Tips Memilih Supplier

Ketika memulai usaha, terutama memutuskan untuk menjadi reseller tentu saja kita membutuhkan supplier atau dalam hal ini pihak yang mau dan mampu menyediakan barang/permintaan lain sesuai dengan yang kita sebagai reseller butuhkan kapan saja. Seperti halnya memilih bahan baku/proses produksi yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan, memilih supplier juga membutuhkan pertimbangan khusus agar tidak salah langkah dan malah menjadi hambatan ditengah bisnis karena salah memilih supplier. Nah, supaya tidak salah langkah berikut adalah tips memilih supplier.Setidaknya ada empat faktor yang perlu diperhatikan sebelum menjalin kerja sama dengan supplier.

Kualitas

Ini merupakan syarat mutlak, ketika memilih supplier Anda harus mengetahui kualitas dari produk mereka. Sebab jika kualitas bahan dari mereka buruk, maka hal tersebut juga akan berimbas pada kualitas produk yang Anda hasilkan. Sebaiknya cermati terlebih dahulu sebelum memilih. Meskipun ada yang menawarkan biaya yang terjangkau namun apabila kualitasnya tidak bagus, otomatis hal tersebut akan membuat kualitas produk Anda menjadi juga. Lebih baik mengeluarkan biaya yang sedikit lebih tinggi namun kualitasnnya terjamin.

Sebagai contoh, pengusaha snack keripik buah, mereka membutuhkan bahan baku berupa buah yang masih segar. Pilihansupplieruntuk bisnis ini ada banyak, mulai dari mereka yang menyediakan buah-buahan berkualitas tinggi hingga . Sejatinya kedua jenis bahan baku tersebut dapat digunakan, namun kualitas produk yang akan dihasilkan tentu saja berbeda.

Kuantitas

Setelah memastikan kualitas produk dari supplier yang dipilih, Anda juga perlu memastikan kesanggupan mereka memproduksi sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan. Pada prakteknya sering Kebanyakan kasus terjadi ketika supplier merasa dapat menampung kapasitas produksi sesuai dengan permintaan, padahal alat-alat yang mereka gunakan kemampuannya terbatas.

Ada banyak supplier dengan kemampuan produksi yang berbeda-beda. Pilihlah supplier yang mampu menjamin ketepatan waktu dan mengirimkan jumlah barang sesuai dengan yang pemesanan.

Kontinuitas

Proses produksi dalam sebuah bisnis pasti memilikideadlinekerja, oleh karena itu Anda harus memastikan tidak ada hal yang mengganggu kelancaran produksi usaha tersebut. Persoalan yang paling sering muncul adalah ketika supplier sewaktu-waktu mengalami kendala sehingga mereka tidak dapat mengirimkan bahan baku yang Anda butuhkan. Hal ini pun kemudian berimbas bisnis Anda menjadi tidak dapat berjalan. Tanggung jawab supplier dalam bentuk kompensasi pun tidak dapat menggantikan kerugian bisnis Anda yang kehilangan pangsa pasar.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus dapat memprediksi sejak awal kemampuan supplier tersebut dalam menyediakan bahan secara kontinyu. Sehingga Anda perlu memperhitungkan faktor-faktor yang memungkinkan menjadi kendala, seperti jarak, peralatan yang digunakan, jadwal kerja mereka, hingga jumlah tenaga kerja. Baiknya dalam hal ini Anda juga perlu mempelajaritrack recorddari supplier tersebut.

Harga

Persoalan harga juga perlu diperhatikan. Meskipun supplier memiliki kualitas yang bagus dan kemampuan untuk memproduksi dalam jumlah tertentu secara kontinyu, jika biaya di luar kemampuan Anda maka sebaiknya mencari alternatif lain. Supplier pun pada dasarnya adalah pengusaha juga, sehingga wajar jika suatu saat harga dari mereka berubah-ubah karena kondisi pasar yang tidak stabil.

Ada banyak pilihan supplier, rata-rata mereka yang baru memulai bisnis akan terkendala dengan harga yang ditawarkan oleh supplier di luar kemampuan. Untuk para pemula sebaiknya memilih supplier yang biayanya lebih terjangkau, namun kualitasnya tidak kalah bagus.

Maka dari itu, cermatlah ketika memilih supplier karena hal tersebut juga berpengaruh besar terhadap keberhasilan bisnis Anda.

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *