Tips Mengendalikan Hobi Belanja

Belanja identik dengan kebiasaan wanita namun banyak pula laki-laki yang gemar melakukan hal ini untuk beberapa kepentingan yang berbeda. Belanja sendiri dapat mengandung dua sudut pandang yang berbeda yakni sebagai kegemaran untuk menghilangkan stress yang sedang dialami seseorang atau proses memenuhi kebutuhannya yang sedang habis seperti kebutuhan sehari-hari meliputi makanan dan minuman.

Tips Mengendalikan Hobi BelanjaDi perkotaan besar banyak sekali mall yang dibangun dan selalu ramai dengan pengunjung, hal ini membuktikan bahwa Indonesia merupakan Negara yang warganya konsumtif. Sebagian orang menggunakan belanja menjadi suatu hobi sehingga perlu modal yang besar untuk kegiatan seperti ini yang membuat keuangan anda menjadi membengkak.

Anda bisa saja belanja kebutuhan anda namun jangan sampai berlebihan agar ada dana yang bisa anda sisihkan untuk tabungan anda nanti. Bila anda telah kecanduan dan sedang bingung tentang bagaimana cara mengurangi kebiasaan belanja ini maka simaklah tips mengendalikan hobi belanja anda sebagai berikut :

  1. Utamakan Kebutuhan Primer Anda Ketimbang Kebutuhan Sekunder

Pilahlah barang yang anda butuhkan dengan barang yang bisa anda beli dikemudian hari bilamana belanjaan utama anda terdapat sisa uang. Ketika anda mendapatkan pendapatan maka rencanakanlah distribusi income anda akan disalurkan.

  1. Sisihkan Dana Anda Untuk Tabungan

Tabungan sangat diperlukan untuk kehidupan anda kedepannya dikarenakan bila anda memerlukan dana untuk diinvestasikan atau terdapat kebutuhan yang mendadak maka anda bisa menggunakan tabungan yang telah anda siapkan dari jauh hari.

  1. Pergilah Belanja Atau Ke Tempat Perbelanjaan Bilamana Anda Sangat Perlu Membeli

Terkadang bermula dari alasan melihat-lihat anda merasa ingin membelinya karena tergiur oleh barang yang anda lihat dan tanpa sadar berbelanja barang yang tidak anda perlukan. Hal ini akan merusak rencana anda untuk mengurangi kebiasaan belanja.

  1. Alihkan Pelampiasan Stress Anda

Jika anda tergolong seseorang yang menggunakan belanja sebagai alternative pelampiasan stress maka kini saatnya anda beralih ke hobi lain seperti olahraga yang bisa anda coba di rumah contohnya jogging maupun yoga. Selain mengurangi kebiasaan belanja kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan anda.

  1. Pikirkan Sebelum Membeli

Jika anda sangat menginginkan suatu barang dan barang tersebut memiliki nilai barang yang cukup tinggi maka anda bisa membeli barang tersebut namun ada punishment yang bisa anda terapkan pada diri anda seperti mengurangi jatah dana untuk kebutuhan lainnya kecuali dana tabungan.

  1. Belanjalah Untuk Investasi

Hobi belanja anda sebenarnya tidak perlu dihindari bilamana anda membeli barang yang tepat seperti barang-barang yang bisa anda investasikan. Jika memang anda tidak bisa berhenti untuk belanja maka anda bisa membeli barang-barang yang dapat dengan mudah anda jual kembali seperti emas yang bernilai stabil. Anda juga dapat dengan mudah menjualnya kembali bilamana membutuhkan dana cepat.

Let’s be smarter shopaholic ^^

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *