Tips Membuat Content Viral

Bagi anda yang memiliki blog, pebisnis online ataupun bekerja sebagai internet marketer memiliki konten viral bisa mengubah segala hal dalam dunia maya yang sedang digeluti. Tidak hanya mampu menaikan jumlah visitor tetapi berpengaruh pada traffic serta penghasilan anda jika menyisipkan iklan dalam laman anda. Dari sini tertarik untuk mencoba membuat konten viral yang mampu menarik minat netizen?.

Content Viral

Jika iya pasti anda mulai penasaran bagaimana cara untuk membuat konten viral ini? Anda tak perlu khawatir lagi sebab para peneliti telah melakukan penelitian terkait hal ini. Penasaran? Ayo simak tips – tipsnya berikut ini :

Sumber:https://digitalmarketer.id/

Sumber:https://digitalmarketer.id/

1. Angka Ganjil Jangan Sampai Ketinggalan

Berdasarkan lembaga online research conductor menyatakan bahwa bila headline atau judul anda menggunakan angka ganjil mampu menaikkan pembacanya. Lembaga ini telah meneliti 150.000 headline dan hasilnya 20 % headline dengan angka ganjil punya nilai CTR yang tinggi ketimbang angka genap.

2. Kasih Tanda Kurung

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa judul yang menggunakan tanda kurung akan meningkatkan CTR sampai 38% ketimbang judul yang tidak menggunakannya. Penggunaan tanda kurung ini akan membuat konten anda tampak professional dan tak biasa. Pernyataan inipun dibenarkan oleh Hubspot yang melakukan penelitian terkait hal ini.

3. Intro Anda Harus Menggoda

Hal yang pertama dilihat oleh netizen pada sebuah konten ialah judul. Bisa dibilang judul ini ibarat penampilan suatu konten. Penggunaan judul yang tak biasa ataupun unik bahkan menggoda pasti akan membuat pembaca penasaran. Selain itu intro anda juga harus dibuat singkat dan pandat namun atraktif. Kurangi kalimat bertele-tele yang membuat pembaca merasa bosan sebab pada dasarnya netizen hanya membaca tak lebih dari 28% dari keseluruhan konten. Penelitian yang dilakukan oleh NNGroup menyatakan 58% netizen akan lebih tertarik dengan kalimat yang lebih pendek dari pada kalimat normal umumnya.

4. URL Harus Ringkas

Hasil penelitian Marketing Sherpa mengungkap URL yang lebih ringkas mampu menarik pembaca hingga 2.5 kali dari URL panjang. URL yang pendek mampu memberikan gambaran tentang isi konten dan lebih eye catching. Selain itu juga dapat membuat keyword untuk SEO anda lebih tertarget.

5. Ampuhnya Pemberian Gambar

Pemberian gambar yang berwarna dan bersolusi tinggi juga mampu membuat konten anda menjadi viral. Gambar mampu membangun kredibilitas laman anda serta menarik pembaca dari segi visual. Gambar juga mampu memperkuat isi konten anda serta gunakan gambar yang tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil.

6. Share

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan dalam membuat konten viral yakni pentingnya tombol share kea kun media social. penempatan tombol share juga berpengaruh loh terhadap konten anda sehingga disarankan untuk meletakan tombol share secara melayang atau pada gambar yang disusun secara vertical. Hal ini membuat konten anda memiliki kesempatan sebesar 58% untuk dishare ketimbang konten yang memiliki tombol share secara horizontal.

7. Buat Konten Yang Panjang

Professor Dr. Jonah Berger mengungkap bahwa konten yang panjang memiliki kemampuan menjadi viral hingga 76.8 % ketimbang konten yang pendek. Direkomendasikan untuk membuat artikel dengan panjang rata – rata 2000 kata atau 2416 kata. Jika mampu membuat lebih panjang dari itu tentu saja akan lebih baik. Penambahan hashtag juga mampu membantu konten anda menjadi viral di dunia maya.

Bagaimana sudah paham cara membuat konten viral dari tips diatas? jika sudah segeralah membuat dan ramaikan blog atau website anda serta raup keuntungan dari antusiasme netizen.

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *