Tips Membeli Motor Bekas

Transportasi publik di Indonesia saat ini masih dalam pengembangan yang membutuhkan waktu lama dalam penyelesaiannya. Hal ini mendorong masyarakat memilih untuk menggunakan transportasi pribadi. Transportasi pribadi ini paling banyak berupa kendaraan roda dua seperti sepeda motor. Sepeda motor memiliki harga yang cukup terjangkau dan mudah dikendarai oleh hampir semua orang. bodinya yang ramping membuat kendaraan satu ini menjadi pilihan favorit dikala macet. Selain sebagai alat transportasi pribadi sepeda motor ternyata juga merupakan aset jangka panjang.

Tips Membeli Motor Bekas

Bila anda tidak memiliki uang sepeda motor bisa dijual dengan harga yang tidak begitu jauh dengan harga belinya.anda juga bisa menggunakan sepeda motor sebagai jaminan di bank atau penggadaian. Beberapa masyarakat ada pula yang memilih untuk membeli sepeda motor bekas yang harganya lebih rendah ketimbang harga produk baru. Meskipun bekas ada pula sepeda motor yang masih dalam keadaan baik sekali layaknya produk baru. Tentunya bagi anda yang masih awam dalam berbelanja sepeda motor bekas perlu menyimak tips-tips berikut agar anda tidak kecewa kedepannya.

Sumber:http://4.bp.blogspot.com

Sumber:http://4.bp.blogspot.com

Berikut tips membeli motor bekas yang bisa anda aplikasikan:

Baca Juga:

a. Body motor

Anda bisa mengecek body motor sebelum membeli apakah ada goresan atau penyok dalam bodinya. Jangan malu untuk menanyakan hal-hal yang terkait dengan motor tersebut asal tidak menyudutkan penjualnya. Lihatlah apakah suku cadang yang dipakai asli atau tidak serta pernah mengalami kecelakaan atau tidak. Cek pula speedometer pada sepeda motor yang hendak dibeli.

b. Pastikan tidak ada keretakan yang berarti pada motor yang akan anda beli.

Umumnya sepeda motor yang baik memiliki indikator lampu, penghitung jarak serta meteran bensin yang berfungsi dengan baik. Bila anda berencana membeli motor gede bekas maka periksalah apakah panelnya dilengkapi tachometer. Jangan lupa untuk menghitung kewajaran pemakaian motor yang akan anda beli. Umumya motor yang baru dipakai setahun rata-rata memiliki jarak 10.000 km.

c. Oli

Ada baiknya pula anda melihat oli motor yang akan anda beli. Lihatlah apakah terisi banyak atau tidak sebab oli yang banyak akan mampu meredam bisingnya suara motor. Oli juga berperan dalam memperlancar kerja bagian mesin sepeda motor sehingga ada baiknya anda juga kerap mengganti oli sepeda motor yang anda pakai. Jangan lupa untuk memeriksa apakah ada kebocoran yang terjadi dengan cara mengendarai motor tersebut sejauh 500 meter kemudian lihat ada tetesan oli atau bahan bakar yang tercecer di jalan atau tidak.

d. Cek listrik motor

Anda juga perlu melakukan pemeriksaan perihal kelistrikan motor dengan cara menyalakan lampu sein, lampu depan maupun lampu belakang. Jangan lupa untuk memeriksa starter motor bilamana tidak berjalan dengan baik periksalah bagian aki motor.

e. Transmisi

Bila sepeda motor yang anda beli bukanlah jenis matic maka cek perpindahan transmisi motor. Rasakan ketika anda berpindah gigi satu ke gigi lainnya terasa berat ataukah ringan. Bila transmisinya diarasa berat maka kampas koplingnya harus diganti dan rasakan pula rantai motor berdesir atau tidak.

f. Test drive

Bila semua sudah dicek maka lakukan test drive yang lebih jauh. Rasakan akselerasi saat membonceng seseorang dengan motor tersebut. pastikan semua bekerja sebagaimana mestinya dan anda juga nyaman menggunakan motor tersebut.

g. Kelengkapan surat

Setelah semua hal yang menyangkut mesin dan pengecekan fisik motor beres dalam artian tidak ada yang bermasalah maka langkah selanjutnya adalah kelengkapan surat. Periksa apakah motor tersebut memiliki surat-surat yang lengkap seperti STNK dan BPKB. Pastikan surat-surat yang ditunjukkan asli dan dapat dipertanggung jawabkan.

Langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah tawar menawar harga dengan penjual. Sebelumnya anda sudah harus mengetahui harga pasaran motor yang akan anda beli agar tidak tertipu dengan harga penjual nakal. Motor yang umumnya dikeluarkan sudah lama biasanya memiliki harga yang lebih rendah.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *