Tips ‘Merenovasi’ Semangat Kerja

Bekerja setiap hari di tempat dan suasana yang sama bukan tidak mungkin membuat karyawan bosan. Ketika bosan menerpa bukan berarti artinya Anda harus resign dan mencari pekerjaan baru. Ada trik mudah untuk meningkatkan lagi semangat bekerja. Caranya adalah hanya dengan ‘merenovasi’ meja kerja Anda.

Ketika meja kerja terlihat lebih rapi dan menyenangkan, energi positif kembali datang dan produktivitas pun meningkat. Dikutip dari Boldsky, berikut ini lima tips untuk membuat meja kerja Anda jadi lebih menarik:

1. Personalisasi Meja Kerja Anda
Keadaan meja kerja Anda merupakan cerminan dari kepribadian Anda. Jadi, perlakukan ruangan dan meja kerja Anda sebagai tempat favorit. Buatlah suasana yang nyaman. Sebab, Anda akan menghabiskan waktu delapan sampai sembilan jam perharinya di kantor. Hiasilah meja dengan foto gambar yang menyenangkan.

2. Pelihara Ikan
Melihara seekor ikan di meja kerja ternyata dapat meningkatkan konsentrasi dan membantu Anda menjadi lebih fokus. Jadi, akan lebih baik bila Anda juga menghiasi meja kerja dengan fish bowl atau akuarium kecil yang diisi dengan ikan-ikan yang menggemaskan.

3. Tulisan Inspiratif
Tulislah beberapa pesan inspiratif yang bisa memicu Anda untuk meraih target atau tujuan pribadi. Anda bisa menulisnya di sebuah papan kecil, lalu taruhlah di atas meja kerja Anda. Cara ini dapat membantu Anda menjadi lebih bersemangat ketika merasa bosan.

4. Pajang Foto
Foto orang tersayang, baik suami, keluarga, anak-anak, maupun teman, bisa membawa efek baik yang bisa membantu Anda lebih bersemangat. Jika lelah dan sedang bosan, Anda bisa melihat foto mereka.

5. Warna Cerah
Berilah sentuhan warna cerah pada meja kerja Anda. Misalnya, dengan menempelkan kalender yang berwarna-warni. Jangan biarkan meja kerja terlihat suram dan dekil. Itu hanya akan membuat Anda tidak mood bekerja.

Setelah libur panjang, kembali beraktivitas rasanya jadi agak menyulitkan. Perasaan malas, enggan dan keinginan untuk libur lebih lama menghantui. Sulit untuk menerima kenyataan bahwa segunung pekerjaan telah menunggu. Sebelum terjebak dalam suasana hati yang buruk. Simak lima tips berikut, dan bangkitkan semangat kerjamu.

1. Siapkan Baju
Seperti halnya sekolah di hari pertama, atau pertama kali masuk kerja sebagai anak baru. Siapkan pakaian yang akan kamu gunakan pada malam harinya. Mix and match, lalu pilihlah pakaian kesayangan yang dapat meningkatkan tingkat percaya dirimu, agar kamu merasa nyaman beraktivitas
2. Sarapan Sehat
Jangan lupakan sarapan! Pentinganya sarapan adalah membangun energi di dalam tubuh yang membuatmu lebih bersemangat. Meninggalkan makan pagi akan membuatmu mudah lelah.
3. Tiba Lebih Pagi
Tibalah satu atau beberapa jam lebih awal dari jam kerja. Tanamkan dalam otak bahwa ‘bekerja bisa sama menyenangkannya dengan liburan’. Setel lagu-lagu penyemangat. Yakinlah, dengan begitu mood buruk dan rasa malasmu akan pergi dengan sendirinya.
4. Susun Ulang Rencana Kerja 
Susun dan ingat kembali rencana kerjamu. Tentu saja setiap dari kita punya target yang ingin dicapai. Oleh karena itu bangun kembali rencana tersebut, buat skala prioritas yang harus dilakukan untuk mencapai target, ACTION segera. Menyusun kembali rencana kerja, secara tidak langsung akan mempengaruhi alam bawah sadar untuk lebih giat dan produktif dalam beraktiitas.
5. Ciptakan Suasana Baru.
Terkadang rasa jenuh dalam bekerja bisa ditimbulkan oleh suasana ruang atau tempat kerja yang membosankan. Nah solusinya adalah menciptakan suasana baru di tempat kerja , rapikan berkas-berkas yang tidak diperlukan, susun ulang meja kerja, tarulah hiasan atau foto keluarga, dan lain sebagainya. Mudah-mudahan dengan hadirnya suasana baru, semangat kerja  juga terbarukan.
Sekian tips untuk meningkatkan semangat kerja sehabis liburan Mari jangan terfokus pada liburan yang telah berakhir, tapi fokuslah pada perasaan segar yang kamu peroleh dari liburan 😉
|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *