Tips Mencukupkan Gaji Kecil

Manusia tak akan pernah puas dengan apa yang telah mereka miliki. Memiliki gaji besar ataupun kecil tak akan pernah cukup jika dalam memenuhi kebutuhan tidak bernah bersyukur. Cara mengelola gaji yang salah dapat membuat kondisi keuangan defisit. Kebutuhan hidup yang cenderung naik turun akan berdampak bagi seseorang yang memiliki gaji kecil.

Tips Mencukupkan Gaji Kecil

Jika kita tidak bisa membuat strategi keuangan dengan baik gaji besar yang diperolehpun tidak akan pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan, namun jika kita bisa mengelola keuangan dengan baik meski gajinya kecil pasti akan cukup untuk memenuhi kebutuhan. Berikut ini tips mencukupkan gaji kecil yang bisa anda terapkan:

Sumber:https://d3hhi5knjyj98j.cloudfront.net

Sumber:https://d3hhi5knjyj98j.cloudfront.net

  • Mengelola Keuangan Dengan Baik

Dengan membuat pengelolaan gaji yang baik akan dapat membantu kita dalam mencukupkan gaji meski pendapatan anda kecil. Beberapa pengelolaan keuangan yang dapat anda lakukan adalah:

1. Membuat rencana daftar belanja bulanan

Cara yang baik untuk menghindari pemborosan adalah membuat rencana daftar belanja bulanan dengan terperinci. Belanjakan uang anda sesuai dengan apa yang telah anda susun, hindari pembelian yang belum tentu menjadi kebutuhan anda. Usahakan jangan mengguanakan uang yang melebihi anggaran yang telah ditulis.

Baca Juga:

2. Sisihkan gaji untuk dana darurat dan menabung

Meskipun memiliki gaji yang kecil namun harus memiliki dana darurat. Menyisihkan dana darurat tidak harus banyak, anda bisa menyisihkan sedikit pada tiap bulannya. Jika anda mendapat bonus dari perusahaan anda bisa menyisihkanya untuk ditabung.

  •  Mengurangi Menggunakan Kendaraan Bermotor

Jika anda tidak sering menggunakan motor anda bisa menyisihkan uang bensin untuk ditabung. Jika kantor anda dekat dengan rumah akan lebih baik bila berjalan kaki atau menggunakan sepeda, selain menghemat biaya itu akan membuat tubuh anda sehat karena banyak olah raga.

  •  Tidak Membiasakan Diri Makan Di Luar

Membuat makanan sendiri akan lebih sehat ketimbang jajan sembarangan atau memesan makanan cepat saji. Selain itu dengan memasak sendiri akan jauh lebih menghemat uang yan anda miliki, karena biaya makan di luar sana yang jauh lebih mahal dibanding masak sendiri. Sebaiknya membawa bekal dari rumah untuk makan siang, anda bisa menyisihkan uang makan siang anda untuk ditabung.

  •  Mengurangi Berbelanja Di Mall Atau Swalayan

Kurangi berbelanja di Mall untuk kebutuhan yang umum seperti masalah pangan, akan lebih baik jika anda membeli sayuran dan kebutuhan lainnya dipasar. Harga pasar tentu saja akan jauh lebih murah dari pada harga yang ada swalayan. Cermati diskon atau potongan harga pada supermarket tertentu untuk meminimalisir biaya. Akan lebih murah lagi jika anda membelinya secara grosir. Dengan membeli secara grosir anda akan bisa menyisihkan uang anda lebih banyak karena harganya yang lebih murah.

  • Kurangi Pemakaian Listrik Yang Tidak Berguna

Mengurangi pemakaian listrik dapat dilakukan agar tagihan listrik lebih hemat serta dapat menyisihkan uang untuk  keperluan lainnya. Tidak menggunakan pendingin ruangan, manfaatkan udara yang masuk melalui ventilasi ataupun jendela rumah.Gunakan listrik anda sesuai kebutuhan yang memang diperlukan.

  • Bersyukur

Berapapun gaji yang kita peroleh jika kita tidak bersyukur maka tidak akan pernah cukup. Namun jika kita selalu bersyukur sekecil apapun gaji yang kita peroleh akan selalu cukup. Untuk itu kunci utama adalah kita harus selalu bersyukur kepada Tuhan atas apa yang telah Tuhan beri. Tidak perlu terus menerus mengeluh namun selalu berusaha bekerja dengan baik sebab kinerja Anda tentunya akan mempengaruhi gaji yang akan didapatkan.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *