Tips Memilih Apartemen

Seperti halnya properti lain, memilih apartemen juga membutuhkan pertimbangan yang sama detailnya. Namun, jangan samakan pembelian apartemen dengan ketika Anda membeli rumah biasa. Karena ada beberapa hal yang memiliki perbedaan tentang apartemen dan rumah. Jangan terburu-buru dalam memutuskan untuk membeli apartemen, terlebih jika ini merupakan pengalaman pertama bagi Anda. Jangan sampai, karena terburu-buru memutuskan dan tergiur diskon yang besar, Anda jadi kecewa di kemudian hari. Berikut beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan.

Pertama, yakinkan diri Anda apakah memilih apartemen merupakan keputusan terbaik bagi Anda dan keuangan yang Anda miliki saat ini? Ataukah masih mungkin untuk mencari rumah dengan harga dan biaya-biaya lain yang lebih murah dibanding dengan apartemen. Coba bandingkan terutama di bagian keuangan, lebih menguntungkan membeli apartemen atau rumah atau properti lainnya apalagi jika Anda membandingkannya sebagai bahan untuk berinvestasi, bukan untuk hunian semata.

Jika semuanya sudah dipertimbangkan serta dihitung dengan sebaik mungkin dan Anda tetap dipertemukan dengan keputusan bahwa Anda memang harus membeli apartemen, maka perhatikan hal-hal dibawah ini :

Pilih developer apartemen dengan hati-hati

Jika perlu, Anda melakukan riset terlebih dahulu mengenai track record dari beberapa perusahaan developer yang mendirikan dan juga menjual apartemen tersebut. Bandingkan dengan sebaik-baiknya dan pilih perusahaan yang memiliki pandangan sama dengan Anda agar ketika berinteraksipun tidak membuat Anda canggung dan Anda merasa bebas untuk menanyakan apapun berkaitan dengan apartemen tersebut sehingga semua menjadi jelas untuk Anda sendiri agar terhindar dari kerugian di masa depan hanya karena kurang jelas informasi. Pastikan pula hal-hal lain seperti legalitas bangunan agar tidak terjadi konflik di masa depan.

Selain itu, disarankan bagi Anda untuk jangan memutuskan saat interaksi dengan penjual hanya terjadi sekali. Carilah alasan untuk membuat interaksi bisa berlangsung lebih dari sekali. Hal ini untuk menghindari munculnya kesan Anda sangat membutuhkan rumah tersebut sehingga penjual merasa berada dalam posisi tawar lebih tinggi dan bisa “menguasai” transaksi.

Perhatikan Harga

Bekalilah diri Anda mengenai bisnis properti. Tentang bagaimana sebuah bangunan bentuknya, kualitasnya sehingga menghasilkan sekian harga. Sehingga Anda tidak akan merasa tertipu ke depannya karena ternyata banyak pilihan harga yang lebih murah dengan kualitas lebih baik, misalnya. Atau hal lain seperti pajak untuk bumi dan bangunan agar perhitungannya sesuai antara Anda dengan pengembang properti.

Anda pun bisa mengakali untuk mendapat harga lebih rendah. Yaitu dengan cara mengusahakan untuk bisa membeli apartemen seawal mungkin. Dalam istilah properti, ada yang di sebut pre-launch alias masa sebelum launching. Biasanya harga pre-launch itu akan lebih murah di bandingkan dengan harga ketika launch atau bahkan harga pas apartemen sudah jadi

Jika belum yakin, Anda bisa bekerjasama dengan penasihat keuangan (finansial) untuk membantu memutuskan jenis pinjaman yang masuk akal dan sesuai dengan kondisi keuangan Anda untuk masa sekarang dan akan datang. Keputusan emosional tidak akan pernah bisa menyelamatkan Anda dari penyesalan.

Lokasi

Lokasi selalu menjadi salah satu sorotan utama ketika membeli sebuah properti. Jangan menaruh resiko dengan cara membeli properti murah dan diskon yang menggiurkan tapi ternyata lokasi tersebut rawan banjir dan bencana lainnya. Tambah pengetahuan Anda mengenai bagaimana lokasi yang baik itu. Atau mungkin, jika Anda ingin merasakan ketenangan dalam rumah tinggal Anda, maka hindari membeli rumah susun yang berada di kawasan dekat dengan pusat perbelanjaan atau taman hiburan karena sangat berpotensi ramai kendaraan dan orang-orang yang berkunjung yang sering menyebabkan kemacetan.

Selain memperhatikan apakah kawasan tersebut rawan bencana atau tidak, penting juga bagi Anda untuk memperhatikan view dari unit yang akan di beli. Hal ini terutama penting ketika kita akan membeli apartemen untuk di sewakan. Seringkali penyewa akan sangat memperhatikan view dari apartemen itu sendiri. Misalnya, apartemen yang mempunyai view monas ketika malam hari tentu akan berbeda dengan yang mempunyai view pasar basah yang kotor.

Fasilitas yang ditawarkan

Carilah apartemen yang sesuai dengan yang Anda harapkan terutama dari segi fasilitas. Hampir seluruh apartemen memiliki fasilitas-fasilitas yang sangat lengkap seperti lapangan tenis, taman bermain untuk anak, kolam renang, sauna, fitness center dan lainnnya. Dan Semua fasilitas tersebut dapat kita digunakan secara cuma-cuma. Bandingkan antara satu apartemen dengan yang lainnya. Yang paling sedikit fasilitasnya misalnya bisa Anda keluarkan dari pilihan Anda. Atau Anda juga bisa mempertimbangkan apakah Anda menginginkan ketenangan, atau menginginkan tempat dengan keramaian dan dekat dengan lokasi-lokasi yang sesuai dengan kepentingan Anda.

Perhatikan pula keamanan yang ditawarkan apartemen ini. Apakah bisa diandalkan atau masih dirasa kurang aman untuk Anda jadikan hunian?

Perhatikan biaya-biaya lain setelah memasuki apartemen

Sama hal-nya dengan perumahan-perumahan apalagi perumahan elit, apartemen ini juga biasanya memiliki biaya-biaya lainnya terkait dengan perawatan apartemen. Tanyakan sejelas-jelasnya biasanya akan ada biaya apa saja setelah Anda memasuki apartemen tersebut, kemudian apakah harga tersebut masih normal atau melebihi batas kewajaran?

Bandingkan juga tingkat keribetan biaya-biaya tersebut harus dibayarkan. Misalnya saja ada apartemen yang memiliki sistem pembayaran yang tidak teratur dimana penghuni harus membayar listrik di tanggal 1, air di tanggal 2, tukang kebun di tanggal 3 dll. Hal tersebut tentu merepotkan dibanding dengan apartemen yang menagih semua hal tersebut satu kali saja.

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *