Tips Memilih AC Bekas

Dunia kini perlu siaga terlebih datangnya cuaca ekstrim yang kerap mendera. Kejadian ini bukanlah hal yang tak mendasar sebab kurangnya ruang terbuka hijau membuat isu global warming kian mencuat. Tidak heran bila banyak negara tiba-tiba mengalami perubahan cuaca yang tak biasa. Salah satu contohnya beberapa tahun lalu tiba-tiba turun salju di Arab Saudi yang notabenenya tidak beriklim 4 musim. Beberapa negara seperti China,Jepang, India juga mengalami peningkatan suhu hingga lebih dari 50 derajat celsius. Saking panasnya dikabarkan banyak pula korban jiwa terutama kaum manula yang tak tahan akan dehidrasi.

Tips Memilih AC Bekas

Di Indonesia sendiri juga mulai terasa dampak pemanasan global ini seperti di kota-kota besar yang umumnya memiliki udara sejuk kini juga merasa mulai berbeda. Tak heran bila banyak orang memilih menggunakan AC untuk menghilangkan rasa panas di rumah mereka. AC sendiri sebenarnya banyak digunakan di perkantoran, fasilitas umum maupun restauran. Hawa panas yang kini mendera Indonesia yang beriklim tropis tentu saja membuat penjualan AC laris manis dipasaran. Sayangnya harga AC tidaklah murah sehingga penggunanya hanya kalangan tertentu saja. Meskipun begitu ada pula yang membeli AC bekas yang masih baik keadaannya untuk menyejukkan ruangan.

Baca Juga:

Sumber:http://www.indianacbazaar.in

Sumber:http://www.indianacbazaar.in

Bila anda termasuk yang membeli AC second atau bekas ada baiknya mengikuti tips-tips berikut ini agar tidak mudah tertipu bujuk rayu pedagang nakal.

1. Cermati fisiknya

Langkah awal yang perlu dilakukan ketika membeli AC bekas adalah meneliti fisik atau bodi AC. Cek apakah ada yang cacat atau tidak serta pilih AC yang tidak berkarat. Pastikan pula bodi luar AC masih dapat difungsikan untuk pemasangan serta mulus.

2. Kelengkapan bagian AC

Selain mulus dan tidak berkarat anda juga perlu mengecek kelengkapan bagian AC bekas yang anda beli. Pastikan bagian AC anda memiliki sirkuit yang lengkap sehingga nyaman dan aman digunakan.

3. Berfungsi atau tidak

Setelah selesai mengecek bodi luar AC kini saatnya anda mengetes apakah AC tersebut masih bisa digunakan atau tidak. Tes AC tersebut beberapa kali untuk memastikan bahwa barang bekas yang anda beli masih layak pakai.

4. Suara

Meskipun AC mampu beroperasi dengan baik namun bila mengeluarkan suara yang aneh seperti berisik anda patut curiga. Pastikan anda menanyakan suara tersebut dan penyebab munculnya suara berisik dari AC yang akan anda beli.

5. Remote AC

Selain memeriksa AC anda juga perlu mengecek remote AC yang anda beli. Periksalah apakah remotenya masih berfungsi dengan baik atau tidak. Anda bisa mngetes remote AC ini dengan menekan tombol pada remote seperti menaikan atau menurunkan suhu pada AC.

6. Unit outdoor

Anda pasti tahu bahwa AC memiliki unit outdoor yang biasa dipasang di luar ruangan. Cobalah cek apakah kompresor masih original atau tidak, jangan lupa lihat apakah kondensornya mengalami kebocoran atau tidak. Pastikan juga transfer listrik dari unit indoor ke outdoor bisa tersambung tanpa masalah.

7. Harga

Tidak jarang penjual memberi harga yang sangat murah untuk menarik calon pembeli. Bilamana anda tidak terlalu paham masalah AC ada baiknya mengajak teman yang paham untuk mendampingi dalam berbelanja. Harga murah belum tentu murah kualitasnya sebab hal ini tergantung dari bagaimana anda pintar dalam memilih barang yang bagus. Meskipun begitu jangan mudah terpengaruh dengan harga dan buatlah keputusan berdasarkan pengamatan yang matang serta pilihan yang cerdas.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *