Tips Membeli Mobil Bekas

Di era yag super cepat seperti sekarang ini kebutuhan transportasi menjadi kebutuhan penting bagi setiap orang. Bukan hanya penjualan motor bahkan membuat mobil kian menarik banyak peminat. Selain mampu menampung banyak penumpang mobil juga dapat dijadika media bisnis. Anda juga dapat menggunakannya untuk membantu dalam hal saluran distribusi produk bisnis anda.

Mobil Bekas

Hal ini pula yang mendorong banyak masyarakat Indonesia untuk membeli roda transportasi jenis ini. harga mobil baru memang tidak bisa dikatakan murah sehingga mobil bekaspun juga laris manis di pasaran. Tidak banyak pula orang yang mengetahui cara memilih mobil yang layak digunakan bila membeli mobil bekas.

Sumber:http://www.hargamobiloke.com

Sumber:http://www.hargamobiloke.com

Untuk itu anda yang masih pemula dalam pembelian mobil bekas bisa menyimak beberaa tips berikut ini yang bisa membantu anda menentukan pilihan.

Baca Juga:

a. Cek fisik

Barang apapun yang anda beli tentunya harus melakukan cek fisik terlebih dahulu begitu pula jika membeli mobil bekas. Anda perlu cermat apakah mobil memiliki bodi yang mulus atau terdapat penyokan atau goresan dalam badan mobil. Tanyakan apakah pernah terjadi kecelakaan atau sebab lain yang menyebabkan mobil tersebut mengalami cacat fisik.Bila terdapat kecacatan tanyakan tentang perbaikannya juga siapa yang akan bertanggung jawab atas biaya yang ditimbulkan.

b. Cek mesin

Ketika lulus cek fisik kemudian lakukan cek mesin pada mobil tersebut. anda bisa mencoa test drive bersama penjualnya untuk melihat langsung kekurangan dan kelebihan dari mobil tersebut di lapangan. Cobalah untuk mengoper gigi bila terasa berat maka sebaiknya urungkan niat anda untuk membeli mobil itu. jangan lupa untuk melewati jalan yang kurang halus untuk mengetes ban mobilnya serta rasakan apakah mesin mobil itu terdengar haus ataukah kasar.

c. Cek aksesoris

Langkah selanjutnya anda bisa lakukan pemeriksaan aksesoris mobil yang akan anda beli. Periksa jok mobil anda dari depan hingga belakang dan lihat pelapisnya pakah masih bagus atau tidak. Coba pula nyalakan lampu sein, wiper maupun radionya pastikan aksesoris tersebut masih berfungsi dengan baik. Lihat pula kaca mobil tidak ada retakan atau goresan serta dasboard dan hazard dalam mobil itu.

d. Cek surat-suratnya

Setelah pemeriksaan terhadap fisik mobil dari dalam maupun luar telah selesai kini saatnya untuk memeriksa kelengkapan surat mobil yang akan anda beli. Pastikan bahwa mobil yang anda beli memiiki surat yang lengkap dari STNK hingga BPKB. Pastikan bahwa semua suratnya adalah asli dan sesuai yang dikatakan penjual. Anda juga bisa melakukan cek fisik di kantor samsat untuk lebih memastikan asal muasal kepemilikan mobil tersebut. Tak perlu ragu untuk melakukannya dan utarakan kepada sipenjual.

e. Cek asuransi

Mobil bekas yang baik biasanya memiliki asuransi mobil sehingga jangan malu untuk menanyakannya ke penjual. Bila anda jadi untuk membeli mobil tersebut anda bisa membalik nama asuransi mobil tersebut ke nama anda. Perkara membeli mobil bekas memang tidak mudah sebab perlu cermat dan keelitian yang tinggi. Ada baiknya bila anda juga membeli dari tempat jual beli mobil yang terpercaya seperti showroom untuk menghindari resiko penipuan. Anda juga bisa membeli dari seseorang yang anda percayai serta lakukan pemeriksaan seperti diatas agar anda lebih yakin lagi dalam menentukan pilihan.

Bila anda masih bingung untuk melakukan pemeriksaan, anda bisa mengajak seorang yang ahli di bidangnya untuk melakukan pengecekkan. Jangan lupa untuk meminta bukti pembelian mobil dan patuhi kesepakatan yang telah dilakukan.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *