Tips Menghadapi Masalah Dalam Pekerjaan

Didalam kehidupan sehari-hari, terutama kehidupan pekerjaan tentu saja tidak hanya ada keberhasilan, kesuksesan dan bonus bergelimangan kepada Anda sebagai anggota dari organisasi perusahaan tersebut. Melainkan pasti ada kalanya dimana Anda mendapati masalah dalam pekerjaan Anda. Mungkin bagi Anda yang telah berpengalaman, menghadapi masalah bisa saja merupakan hal yang biasa dan Anda tahu tentang harus berbuat seperti apa untuk menyelesaikan masalah Anda. Namun, jika Anda ternyata masih baru dan belum memiliki pengalaman sama sekali dalam mengalami masalah atau ternyata stres menekan Anda yang telah berpengalaman hingga tetap kebingungan mengenai bagaimana caranya agar dapat menyelesaikan masalah, berikut beberapa tips yang dapat Anda jadikan sebagai referensi.

Masalah, tentu memiliki berbagai macam jenis sesuai dengan tipenya. Misalnya, ada masalah yang harus diselesaikan saat itu juga tetapi ada juga masalah yang dapat diselesaikan beberapa jam atau beberapa hari kemudian. Jadi, Anda harus bisa berfikir cepat tentang bagaimana masalah tersebut. Apakah harus diselesaikan saat itu juga dan jika tidak diselesaikan maka akan menyebabkan hal yang makin merugikan, ataukah masalah tersebut harusnya ditunda hingga keadaan menjadi tenang kembali atau memang membutuhkan beberapa pihak untuk menyetujui tentang ide Anda dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Dan untuk menjadikan Anda sebagai pemikir cerdas, cermat dan cepat Anda perlu melatih kemampuan diri Anda. Baik latihan yang Anda lakukan sendiri dalam kehidupan dan permasalahan sehari-hari perusahaan Anda maupun pelatihan yang benar-benar datang dari orang lain yang lebih berpengalaman dan benar-benar melatih kemampuan Anda hingga mencapai posisi dan kondisi terbaik hingga siap menghadapi masalah dalam perusahaan. Sebenarnya, jika Anda ketika sekolah/kuliah mengikuti kegiatan ekstrakulikuler/ organisasi, maka secara tidak langsung itu merupakan latihan yang bisa bermanfaat ketika menghadapi suasana kerja.

Bersikaplah tenang dan tetaplah berusaha untuk berbicara dengan baik agar tidak terjadi kesalahpahaman yang memungkinkan untuk dapat medatangkan masalah baru dan memperburuk keadaan atau paling parahnya, merugikan perusahaan lebih besar. Bukannya dapat bonus, salah-salah Anda nanti kehilangan pekerjaan dan diharuskan mengganti kerusakan yang dialami perusahaan. Hmmm

Carilah referensi sebanyak-banyaknya sebagai bekal untuk menghadapi kehidupan dalam pekerjaan, khusunya. Dengan begitu Anda mungkin bisa menemukan berbagai solusi untuk berbagai masalah yang datang. Sebagai contoh, ketika Anda mengalami masalah seperti pekerjaan yang overload atau melebihi kapasitas yang membuat Anda sering terpaksa jadi sukarelawan dengan membawa pulang pekerjaan ke rumah. Bila terjadi pada hari-hari tertentu mungkin bisa diterima, Bagaimana kalau setiap hari harus begitu?

Solusi: Bila beban kerja yang Anda dapatkan sesuai pula dengan upah atau keuntungan lain yang kamu dapatkan, tentunya kamu harus bertahan di kondisi tersebut. Karena memang biasanya untuk gaji yang lumayan besar, maka beban pekerjaan pun akan semakin bertambah berat. Yang perlu dilakukan adalah belajar mengatur pekerjaan dengan baik. Buat jadwal pekerjaan dan lakukan dengan disiplin.Cari cara kreatif untuk menyelesaikan suatu pekerjaan agar tidak menumpuk. Bila memang sudah tak tertanggulangi, coba dikomunikasikan dengan atasan untuk mengambil kebijakan terbaik.

Dan masih banyak lagi masalah-masalah lain yang mungkin akan Anda alami baik secara tiba-tiba maupun masalah yang datang perlahan seiring pekerjaan tersebut. Kalau perlu, Anda dapat memulai untuk meminta bantuan kepada atasan anda. Sampaikan kepadanya apa inti dari permasalahan tersebut dengan cara anda menyampaikannya apa adanya serta jangan sampai anda terlihat merengek kepada atasan anda. Walaupun pada akhirnya anda mempu untuk mengatasi permasalahan tersebut, namun alangkah baiknya jika anda juga mampu menghindari permasalahan dengan beberapa rekan kerja anda, selain itu anda juga harus mempu menjaga hubungan anda dengan mereka agar tetap terjalin dengan baik, hal tersebut dapat menciptakan suasan bekerja yang menyenangkan bagi anda.

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *