan bekerja bersama orang lain yang merupakan anggota tim dengan bermacam karakter. Jangan lupa kenali kekurangan dan kelebihan anggota tim anda dan akuilah kesalahan yang anda lakukan meskipun anda seorang pemimpin. Berani mengakui kesalahan adalah salah satu sifat ksatria dan menjauhkan diri dari keangkuhan.

f. Kritik dan saran

Anda juga harus belajar mendengarkan pendapat orang lain sebab kritik dan saran yang membangun bukan hanya bertujuan untuk mengkoreksi diri anda sendiri namun juga demi kebaikan tim di masa mendatang. Mendengarkan pendapat anggota tim yang lain juga merupakan kontribusi anggota anda dalam menghargai anda ketika bekerja. Jangan lupa berikan kontribusi atau pengakuan atas pendapat anggota tim. Hal ini contoh baik tentang saling menghargai diantara pemimpin dan bawahannya.

Jangan pernah berputus asa dan berpikir untuk kepentingan pribadi saja serta berani menghadapi tantangan dan resiko yang menghadang. Setiap masalah yang anda hadapi sebenarnya merupakan ujian softskill yang berharga bagi diri anda di masa depan dan tidak bisa dibeli dengan nominal uang.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *