Tips Memulai Usaha Waralaba

Berwirausaha atau membuka usaha semakin banyak dilakukan oleh setiap orang. Jenis usaha yang dapat dijalankan pun sangat banyak ragamnya. Salah satu usaha yang saat ini juga cukup banyak dipilih yakni bisnis waralaba atau dikenal pula dengan bisnis franchise. Bisnis waralaba atau franchise ini sendiri banyak macamnya, mulai dari makanan, minuman, laundry, sampai dengan mini market. Apakah anda memiliki keinginan untuk berbisnis waralaba atau franchise?

bisnis-franchise-600x246

Usaha Waralaba

Nah sebelum anda langsung bergerak cepat untuk memulai bisnis waralaba atau franchise tersebut, ada baiknya anda mengetahui bagaimana tips berbisnis waralaba atau franchise yang baik. Mengapa seperti itu? Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam berbisnis kita perlu menyiapkan strategi-strategi khusus agar usaha yang kita jalankan justru tidak mendatangkan kerugian, tanpa terkecuali bisnis waralaba atau franchise. Pada ulasan kali ini akan diberikan beberapa tips atau strategi yang bisa anda lakukan untuk memulai bisnis waralaba atau franchise. Semoga ulasan berikut dapat membantu anda ya people.

1. Mantapkan Diri

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika memutuskan untuk berbisnis waralaba atau franchise yakni memantapkan diri. Ketika memutuskan untuk berbisnis maka anda harus benar-benar memiliki niat, kreatif, dan selalu melakukan kontrol. Ketiga komponen tersebut sangat penting untuk anda bangun terlebih dahulu sebelum akhirnya menjalankan bisnis waralaba. Anda harus kreatif agar toko atau stand bisnis anda menarik dan selalu dilirik oleh orang. Begitu pula dalam hal kontrol, hal satu ini sangat penting untuk dilakukan oleh setiap orang yang menjalankan bisnis waralaba.

Mengapa begitu? Hal ini karena masih banyak orang yang belum memahami sistem dari bisnis waralaba itu sendiri, banyak yang mengira saya hanya membeli saja lalu membuka pada satu tempat dan uang akan dengan sendirinya datang pada saya. Justru anggapan seperti itu sesungguhnya kurang tepat, anda sendiri yang harus tetap mengontrol bisnis anda sekalipun anda telah membeli franchise-nya. Anda sebagai pemiliki toko atau stand bisnis waralaba atau franchise masih berkewajiban untuk mengontrol keuangan, kemudian aturan toko atau stand, dan lain sebagainya.

2. Kenali Jenis dan Potensi Waralaba

Kedua yakni kenalilah atau cari tahu sebanyak mungkin informasi terkait suatu bisnis waralaba. Silahkan anda mencari tahu terlebih dahulu tentang jenis-jenis bisnis waralaba yang bisa anda jalankan, gali informasi dan pikirkan pula tentang potensi dari setiap jenis waralaba yang ingin anda jalankan. Dengan cara seperti itu maka akan lebih memudahkan anda dalam menjalankan bisnis waralaba yang kemungkinan besar akan memberikan keuntungan bagi anda, bukan malah kerugian karena sudah memperkirakan sejak awal.

3. Lokasi Penjualan

Lokasi penjualan tidak kalah penting sebagai sesuatu yang harus dipikirkan dan disiapkan dalam memulai bisnis waralaba atau franchise. Hal tersebut karena lokasi penjualan dapat menentukan apakah bisnis waralaba yang anda dirikan akan didatangi oleh banyak pangsa pasar atau tidak. Jika anda mendirikan bisnis waralaba di tempat yang salah, seperti di lokasi tersebut dikelilingi oleh banyak pesaing atau tidak terjangkau oleh pangsa pasar anda, maka akan membahayakan bisnis waralaba yang anda dirikan. Tipsnya jika anda telah memiliki tempat terlebih dahulu maka silahkan anda pikirkan bisnis waralaba apa yang cocok dengan pangsa pasar di wilayah lokasi tersebut. Jika anda memiliki rencana menjalankan bisnis waralaba terlebih dahulu baru mencari lokasi, anda dapat mencari lokasi yang banyak terdapat pangsa pasar anda dan minimal atau bahkan tidak ada pesaing.

4. Strategi Marketing

Tips terakhir ini tidak kalah penting. Dalam setiap usaha apa pun tentunya sangat diperlukan adanya strategi marketing. Bagaimana pangsa pasar anda akan mengetahui produk anda jika tanpa adanya promosi akan produk anda tersebut? Siapkan strategi marketing yang unik dan kreatif sehingga akan menarik pangsa pasar anda sangat banyak untuk membeli atau menggunakan produk anda. Jika anda tepat dalam menentukan strategi marketing, dijamin produk anda akan dibanjiri banyak orang. Selamat mencoba yaaa.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *