Tips Presentasi Powerpoint yang Menarik

Sebagian besar orang beranggapan bahwa membuat presentasi di Powerpoint itu sulit dan bahkan jika slide presentasinya sudah jadi, tampilannya terlihat “tidak menarik”. Apakah Anda termasuk orang yang seperti ini? Semoga tidak ya. Namun jika Anda benar seperti itu, sekarang Anda sedang membaca tulisan yang tepat.

Kami akan memberikan beberapa tips mudah dan sederhana untuk membuat slide presentasi powerpoint yang menarik. Kami menyarankan agar Anda membaca tulisan ini sampai tuntas lalu menerapkannya di slide presentasi Anda. Terlebih bagi Anda yang ingin menjadi orang kaya, pembisnis ulung dan presenter yang baik.

Slide itu kan hanya media, mengapa harus dibuat menarik?

Ya, memang betul. Slide Powerpoint hanyalah satu dari berbagai media presentasi. Sedangkan yang menjadi tokoh utamanya adalah sang presenter itu sendiri. Tapi tahukah Anda bahwa 80% orang lebih mudah memahami pesan yang ditampilkan dengan visual grafis yang menarik?

Pada prinsipnya, semua orang suka akan keindahan. Dengan keindahan yang dia sukai, maka pesan yang disampaikan lebih mudah dipahami oleh audiens. Jadi, slide presentasi yang menarik itu penting.

Efek lainnya adalah audiens tidak merasa bosan melihat presentasi Anda. Bayangkan jika Anda menyajikan slide powerpoint yang “seadanya” atau bahkan hanya teks saja. Apa yang akan terjadi? Mungkin jika kami menjadi audiens Anda, kami akan selalu bertanya-tanya “kapan Anda akan berhenti bicara?”. Artinya audiens akan bosan dan tidak memperhatikan Anda.

6 tips membuat presentasi powerpoint yang menarik

Anggap saja Anda sudah membuat materi/naskah di Powerpoint. Mari kita simak tips-tips berikut.

1. Sesuaikan desain dengan materi presentasi

Presentasi akan terlihat semakin “bernyawa” jika antara materi dan desainnya sejalan. Desain disini mencakup tema slide, font tulisan dan warna. Sebagai salah satu contoh, Anda akan membuat presentasi mengenai “Promo Hari Kemerdekaan Indonesia”. Maka yang Anda perlukan adalah tema terkait kemerdekaan (misalnya gambar bendera), font kapital yang tegas dan warna yang bernuansa merah putih.

2. Gunakan font yang unik dan menarik

Font apa yang sering Anda gunakan dalam membuat presentasi? Calibri, Times New Roman atau Arial? Cobalah untuk memakai font baru agar terlihat lebih menarik. Contohnya seperti Alisandra Demo, Back to School dan FunSized. Anda dapat menemukan banyak font-font unik dan menarik di internet, seperti di dafont.com dan sequirrelfont.com

3. Biarkan slide Anda “bernafas”

Adakalanya materi yang disampaikan berupa penjelasan, yang mana hanya berisi teks yang panjang. Jika memang seperti itu, usahakan jangan sampai menutupi seluruh bagian slide presentasi. Biarkan slide presentasi Anda “bernafas”. Sediakan space kosong pada slide presentasi Anda agar tidak terlihat seperti “koran”. Dan untuk teksnya, sebaiknya Anda ringkas lagi agar hanya poin-poin penting saja yang ditampilkan pada slide presentasi. Sedangkan penjelasannya bisa Anda sampaikan sendiri.

4. Pakailah gambar beresolusi tinggi

Gambar yang memiliki resolusi tinggi akan terlihat jernih dan nyata saat slide presentasi Anda dimainkan. Hal ini juga untuk menghindari komentar buruk dari audiens karena gambar yang pecah-pecah. Jangan lupa perhatikan juga sisi psikologis dari gambar yang Anda tampilkan. Karena gambar yang tepat akan membawa pesan yang tepat pula pada audiens.

5. Tambahkan video sebagai penunjang presentasi

Terkadang audiens merasa bosan jika terus mendengar apa yang Anda sampaikan. Tambahkanlah video pada presentasi Anda agar audiens tetap merasa santai dan nyaman. Gunakanlah video yang masih ada hubungannya dengan presentasi Anda agar video tersebut dapat menunjang pesan yang Anda sampaikan kepada audiens.

6. Gunakan animasi dan transisi secara proporsional

Saran kami, gunakanlah hanya beberapa animasi dan transisi. Tidak semua objek pada slide presentasi harus menggunakan animasi dan transisi. Penggunakan fitur ini secara proporsional akan membawa Anda terlihat elegan dan profesional namun tetap memiliki unsur estetis. Dan sebaliknya, jika Anda menggunakannya dengan over, maka akan terlihat tidak elegan dan bahkan amatiran.

Itulah 6 tips membuat presentasi Powerpoint yang menarik dari kami. Semoga semakin menambah wawasan Anda terkait presentasi dan dapat menjadi solusi untuk slide presentasi Anda. Salam sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *