Tips Mencari Pekerjaan

Tips Mencari Pekerjaan – Pekerjaan menjadi salah satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Masalahnya saat ini tidaklah mudah untuk mencari pekerjaa. Banyaknya pencari kerja tidak seimbang dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia. Sebenarnya ini adalah masalah klasik dan terjadi cukup lama di Indonesia.

Lalu siapa yang harus bertanggung jawab? Jika anda ingin menyalahkan pemerintah, maka saya sarankan untuk kembali mengevaluasi diri sendiri. Karena saat ini dengan membuang waktu menyalahkan pihak A atau pihak B karena sulitnya mencari lapangan pekerjaan, tidak akan membuat status anda berubah seketika. Protes, keluhan dan complain yang anda sampaikan hanya membuat anda membuang tenaga dan waktu sia-sia. Ayo fokuskan pikiran anda untuk mencari pekerjaan saja!!!

Sulitnya Mencari Pekerjaan

tips mencari pekerjaan

Sumber: https://www.pexels.com

Saat ini ijazah yang anda miliki tidak bisa sepenuhnya menjamin karir anda di masa depan. Hal ini karena ada begitu banyak aspek yang mempengaruhi perusahaan untuk menerima seseorang agar bisa bekerja di perusahaannya. Nilai bagus, IPK tinggi, lulus dengan cumlaude tidak sepenuhnya membawa anda mencapai posisi tinggi atau setidaknya status karyawan tetap di sebuah perusahaan.

Baca Juga:

Kondisi ini bisa saja dijelaskan dengan mudah, mengingat nilai saat ini memang bisa dibeli dengan uang. Bayangkan saja, ijazah palsu, jual beli skripsi, jasa penulisan atau pembuatan skripsi dan proposal hingga mahasiswa/i yang membayar orang lain untuk mengerjakan tugas kampus.

Kejadian-kejadian di atas sudah lumrah terjadi dan hal ini menjadi pertimbangan tersendiri bagi perusahaan-perusahaan dalam menyeleksi calon karyawannya. Mereka tentu tidak ingin tertipu dengan nilai bagus yang ternyata tidak sesuai dengan kemampuan calon pekerja bukan?

Nah, dari sinilah banyak perusahaan mulai memberikan filter dalam seleksi karyawan. Mulai dengan menambahkan kriteria seperti pengalaman kerja, skill tambahan, pengalaman berorganisasi hingga ketentuan khusus seperti akreditasi fakultas dan universitas. Bahkan ada beberapa perusahaan yang hanya menerima lulusan dari universitas terbaik atau tertentu saja.

Jahat? Jelas tidak, perusahaan sebagai pihak yang membayar anda sebagai karyawan memiliki hak penuh untuk mendapatkan karyawan terbaik sesuai dengan kebutuhan mereka.

Kiat dan Tips Sukses Mencari Pekerjaan Secara Umum

Mencari pekerjaan memang tidak mudah, karena ada banyak faktor yang mempengaruhi. Selain itu untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan anda juga membutuhkan waktu, rencana, persiapan dan bahkan pertimbangan yang matang. Meskipun pada kenyataannya mencari pekerjaan bisa menjadi pengalaman yang melelahkan dan menakutkan, namun proses ini tetap harus anda lalui.

Lakukan berbagai pendekatan sistematis agar proses mencari kerja lebih mudah dan semakin banyak peluang untuk mendapat pekerjaan yang diinginkan. Nah, berikut ini ada beberapa tips mencari pekerjaan secara umum yang bisa berlaku bagi anda fresh graduate ataupun anda yang sudah berpengalaman:

Masa Transisi

Masa transisi menjadi salah satu hal yang penting dalam mencari pekerjaan dan ini berlaku untuk semua orang, entah anda fresh graduate, resign dari pekerjaan atau bahkan dipecat. Semua membutuhkan masa transisi dari fase sebelumnya menuju fase yang akan datang. Dalam masa transisi ini anda harus membuat berbagai rencana agar bisa mengatasi berbagai hambatan yang mungkin akan terjadi di masa depan.

Terbuka Dengan Latar Belakang Pekerjaan atau Pendidikan

Entah apapun yang menjadi penyebab anda keluar dari pekerjaan yang lama, anda harus belajar terbuka mengenai latar belakang pekerjaan atau pendidikan anda sebelumnya (bagi fresh graduate).  Tidak ada alasan kenapa anda harus menyembunyikan kebenaran dibalik latar belakang pendidikan atau pekerjaan anda sebelumnya. Semakin anda berusaha menutupi maka semakin kecil kemungkinan anda memperoleh pekerjaan ini.

Dalam melamar pekerjaan, anda harus mampu menjelaskan apa alasan anda melamar pekerjaan ini. semuanya berkaitan dengan tujuan profesional anda dan juga kemampuan anda dalam menyesuaikan diri di perusahaan nantinya.

Rapikan Media Sosial

Beberapa kandidat atau pelamar kerja seringkali menyepelekan hal ini, dan semoga anda bukan termasuk salah satunya. Penting untuk anda ingat bahwa media sosial saat ini menjadi salah satu sarana bagi perusahaan untuk melihat karakter pelamar kerja. Faktanya dari postingan di media sosial, pihak perusahaan bisa menyimpulkan sifat dan karakter anda. Untuk itulah, anda harus memperhatikan do’s dan dont’s penggunaan media sosial saat mencari pekerjaan.

Jika memang anda tidak ingin atau tidak yakin dengan kondisi akun media sosial yang anda miliki, maka jalan amannya anda bisa menjaga profil media sosial dalam kondisi privat sehingga pihak perusahaan tidak bisa menemukan akun media sosial anda. Namun daripada menyembunyikan, akan lebih baik jika anda mulai saat ini merubah cara memosting di media sosial.

Hindari untuk memposting hal-hal berbau SARA, politik dan apapun yang bisa menjadi pemicu ujaran kebencian. Usahakan anda tidak pernah memancing atau memperlihatkan amarah di media sosial.

Sebaliknya, posting hal-hal yang berbau positif termasuk kegiatan-kegiatan positif seperti hobi, kegiatan amal dan lain sebagainya. Intinya mulai saat ini gunakan akun media sosial anda untuk menunjukkan kualitas terbaik yang anda miliki agar ini tidak menjadi masalah saat anda sedang mencari pekerjaan.

Tentukan Pekerjaan yang Diinginkan dan Prioritas

Sebelum memutuskan untuk melamar sebuah pekerjaan, anda harus memiliki target. Jadi misalkan anda lulusan fakultas ekonomi maka pekerjaan yang akan anda apply pasti tidak jauh-jauh dari ekonomi dan turunannya. Jangan hanya karena kesulitan mencari kerja lalu anda melamar semua pekerjaan yang ada di depan mata. Ingat bahwa anda bekerja harus dengan hati bukan hanya karena kebutuhan yang mendesak. Dengan bekerja sesuai bidang maka anda akan menurunkan resiko stress dan kebosanan saat bekerja.

Nah, selain masalah pekerjaan yang diinginkan,anda juga harus menerapkan skala prioritas saat melamar kerja. Jadi misalkan sebelum melamar sebuah pekerjaan, anda harussudah memiliki daftar hal-hal yang menjadi prioritas  dalam kaitannya dengan jenis pekerjaan. Mulai dari lokasi perusahaan, waktu perjalanan dari rumah ke kantor dan sebaliknya, gaji yang diinginkan hingga hal-hal lain. Anda sudah harus memutuskan hal mana yang menjadi prioritas anda. Ini akan membuat proses mencari kerja lebih mudah dilakukan.

Cantumkan Referensi

Dalam melamar pekerjaan biasanya pihak perusahaan akan meminta anda memberikan beberapa referensi profesional yang bisa dijadikan pengesahan kualifikasi yang ada di lamaran anda. Sebelum mulai mencari pekerjaan, akan lebih baik jika anda mempersiapkan hal ini. Anda bisa mulai mempersiapkannya dengan menghubungi orang atau pihak yang akan anda jadikan referensi misalnya dosen atau professor anda, pihak perusahaan tempat magang semasa kuliah dan lain sebagainya.

Intinya anda harus mempersiapkan komunikasi dengan orang yang menjadi referensi anda. jangan sampai nanti saat pihak perusahaan yang anda lamar menghubungi referensi yang anda cantumkan, lalu ternyata pihak referensi kaget karena tidak ada persiapan. Ini bisa menjadi boomerang dalam proses mencari kerja lho.

Tips Mencari Pekerjaan Untuk Anda yang Memiliki Pengalaman Kerja

Mengingat mencari pekerjaan sendiri memang tidaklah mudah, maka sebagai pencari kerja, anda harus mengambil berbagai tindakan yang setidaknya bisa membantu memperbesar harapan untuk memperoleh pekerjaan. Meskipun pada pembahasan sebelumnya, saya mengatakan bahwa pengalaman kerja bisa menjadi poin plus, tapi anda juga harus tetap ingat bahwa pengalaman kerja tidak sepenuhnya menjamin anda mendapatkan pekerjaan. Nah, kali ini kita akan memberikan tips mencari pekerjaan untuk anda yang memiliki pengalaman kerja.

Simak ulasannya berikut ini ya..

Tips Mencari Pekerjaan Untuk Anda yang Memiliki Pengalaman Kerja – Perbarui Resume Anda

Tips pertama adalah dengan memperbarui resume anda. kapanpun ada perubahan signifikan dalam karir, jangan ragu untuk memperbarui resume dan profil karir online anda. Memang tidak semua orang mampu atau bisa melakukan ini. Namun setidaknya, anda harus memperbarui resume setiap kali anda akan melamar pekerjaan lain. Ingat, resume menjadi salah satu aspek yang bisa membuat perusahaan tertarik dengan lamaran anda.

Tips Mencari Pekerjaan Untuk Anda yang Memiliki Pengalaman Kerja – Soroti Pengalaman Kerja yang Relevan

Mengingat kali ini kita mengulas mengenai tips mencari pekerjaan bagi anda yang sudah berpengalaman, maka jangan lupa untuk menyoroti pengalaman kerja yang relevan. Sebisa mungkin anda harus memfokuskan resume anda pada pengalaman kerja yang relevan agar bisa meningkatkan kesempatan dalam mendapatkan pekerjaan tersebut. Secara tidak langsung, pengalaman kerja yang relevan membuat pihak perusahaan tahu bahwa anda berkompeten untuk jabatan tersebut.

Tips Mencari Pekerjaan Untuk Anda yang Memiliki Pengalaman Kerja – Nyatakan Alasan Mencari Pekerjaan Baru

Mengingat anda merupakan seseorang yang memiliki pengalaman kerja, maka anda tidak boleh menghindar dari pertanyaan mengapa anda meninggalkan pekerjaan lama dan harus mencari pekerjaan lain. Bagaimanapun juga pihak perusahaan akan menanyakan tentang hal ini untuk melihat kredibilitas anda sebagai seorang karyawan. Untuk merespon pertanyaan ini, pastikan anda memberikan jawaban positif tapi tetap diplomatis.

Tips Mencari Pekerjaan Untuk Anda yang Memiliki Pengalaman Kerja – Tunjukkan Keinginan Untuk Belajar dan Berkembang

Dalam menerima calon karyawan, ada cukup banyak aspek dan pertimbangan yang diambil oleh perusahaan. Anda harus memahami hal ini. Meskipun anda sudah memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan, kemampuan atau skill memadai hingga memiliki pengalaman kerja yang cukup.

Namun, ini bukanlah jaminan bahwa perusahaan akan menerima anda. Perusahaan lebih menyukai seseorang yang sedang dalam proses berkembang karena dengan begini seseorang tersebut bisa tumbuh bersama perusahaan selama karirnya. Untuk itulah, pastikan anda menunjukkan dan memperlihatkan kemauan untuk tumbuh dan belajar.

Tips Mencari Pekerjaan Untuk Anda yang Memiliki Pengalaman Kerja – Jangan Terbebani Dengan Detail Tidak Penting

Mengingat posisi anda memang sebagai pencari atau pelamar kerja maka jelas anda akan merasa tertekan dalam melakukan berbagai hal termasuk dalam melengkapi dokumen-dokumen persyaratan untuk melamar. Meskipun begitu, anda harus tetap ingat bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Jangan terlalu berambisi dengan keinginan untuk memperlihatkan semua pengalaman dan ketrampilan yang anda miliki.

Terlalu banyak informasi yang anda masukkan dalam resume akan membuat orang yang membaca bingung. Selain itu hal seperti ini cukup mengganggu dan merepotkan lho. Akan lebih baik jika sekarang anda mulai belajar untuk membuat dan mengedit resume yang singkat tapi fokus dan berkualitas.

Tips Mencari Pekerjaan Untuk Anda yang Memiliki Pengalaman Kerja – Jangan Meminta Maaf Tanpa Alasan

Status anda di sini memanglah pihak yang mencari dan membutuhkan pekerjaan, tapi ini bukan berarti membuat anda harus merendah. Misalkan saja jika anda tidak bisa memiliki kualifikasi yang dibutuhkan dalam lamaran tersebut. Anda tidak boleh merasa bersalah atau meminta maaf karena hal ini.

Lebih dari itu anda harus tetap berdiri pada posisi anda dan fokuslah pada hal-hal yang bisa anda tawarkan pada perusahaan. Beberapa penawaran yang patut anda pertimbangkan saat anda tidak memenuhi semua kualifikasi yang dibutuhkan adalah dengan ketrampilan yang bisa anda ajarkan, semangat yang tinggi dan juga keinginan untuk belajar.

Tips Mencari Pekerjaan Untuk Anda yang Memiliki Pengalaman Kerja – Jangan Menjelekkan Perusahaan Sebelumnya

Sebagai seorang pelamar pekerjaan yang pernah bekerja di perusahaan lain, ada sisi positif dan negatif yang anda miliki. Sisi positifnya, dengan pengalaman bekerja di perusahaan sebelumnya membuat anda memiliki kemampuan dan pengalaman lebih dibandingkan dengan kandidat lain. Sisi negatifnya, masa lalu anda di tempat kerja yang lama bisa saja menjadi penghalang atau bahkan sumber kegagalan anda dalam mendapat pekerjaan baru. Apalagi jika kondisinya anda memiliki record yang kurang baik di perusahaan lama.

Dalam dunia bisnis semua hal berjalan sangat cepat, termasuk juga rumor dari satu orang ke orang lain. Nah, anda sebagai pelamar yang memiliki pengalaman bekerja di tempat lain harus ingat untuk tidak mendeskreditkan atau menjelekkan nama baik perusahaan, pimpinan ataupun manajer perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya. Faktanya, banyak orang yang berakhir dengan penyesalan seelah melakukan kebodohan ini.

Tips Mencari Pekerjaan Untuk Anda yang Memiliki Pengalaman Kerja – Jangan Terjebak Dengan Prestasi Di Masa Lalu

Selain hal buruk yang terjadi di masa lalu, prestasi anda di masa lalu juga bisa menjadi penghalang dalam mendapatkan pekerjaan baru. Anda tentu tahu bahwa pengalaman atau riwayat pekerjaan sebelumnya akan meberikan poin plus dalam resume anda. Tapi ingat untuk tidak terlena dengan prestasi di masa lalu. Meskipun perusahaan ingin tahu tentang prestasi anda sebelumnya, namun mereka akan lebih penasaran dengan apa dan bagaimana anda akan menggunakan kemampuan yang anda miliki untuk kemajuan perusahaan.

Jadi selama proses wawancara, sebaiknya anda tidak menghabiskan terllau banyak waktu untuk membahas masa lalu. Fokuskan saja untuk membicarakan hubungan kerja potensial di masa depan antara anda dan perusahaan. Secara tidak langsung, ini akan memperlihatkan bahwa anda adalah orang yang profesional dan mudah move on.

Tips Mencari Pekerjaan Untuk Anda yang Memiliki Pengalaman Kerja – Jangan Terlalu Berharap atau Putus Asa

Posisi anda memang bukan sebagai upper hand, tapi ini tidak berarti anda menjadi lepas kontrol. Anda harus tahu bahwa melamar pekerjaan memiliki kemiripan dengan menjalin hubungan asmara dengan seseorang. Di mana anda harus terlihat tertarik tetapi tetap pada batasnya. Usahakan anda tidak memperlihatkan bahwa anda begitu ingin bekerja di perusahaan itu hingga bisa menimbulkan celah di mana anda akan dirugikan di masa yang akan datang. Sebaliknya anda juga tidak boleh terlihat cuek dan tidak tertarik dengan pekerjaan tersebut.

Intinya, anda harus memperlihatkan bahwa anda bersedia bekerja di perusahaan tersebut tapi tetap dengan batasan yang wajar. Pastikan anda tahu seperti apa kemampuan anda dan manfaatkan kemampuan itu untuk membuat perusahaan tertarik menggunakan jasa anda ke depannya. Anda memang membutuhkan pekerjaan ini tapi di sisi lain perusahaan juga membutuhkan kandidat yang kredibel. Jadi anda harus mampu menunjukkan kredibilitas anda yang sesungguhnya tanpa harus putus asa atau berharap terlalu tinggi.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda semua ya..

Ayo lebih semangat mencari kerja!!

Loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *