Tips Menghemat Listrik Di Rumah

Mungkin beberapa dari Anda akan mengalami dilema mulai bulan depan. Karena seperti yang tersiar di berbagai media bahwa pemerintah akan menaikkan tariff listrik sebesar 15% mulai bulan depan. Mungkin bagi beberapa orang 15% bukanlah angka yang besar, tetapi tetap saja yang namanya kenaikan akan membebani bagi kebanyakan masyarakat umum.
Tips-Menghemat-Listrik
Nah bagi anda yang ingin tidak terlalu terbebani dengan kenaikan ini, anda dapat mengurangi pemakaian listrik di rumah anda. Lebih spesifiknya berikut ini adalah beberapa tips untuk menghemat listrik di rumah :

  1. Hidupkan listrik yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya mematikan lampu WC jika tidak digunakan.
  2. Hindari menyimpan makanan panas di dalam kulkas, karena penyimpanan makanan panas dalam kulkas akan sangat membebani kulkas yang mengakibatkan pemakaian daya lebih banyak. Gunakan pula kulkas hemat energi.
  3. Atur suhu AC dengan cermat dan atur agar AC dapat mati sendiri menjelang pagi, misalnya jam 3 pagi.
  4. Gunakan mesin cuci dengan sewajarnya tanpa melebihi kapasitas maksimalnya.
  5. Hindari pemakaian pompa air secara terus menerus dengan cara membuat tandon air.
  6. Gunakan setrika yang memiliki pengatur panas otomatis sehingga tidak boros daya.
  7. Biasakan untuk mematikan TV jika memang anda tidak menontonnya.
  8. Gunakan rice cooker dengan cermat, misalnya manfaatkan air panas untuk menanak nasi agar cepat tanak sehingga hemat listrik.
  9. Ganti lampu anda dengan lampu hemat energi.
  10. Biasakan untuk melepas charger telepon genggam ataupun laptop saat tidak digunakan.
  11. Jika anda masih sulit untuk mengontrol dan mengatur penggunaan listrik di rumah maka ada baiknya anda mencoba untuk beralih ke listrik prabayar. Listrik prabayar akan memudahkan anda mengontrol pemakaian listrik anda.

Demikianlah tips-tips menghemat listrik di rumah yang mungkin bisa anda coba untuk diterapkan. Naik atau tidaknya tarif listrik sebenarnya tidak harus menjadi acuan anda untuk menghemat listrik. Seperti apapun keadaannya akan sangat baik jika anda mulai belajar menghemat pemakaian listrik.

Menghemat listrik tidak hanya membantu anda saving money tetapi juga membantu pengurangan pemanasan global. Dengan satu langkah anda menghemat pemakaian listrik maka anda ikut membantu menyelamatkan lingkungan.

Ingatlah bahwa sebagian besar pembangkit listrik di Indonesia masih mengandalkan bahan bakar fosil yang tentunya anda tahu bahwa bahan bakar fosil adalah bahan bakar yang tidak dapat diperbarui. Jadi kesimpulannya, anda mulai menghemat pemakaian listrik maka anda juga turut dalam penghematan energi dunia.

Jangan berpikir bahwa anda mampu untuk membayar berapapun pemakaian listrik anda tetapi cobalah berpikir bahwa anak cucu anda di masa depan mungkin saja masih memerlukan energi yang tidak dapat diperbarui tersebut.

Menjadi kaya itu mudah, tetapi menjadi bijaksana tidak semua orang dapat melakukannya. Ingatlah bahwa untuk menjadi orang yang bijaksana anda tidak perlu menjadi orang kaya atau sukses, cukup rubah pola pikir anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *