Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga

Produk asuransi memang sangat beragam. Dari asuransi kesehatan saja kita bisa mengenal berbagai macam varian produk yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan keuangan. Kita dihadapi banyak sekali pilihan, terutama bagi anda yang tinggal di kota-kota besar di Indonesia. Asuransi ditawarkan mulai oleh perusahaan keuangan yang kecil ataupun yang besar dan berskala internasional.

Salah satu produk yang banyak ditawarkan karena mengandung kemudahan-kemudahan tertentu adalah asuransi kesehatan keluarga. Karena menyandang kata keluarga, tentu saja asuransi ini mengandung perbedaan bila dibandingkan dengan asuransi kesehatan biasanya. Secara ringkas, asuransi kesehatan keluarga adalah asuransi yang ditawarkan secara khusus untuk keluarga. Asuransi ini memberikan perlindungan dengan memberikan jaminan biaya perawatan dan pengobatan untuk polis asuransi yang ditanggung sesuai dengan kesepakatan bersama kala beli polis asuransi.

Asuransi kesehatan keluarga rasanya memang perlu ditulis dalam website ini. Mengapa? Karena asuransi ini ditawarkan oleh begitu banyak perusahaan asuransi. Banyaknya perusahaan dan varian ini memberikan pilihan nilai premi yang berbeda-beda pula setiap bulan. Selain itu sistem yang digunakan asuransi kesehatan keluarga ini berbeda, seringkali justru dianggap ribet ketika harus mengurus klaim ketika dibutuhkan.

Lantas, apa saja yang perlu kita perhatikan sebelum memilih asuransi kesehatan keluarga supaya bisa mendapatkan manfaat proteksi yang optimal dari sana? Kami telah mencari informasi terkait khusus untuk anda. Berikut kita simak uraiannya dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan.

:: Siapa Saja yang Tertanggung dalam Asuransi?

Sesuaikan asuransi keluarga dengan jumlah anggota keluarga anda. | via www.celebritybabyscoop.com

Dari penelusuran yang dilakukan, ditemukan fakta bahwa sebagian besar perusahaan asuransi menanggung tiga anggota keluarga yang menggunakan produk ini. Barangkali tiga anggota keluarga ini asumsinya adalah suami, istri, dan anak. Jika jumlah anggota keluarga anda lebih dari tiga janglah khawatir, karena masih tetap ada tawaran dari perusahaan asuransi yang menanggung hingga lima orang anggota keluarga. Maksudnya, sebagian besar memang menanggung tiga, tetapi tetap ada yang menawarkan lebih dari itu.

Sekadar informasi saja, kita tentu harus diingatkan supaya membeli produk yang sesuai dengan kebutuhan kita. Bila memang anggota keluarga anda adalah tiga orang (suami-istri-anak) maka pilihan yang tepat adalah asuransi yang menanggung tiga orang. Begitu juga dengan anda yang punya anggota keluarga sampai lima misalnya. Selain karena nanti bisa terpengaruh pada besaran premi yang harus dibayar setiap bulannya, kita juga akan mendapatkan manfaat yang optimal bila sesuai dengan yang ditawarkan.

:: Berapa Jumlah Premi Asuransi yang Perlu Dibayar?

Besaran premi asuransi kesehatan yang harus dibayarkan oleh pemegang asuransi setiap bulan tentu saja penting untuk diketahui. Bagaimanapun, ini salah satu hal yang pertama-tama kita lihat untuk kemudian disesuaikan dengan kondisi keuangan yang melekat pada dompet kita. Premi pada setiap perusahaan asuransi ini sangat beragam, berikut dengan manfaatnya. Ada yang premi relatif murah dengan manfaat rendah, ada premi murah dengan manfaat yang lumayan baik, hingga ada premi yang sedikit mahal tapi mendapatkan mafnfaat yang standar-standar saja.

Karena pilihannya begitu banyak, maka mutlak anda harus cermat dalam memilih. Tentu saja caranya adalah melakukan survei kepada setiap perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi kesehatan keluarga. Perhatikan dan bandingkan beberapa hal di dalamnya, termasuk besaran nilai premi dan manfaat yang ditawarkan. Manfaat yang ditawarkan itu termasuk misalnya biaya perawatan, biaya dokter, ketika harus menginap (biaya kamar), dan sebagainya.

:: Berapa Nilai Klaim Asuransi yang Ditawarkan Perusahaan?

Tanyakan perkiraan nilai tiap klaim asuransi dengan detil di awal. | via carageek.com

Setelah kita mengetahui berapa nilai premi yang harus kita bayarkan, jangan lupa kita juga perlu bertanya berapa nilai klaim asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi tersebut. Mereka pasti memiliki informasi mengenai perkiraan jumlah biaya yang ditanggung oleh perusahaan ketika suatu saat anda atau anggota keluarga jatuh sakit dan harus mendapatkan pelayanan kesehatan. Bila perlu tanyakan dengan detil kira-kira berapa biaya untuk menginap, sakit keras, kecelakaan, dan sebagainya. Perhatikan bagaimana cara mereka membayar.

Berdasarkan informasi yang ada, ada perusahaan asuransi yang hanya memberikan biaya santunan harian secara lup-sum. Katakanlah santunan yang diberikan kepada anda adalah Rp 400 ribu. Maka yang anda dapatkan adalah jumlah itu dikali dengan berapa hari anda dirawat di rumah sakit. Penentu besaran santunan ini tentu saja besarnya nilai premi per bulan yang anda bayarkan. Sistem ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Ketika biaya perawatan lebih kecil dari biaya santunan itu, maka kita mendapatkan selisih yang barangkali menguntungkan. Namun akan menjadi sangat merugikan ketika ternyata biaya perawatan jauh lebih tinggi dari biaya santunan. Artinya anda sudah pasti harus mengeluarkan uang lagi karena asuransi tidak bisa meng-cover semua biaya perawatan yang ada.

Namun tetap ada perusahaan asuransi yang menggunakan sistem yang wajar seperti menanggung biaya perawatan termasuk pengobatan, biaya dokter, dan biaya cek laboratorium bila dibutuhkan. Barangkali sistem yang seperti ini lebih banyak dicari karena lebih memberi rasa tenang, kita tidak perlu mengira-ira dan khawatir apakah biaya perawatan akan lebih besar dari santunan atau tidak.

:: Bagaimana Prosedur Pengajuan Klaim?

Pertanyaan ini haruslah ditanyakan oleh setiap anda yang hendak membeli produk asuransi. Prosedur-prosedur termasuk dokumen dan persyaratan rinci yang diperlukan untuk menajukan klaim ketika sewaktu-waktu anda memerlukan penanganan kesehatan. Persyaratan tersebut perlu anda ketahui dengan rinci, jangan sampai anda salah memahami setiap konten yang ada supaya tidak terjadi penolakan klaim asuransi. Beberapa kasus yang terjadi menunjukkan bahwa seringkali nasabah tidak cermat ketika membaca persyaratan sehingga mereka mengalami penolakan klaim asuransi karena alasan yang sebelumnya tidak diduga. Salah satu hal yang perlu anda ketahui soal ini adalah bahwa ada setidaknya dua cara klaim asuransi, yakni cashless dan reimbursement. Berikut penjelasannya:

  • Cashless—pada sistem klaim asuransi ini peserta polis asuransi tidak perlu mengeluarkan dana lagi untuk membayar biaya kesehatan. Biasanya perusahaan asuransi mengeluarkan kartu asuransi yang anda bawa-bawa. Ketika ada suatu insiden dan anda harus menjalani perawatan di rumah sakit, anda tinggal ‘gesek’ kartu itu di rumah sakit yang menyediakan.
  • Reimbursement—pada sistem ini peserta asuransi haruslah membayar di muka biaya kesehatan yang dilakukan. Setelah itu melalui bukti pembayaran yang ada, peserta mengajukan permintaan penggantian biaya kesehatan pada perusahaan asuransi yang menanggung dirinya.

Untuk itu kita harus melihat pula, rumah-rumah sakit mana yang bekerja sama dengan asuransi tersebut. Memang saat ini ada BPJS Kesehatan yang kelak akan terhubung pada semua fasilitas kesehatan. Namun bagaimanapun tetap ada keuntungan yang anda dapatkan ketika anda juga menganggarkan dana anda untuk mengikuti asuransi kesehatan dari swasta.

Baca: Punya BPJS, Masih Perlukah Asuransi Swasta?

:: Apakah Semua Rumah Sakit Bekerja Sama dengan Perusahaan Asuransi?

Lebih baik pilih asuransi yang bekerja sama dengan lebih banyak rumah sakit. | via www.victoriahf.ca

Tentu saja jawabannya adalah tidak. Barangkali iya untuk BPJS, tetapi tidak semua perusahaan asuransi bekerja sama dengan rumah sakit. Mereka hanya bekerja sama dengan beberapa rumah sakit saja yang memenuhi persyaratan mereka. Tentu saja kita perlu memilih perusahaan asuransi yang bekerja sama dengan banyak rumah sakit. Semakin banyak rumah sakit yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi, itu semakin baik karena membuat kita lebih fleksibel ketika memerlukan pelayanan kesehatan.

Dengan pilihan rumah sakit yang lebih banyak kita bisa memilih sesuai kenyamanan kita. Namun terkadang ada aturan-aturan tertentu yang dibuat oleh perusahaan asuransi, misalnya, untuk rawat jalan mereka hanya bekerja sama dengan rumah sakit A. Sedangkan untuk rawat inap, mereka hanya bekerja sama dengan rumah sakit B. Maka anda harus menanyakan dengan detil supaya tidak terjadi kesalahan yang menyebabkan pengajuan klaim anda ditolak.

Maka kuncinya adalah anda harus bertanya dengan lebih detil dan teliti soal segala macam biaya yang terlihat dalam asuransi, termasuk premi dan klaim. Ketika sudah memahami, anda akan bisa menggunakan produk asuransi dengan lebih rasional lantaran sesuai dengan kebutuhan keluarga anda. Sebaiknya tanamkan dalam benak anda untuk tidak mudah terbujuk oleh agen asuransi, meskipun itu adalah teman-teman anda. Namun kalau yang ditawarkan tersebut sesuai dengan kebutuhan anda ya silakan saja. Intinya, kita perlu mengukur diri guna melihat seberapa besar kemampuan kita dan perlindungan seperti apa yang kita butuhkan.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *