Tips Memulai Usaha Modal Kecil

Mencari rejeki dan meraih kesuksesan dapat dicapai melalui apa saja. Dewasa ini, berwirausaha menjadi pilihan tepat bagi mereka yang tidak ingin hanya menjadi karyawan saja, namun juga ingin menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Jauh sebelum itu, saat akan memulai suatu usaha, hal utama yang sering menjadi momok bagi wirausahawan adalah modal. Ya, sebagian besar orang berfikir, semua usaha membutuhkan modal yang tidak sedikit, sehingga terkadang hal tersebut dapat mengurungkan niat bahkan sebelum memulainya.

Tips Usaha Modal Kecil

Namun, tahukah anda? Bahwa ternyata tidak semua usaha bisnis memerlukan modal besar. Dengan modal kecil dan strategi pengelolaan modal yang baik dapat mengantarkan anda kepada kesuksesan berbisnis. Untuk membahas lebih dalam lagi, kami menawarkan beberapa tips untuk memulai usaha modal kecil.

Sumber: http://2.bp.blogspot.com/

Sumber: http://2.bp.blogspot.com/

Pertama, sebelum anda kebingungan mencari modal (yang sebagian orang pikir semua modal hanya berbentuk uang), coba anda amati masih banyak sekali contoh usaha di sekitar anda yang bahkan hanya bermodalkan buku dan keterampilan merayu. Reseller produk misalnya, mereka hanya bermodalkan katalog atau foto produk dan kemampuan menyusun kata-kata untuk merayu calon pelanggannya. Berkembangnya usaha ini tak lain adalah salah satunya karena faktor pengguna internet yang sekarang sudah tersebar luas di hampir segala penjuru dunia. Sehingga orang bisa dengan mudah mengakses segala kebutuhannya di dunia maya.

Kedua, pada contoh pertama di atas, sebenarnya sudah disebutkan tips kedua untuk mendapatkan modal. Apa itu? Ya, keterampilan dan keahlian. Kedua hal tersebut justru adalah modal utama ketika anda akan membangun sebuah usaha bisnis. Tanpa keduanya, mempunyai uang banyak pun anda belum tentu bisa mengelolanya dengan efektif dan efisien. Misalkan anda mempunyai ide untuk menjual barang-barang yang ramah lingkungan dan memanfaatkan barang bekas. Lalu hanya dengan membeli barang-barang bekas tersebut dari tempat khusus yang menjual barang bekas itu serta dengan sentuhan keterampilan dan ide anda, maka barang bekas tersebut akan berubah menjadi barang yang bernilai tinggi. Tentu diperlukan ketekunan dan keuletan juga dalam membuatnya.

Ketiga, memiliki modal kecil saat akan memulai usaha adalah suatu situasi yang cukup sulit jika kita tidak pandai mengelolanya. Satu hal penting adalah realistis dalam menggunakan modalnya. Tentu kita punya segudang ide dan inovasi untuk membuat suatu produk yang mempunyai ciri khas unik. Namun, harus disesuaikan juga dengan modal yang kita punya.

Keempat, sekalinya anda sudah memiliki modal kecil, bila ingin mencari tambahan modal, lebih baik tidak menginvestasikan uang sendiri. Risiko yang didapat tidak akan semakin besar nantinya. Maka coba anda ajak teman anda sebagai partner bisnis anda agar jika terjadi apa-apa pada bisnis anda, anda tidak akan cepat bangkrut maupun dikejar utang. Namun memilih partner pun juga harus selektif, tidak asal pilih teman dekat tapi dia tidak bisa diandalkan.

Kelima, lebih bekerja keras untuk mengembangkan bisnis. Sebagai pebisnis muda, pulang lembur dan sedikitnya waktu istirahat bukanlah hal yang mustahil akan anda alami. Jika memang ingin bisnisnya melaju pesat, salah satu cara adalah memperbudak diri sendiri. Membayar karyawan? Sepertinya hampir mustahil anda lakukan jika baru membuka suatu bisnis. Modal saja kesulitan mencari, apalagi membayar karyawan. Jadi, karyawan yang anda miliki adalah diri anda sendiri.

Keenam, persaingan bisnis yang ketat dari hari ke hari memaksa anda untuk bisa terus berinovasi sekalipun dengan modal pas-pasan. Jika anda sudah bersaing pada harga produk anda, maka yang bisa anda tonjolkan adalah kualitas dan kelebihan produk anda. Berkaitan dengan poin kedua, cara terbaik untuk menarik hati pelanggan adalah menguasai cara berkomunikasi yang baik untuk meyakinkan pelanggan bahwa produk anda memang bernilai tinggi dan tidak mengecewakan di kemudian hari.

Bagaimana? Sudah siap untuk memulai usaha? Anda sebenarnya tidak perlu terlalu pusing dengan modalnya. Yakinlah dengan niat dan tekad kuat, modal kecil pun akan menciptakan usaha yang berhasil di kemudian hari. Selamat mencoba.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *