Tips Memajukan Usaha Kecil

Layaknya sepak bola, bisnis juga tentu saja membutuhkan sebuah strategi dalam menjalankannya. Jika tidak, bisnispun menjadi tidak tentu kemana arah dan tujuannya. Salah-salah, bisnis tersebut menjadi hancur dan mengalami kebangkrutan. Masalahpun tiba. Dari mulai hutang yang menumpuk dan harus cepat-cepat dibayarkan hingga masalah-masalah lain yang tentu akan memberatkan kedepannya. Tentu saja, strategi tersebut berlaku bagi seluruh bisnis. Baik bisnis yang masih berskala kecil hingga bisnis yang berskala besar. Kali ini, mari kita coba membuka wawasan mengenai bagaimana layaknya tips-tips mengembangkan usaha yang masih berskala kecil.

Strategi dalam mengembangkan bisnis terutama bisnis dalam skala kecil, memang harus diusahakan strateginya sesuai dengan kebutuhan/keadaan awal bisnis tersebut. Seperti misalnya darimanakah modal yang digunakan dalam bisnis tersebut. Apakah berasal dari kantong pribadi/merupakan pinjaman. Tentu saja strategi yang digunakanpun akan sedikit berbeda. Seperti misalnya jika modal yang digunakan merupakan pinjaman, maka setidaknya harus dipikirkan bagaimana cara membayar utang tersebut. Dan harus diperhatikan apakah pembayaran utang tersebut akan mengganggu biaya operasional kedepannya atau tidak. Sehingga berdampak pada strategi terhadap bisnis tersebut, misalnya waktu. Waktu yang dibutuhkan untuk pengembalian modalnya pun tentu saja menjadi lebih lama dibanding dengan bisnis yang menggunakan modal yang berasal dari kantong pribadi.

Langkah selanjutnya adalah langkah nyata dalam merencanakan strategi.Dalam menjalankan sebuah usaha sangatlah diperlukan sebuah strategi, karena dalam proses ini bertujuan untuk mempermudah Anda sekaligus membantu Anda dalam memperhitungkan anggaran-anggaran yang nantinya akan Anda keluarkan. Selain itu strategi yang Anda buat di dalam usaha Anda merupakan papan acuan untuk mengembangkan usaha Anda untuk menjadi lebih besar lagi.

Mundur satu langkah untuk bisa maju beberapa langkah merupakan langkah yang tepat dalam mengembangkan bisnis usaha kecil. Terutama bagi para pengusaha yang baru berkecimpung, dalam artian belum berpengalaman. Apalagi dalam masalah biaya. Menjadi orang yang berani memang tidak ada salahnya, namun berjaga-jaga pun menjadi pilihan yang cerdas dalam mengembangkan usaha kecil.Dalam proses mengembangkan usaha tidaklah harus mengeluarkan biaya banyak, usahakanlah Anda memulai usaha dengan biaya yang minimum, hal ini bertujuan untuk sedikit mengurangi dan menekan biaya yang ada. Tentunya dalam proses ini kreatifitas Anda sangatlah di uji dalam menciptakan ide-ide baru namun hemat biaya.

Mengenali dan mengidentifikasi pesaing yang berkeliaran di sekeliling bisnis Anda pun menjadi penting.Seperti kata pepatah mengatakan ?Tak Kenal Mangka Tak Sayang?begitu pula di dalam dunia bisnis, apabila Anda tidak mengenali lawan bisnis Anda, tentunya Anda pasti tidak mengetahui apa yang Anda harus lakukan. Karena dalam proses ini Anda akan selalu di tuntut untuk menciptakan inovasi-inovasi baru yang bertujuan untuk mengembangkan usaha Anda, agar usaha Anda dapat lebih dilirik konsumen dibandingkan produk yang lain.

Jangan lupa untuk survei harga pasaran yang sejenis dengan bisnis Anda.Dalam membangun dan mengembangkan usaha Anda tentunya Anda diwajibkan untuk mengetahui harga pasar, kenapa begitu? Karena hal ini bertujuan agar Anda dapat mengetahui harga pasar yang sebenarnya. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk berjaga-jaga apabila harga pasar mengalami penurunan ataupun kenaikan, sehingga Anda tidak salah mengambil tindakan, apabila Anda salah mengambil tindakkan tentunya bisa jadi itu adalah kesalahan fatal yang Anda lakukan, karena itu semua menyangkut kepada produk yang Anda tawarkan.

Beriklanlah. Beriklan bisa jadi merupakan investasi jangka panjang jika dikelola dengan baik. Jangan takut untuk beriklan. Jika biaya adalah kendalanya, banyak media yang bisa membantu Anda dalam beriklan. Seperti internet. Dan diakui oleh beberapa pengusaha lainnya bahwa beriklan melalui internet juga mempengaruhi penjualan.

|

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *