Tips Memilih Laptop Bekas

Teknologi kian berkembang cepaat mengikuti perkembangan jaman yang semakin luas. Bila dahulu komputer hanya dimilki oleh perusahaan atau instansi namun tidak untuk sekarang. Banyak masyarakat khususnya kalangan muda telah memiliki komputer sendiri. Tidak hanya komputer namun juga laptop yang dinilai lebih canggih dan sederhana. Kalangan muda ini biasa menggunakan laptop untuk kebutuhan pendidikan, sarana hiburan bahkan peluang bisnis. Memiliki laptop sendiri memang bukanlah keharusan namun dengan teknologi yang semakin canggih menuntut segala hal dilakukan serba cepat dan efisien.

Tips Memilih Laptop Bekas

Disinilah laptop menjadi barang yang penting dan berharga. Laptop kini juga didorong teknologi yang mukhtahir bahkan ada yang memiliki kemampuan touch screen ataupun tipe tablet. Sayangnya harga laptop tidaklah murah untuk kaum muda tersebut. Hal ini membuat penjualan laptop bekaspun menjadi naik tiap tahunnya. Untuk itu diperlukan pengetahuan bagi pembeli agar bijaksana dalam membeli laptop bekas yang anda inginkan.

Sumber: http://laptoppasuruan.com/

Sumber: http://laptoppasuruan.com/

Berikut tips yang bisa anda terapkan dalam membeli laptop bekas sebagai berikut :

a. Kondisi fisik

Dalam membeli barang kondisi fisik selalu diikutkan sebelum pelanggan membeli begitu pula ketika anda membeli produk second hand. Periksa kondisi fisik laptop tersebut seperti engsel laptop maupun port-portnya. Pastikan semuanya bekerja dengan baik dan tidak ada goresan maupun lecet.

b. Kondisi layar

LED atau LCD bila rusak harganya bisa mencapai separuh harga laptop bekas yang anda beli sehingga anda perlu jeli untuk masalah layar laptop. Periksalah apakah ada dead pixel dengan cara mengganti background destop menjadi hitam putih. lihat pula kabelnya fleksibel atau tidak serta buka tutup layar laptop anda dalam keadaan menyala. Periksalah apakah ada kedipan atau goyangan pada LCD anda.

c. Kondisi hardware lain

Cek pula apakah hardware lainnya seperti fan,bluethoot,webcame, keyboard bekerja dengan baik atau tidak. Anda bisa memeriksanya dengan cara menggunakannya langsung dan bila ada masalah ceritakanlah pada penjual dan cari tahu penyebabnya. Jangan lupa mengecek touchpad sebab untuk mencari penggantinya sangatlah sulit.

d. Kondisi hardisk

Hardisk sebagai pusatnya memori tentu merupakan bagian yang sangat penting sehingga jangan lupa untuk memeriksanya. Anda bisa mengguakan S.M.A.R.T pada BIOS dilanjutkan program third party untuk melihat kinerja hardisk dari laptop yang anda hendak beli. Bila anda tidak begitu paham menggunakan cara sebelumnya anda bisa melakukan uji coba dengan transfer file. Cobalah untuk mengcopy paste data dan lihatlah apakah proses transfer data tersebut memakan waktu lama atau tidak.

e. Kondisi baterai dan Charger

Untuk menunjang mobilisasi laptop anda perlu dilakukan pemeriksaan terhadap baterai laptopmu. Caranya pakailah beberapa lama laptop anda lihat prosentase menurunnya baterai drastis atau pada umumnya. Periksa pula charger laptop dengan mengkoneksikannya dengan pusat daya. Pastikan bahwa charger bekerja dengan baik dan mampu mengalirkan listrik ke baterai laptop anda.

f. Kelengkapan laptop

Periksa pula apakah laptop tersebut memiliki kelengkapan seperti manual book, charger,cd room ataupun dus. Jangan lupa untuk mengecek apakah ada buku garansinya sehingga ketika terjadi kerusakan yang tidak diinginkan anda tetap bisa mengatasinya dengan garansi laptop.

g. Lama penggunaan

Jika memungkinkan disarankan untuk membeli laptop bekas yang masa penggunaannya kurang dari satu tahun. Bila terlalu lama umumnya banyak perangkat di dalamnya sudah menalami kerusakan. Bila anda tidak terlalu paham masalah IT tidak ada salahnya bila mengaka seorang teman yang paham. Anda juga jangan mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan serta buat keputusan dengan matang dan tidak tergesa-gesa.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *