Tips Membeli Kulkas Bekas

Makanan menjadi bahan penting bagi umat manusia sebagai sumber energi. Makanan yang sehat biasanya berupa bahan yang segar seperti buah-buahan maupun sayuran. Untuk menjaga bahan makanan tersebut awet tentu saja diperlukan kulkas sebagai wadahnya. Kulkas mampu membantu mengawetkan bahan makanan yang mentah maupun masakan agar awet lebih lama. Anda juga bisa membuat berbagai bahan kuliner yang menyegarkan dengan kulkas ini.

Kulkas Bekas

Hal inilah yang membuat kulkas menjadi alat yang penting terutama bagi ibu rumah tangga. Untuk kalangan pebisnis khususnya industri makanan kulkas merupakan alat yang wajib ada dalam pabrik. Tentunya alat satu ini dapat digunakan untuk menyimpan bahan makanan atau produk jadi sebelum dipasarkan ke konsumen. Harga kulkas memang cukup mahal namun anda bisa menyiasatinya dengan membeli kulkas bekas yang harganya lebih terjangkau.

Sumber: https://www.bekas.com/

Sumber: https://www.bekas.com/

Tidak perlu bingung dalam membeli kulkas bekas sebab kini ada tips dan triknya dalam membeli seperti yang ditunjukkan dalam artikel ini.

Baca Juga:

1. Fisiknya

Langkah awal yang bisa anda lakukan dalam memilih kulkas bekas yang tepat yakni melakukan pemeriksaan fisik kulkas. Lihatlah apakah kulkas memilii bodi yang baik dan tidak cacat. Jangan lupa untuk melihat fisik kulkas bagian dalam. Pastikan tidak ada keretakkan dan kulkas dalam kondisi layak digunakan. Anda bisa memilih kulkas berbahan Pre Coated Material atau biasa disingkat dengan PCM. Bahan ini dikenal tidak mudah berkarat maupun anti gores, memiliki kontur mengkilat dan sangat kuat.

2. Volume

Pastikan volume kulkas yang anda beli sesuai kebutuhan anda dan cukup dalam menempati ruangan di dapur anda. Sebenarnya untuk membeli kulkas bekas lebih baik memilih yang bervolume besar agar dapat memuat banyak bahan makanan. Tentunya anda sudah memastikan dimensi ruangan anda cukup atau tidak untuk memuat kulkas tersebut terlebih dahulu.

3. Teknologinya

Langkah selanjutnya adalah memastikan kualitas dan mutu dari kulkas yang akan anda beli. Kulkas biasanya memiliki simbol khusu dalam hal teknologi pendinginan. Simbol tersebut berupa gambar bintang di pojok kanan atas pada pintu kulkas. Bilamana tertanda 3 bintang maka kulkas tersebut bisa mencapai suhu dingin hingga -150 C. Jika terdapat 5 bintang maka kulkas tersebut dapat mencapai suhu -210 C. Fitur pendingin kulkas saat ini juga sangat canggih yakni dilengkapi dengan sistem multi air flow. Sistem ini membuat suhu dingin pada kulka terbagi merata sehingga tidak ada ruangan yang terlalu dingin dari satu sekat dengan sekat lainnya.

4. Wadah

Satu hal lagi yag perlu anda perhatikan adalah wadah kulkas yang terletak didalam kulkas. Untuk wadah telur biasanya berlubang sama dengan wadah sayuran agar tetap menjaga kesegaran bahan tersebut. Wadah untuk daging dan makanan mentah biasanya terpisah serta bagian pembuangan di belakang kulkas memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga mudah menguap. Jangan lupa cek daya listrik untuk kulkas tersebut. Alangkah baiknya bila kulkas tersebut hemat energi sehingga membuat anda berhemat biaya listri.

5. Garansi

Kulkas yang baik biasanya memiliki garansi yang resmi agar anda terhindar dari kerugian atas kerusakan kulkas tersebut di kemudian hari. Pastikan pula harga kulkas tersebut sudah sesuai dengan budget yang anda miliki. Jangan memaksakan untuk membeli kulkas melebihi dana yang anda punya. Jika anda rasa harganya terlalu tinggi cobalah menawarnya tanpa menyinggung si penjual. Jika harga tidak bisa turun maka lebih baik ari di tempat lain dan tidak perlu memaksakan kehendak anda sebab masih banyak pilihan kulkas yang bisa anda beli di tempat lainnya.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *