Tips Liburan Murah ke Singapura

Liburan ke Singapura kini bukan lagi impian. Dulu memang berlibur ke Singapura selalu diidentikkan dengan kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang kaya yang bisa menghabiskan belasan hingga puluhan juta tiap kali pergi ke negara yang terkenal tertib ini. Namun sekarang, seiring berkembangnya model backpacker dalam kegiatan traveling, berlibur ke Singapura menjadi semakin terjangkau. Bahkan, harganya bisa dikatakan lebih murah dibandingkan dengan ketika kita liburan ke pelosok-pelosok di Indonesia.

Pada artikel ini kami akan membagikan beberapa tips yang bisa anda pertimbangkan untuk memulai liburan dengan murah ke Singapura. Tentu saja anda akan membutuhkan tips ini karena ketika kita bisa menghemat pengeluaran dalam liburan, akan ada sisa uang yang lebih banyak untuk bisa diinvestasikan.

Rencanakan dengan matang

Sama halnya dengan segala hal besar yang akan kita kerjakan, kita harus merencanakan hal tersebut jauh-jauh hari. Mengapa? Dengan merencanakan dalam waktu yang panjang ini kita bisa mencari tiket penerbangan yang paling murah. Kini maskapai penerbangan sudah sering menerbitkan tiket promo yang biasanya dijual setahun sebelum keberangkatan. Harga tiket Jakarta-Singapura saat ini ada yang Rp500 ribu (promo) hingga Rp2 juta. Jika kita merencanakan jauh-jauh hari, ada kemungkinan akan mendapatkan tiket yang lebih murah lagi untuk menekan pengeluaran kita.

Merencanakan jauh-jauh hari juga akan membuat anda lebih mudah untuk mengatur libur atau ijin cuti anda. Seringkali memang para pegawai kantoran mengalami hambatan untuk traveling ke negara lain karena masalah cuti yang tidak bisa dilakukan secara mendadak. Jangan lupa rencakan juga tempat-tempat mana saja yang akan anda kunjungi. Hal ini sangat membantu supaya ketika sampai di bandara tujuan anda tidak lagi bingung akan melangkah ke mana untuk pertama kali.

Baca Juga:

Menginaplah di hostel

Memilih untuk menginap dengan murah murah di hostel adalah pilihan yang menarik. Mengapa? Jelas karena anda akan mengeluarkan tarif menginap yang lebih rendah dibandingkan anda menginap di hotel. Beberapa sumber menyebutkan tarif menginap di hostel cukup bervariasi antara 20 hingga 90 Dollar Singapura, atau sekitar Rp150 ribu?p 900 ribu. Namun ada kekurangan yang anda dapatkan ketika menginap di hostel. Biasanya makin banyak tempat tidur yang ada dalam satu ruangan tersebut, harganya akan semakin murah. Inilah kekurangannya, dengan harga yang murah itu anda tidak akan bisa mendapatkan ruang yang privat. Barangkali anda yang berlibur dengan pasangan anda akan membutuhkan ruang privat untuk mendiskusikan perjalanan selanjutnya.

Satu keuntungan lagi yang bisa anda dapatkan ketika memilih menginap di hostel, selain harga yang relatif murah, adalah anda bisa bertemu dengan traveller lain. Hal ini cukup penting dalam sebuah pengalaman travelling yang anda lakukan. Anda bisa menambah jaringan perkenalan dengan orang dari negara lain, yang mungkin akan berguna dalam liburan-liburan anda yang berikutnya. Atau anda juga bisa sekadar bertanya rencana-rencana mereka, barangkali mereka punya rencana atau rekomendasi tempat bagus yang luput dari riset awal anda dalam tahap perencanaan tadi.

Sebisa mungkin berjalan kaki

Ketika anda berwisata di tempat yang dekat, mungkin anda harus menyiapkan kaki anda untuk berjalan lebih jauh. Barangkali penghematan ongkos bukan satu-satunya alasan mengapa anda perlu berjalan kaki ketika berwisata ke Singapura. Alasan lain adalah Singapura adalah negara yang ramah terhadap pejalan kaki. Hal ini mungkin tidak akan anda dapatkan di kota-kota besar di Indonesia yang ramai dipenuhi oleh kendaraan bermotor yang bikin macet dan polusi di mana-mana. Mulai dari Raffles Landing Site (tempat pertama kali Sir Stamford Raffles mendarat di Singapura tahun 1819), Asian Civilisations Museum, Esplanade Park, terus sampai melewati beberapa monumen bersejarah, sampai Old Parliament House. Semuanya bisa dicapai dengan berjalan kaki. Jalanan di Singapura memang terkenal bersih dan nyaman. Hampir pasti anda tidak akan menemukan trotoar yang pecah-pecah dan becek diisi air yang entah sudah berapa hari menggenang di sana.

Menggunakan kartu EZ Link Card

Ketika tempat-tempat yang anda kunjungi relatif dekat, memang sangat disarankan untuk berjalan kaki saja. Namun ketika jaraknya cukup jauh, Singapura menyediakan sistem transportasi yang sangat membantu anda untuk mencapai lokasi tersebut. Pertama-tama anda perlu membuat kartu EZ Link Card (Kamu bisa membelinya di Ticket Office). Harganya adalah 12$ (5$ sebagai harga kartu, dan 7$ sebagai nilai kartu) kartu ini semacam kartu pengganti uang dalam mengakses MRT, jangka waktu berlaku kartu ini adalah 5 tahun, dan selama 5 tahun kartu ini bisa di isi terus, jadi setiap kali kamu naik MRT selama kamu masih memiliki nilai kartu, kamu tidak perlu membelinya lagi, dan ketika nilai kartu habis, kamu bisa melakukan top up di ticket machine. Untuk transportasi, Singapore memiliki MRT, Bis, Monorail yang mudah diakses dan menghubungkan berbagai kota dan tempat wisata. Untuk menggunakan transportasi tersebut, travelers bisa membeli kartu EZ link, harga 15 SGD dengan isi 10 SGD.

Menaati jadwal yang dibuat sendiri

Akan lebih mudah ketika liburan kita menggunakan jasa wisata. Kita bisa memilih sendiri paket liburan mana yang sesuai dengan anggaran liburan kita, tempat-tempat mana yang akan dikunjungi, dan semuanya tinggal beres dilakukan oleh perusahaan perjalanan tersebut. Tetapi tentu hal ini akan membuat biaya liburan anda ke Singapura akan menjadi lebih mahal, jelas bukan hal yang disarankan dalam artikel ini. Anda disarankan untuk melakukan semua sendiri, termasuk membuat jadwal yang matang akan ke mana saja selama beberapa hari di Singapura.

Selain itu anda juga harus berdisiplin dengan jadwal yang anda buat sendiri. Ketika anda membutuhkan biaya yang murah untuk liburan, jangan pernah bermain-main soal waktu. Di Indonesia sendiri mungkin waktu akan terasa longgar, tetapi ketika kita berada di negara orang, anda benar-benar harus disiplin terhadap waktu. Sekali saja kita terlambat naik pesawat atau kapal cepat, kita akan kehilangan uang atau tiket murah yang kita dapatkan jauh-jauh hari. Barangkali memang ada keberangkatan berikutnya yang akan membawa kita kembali, tapi dipastikan memiliki harga berlipat-lipat dibandingkan dengan tiket promo yang anda dapatkan di awal.

Membawa botol minum kosong

Singapura terkenal dengan biaya hidup yang relatif mahal untuk orang Indonesia kebanyakan, terutama bagi yang ingin melakukan backpacking. Misalnya, harga air mineral di Singapura bisa mencapai delapan hingga sepuluh kali lipat dibandingkan di Indonesia, padahal mereknya sama. Untungnya, di beberapa tempat umum disediakan free drinking water. Untuk menghemat pengeluaran membeli air minum mineral itu anda bisa membawa botol minum kosong untuk kemudian diisi di tempat-tempat pengisian itu.

Untuk tempat makan, beberapa sumber menyarankan untuk membeli makan yang murah di foodcourt mall, restoranfast food,atau makanan pinggir jalan. Sangat disarankan untuk menghindari restoran, karena harganya bisa mencapai tiga kali lipat dari harga normal.

Pilih terbang ke Batam dulu

Bila anda dari Jakarta, ada 2 jalur untuk sampai ke Singapura. Pertama langsung terbang ke Singapura lewat bandara Changi. Sedangkan pilihan kedua, anda bisa ke Batam terlebih dahulu. Untuk jalur terakhir ini diyakini lebih murah dan merupakan jalur utama bagi para backpacker. Perjalanan terbang dari Jakarta menuju Batam paling tidak butuh waktu 1.5 hingga dua jam. Setelah sampai di Batam, beberapa sumber menyarankan kita untuk membeli tiket kapal laut di bandara karena memiliki harga yang lebih murah. Ada banyak pilihan kapal cepat yang melayani rute Batam-Singapura, begitu juga dengan tempat keberangkatan baik di Batam maupun Singapuranya. Rata-rata harga tiket kapal cepat itu sekitar 40 SGD hingga 55 SGD, atau sekitar Rp 372 ribu hingga Rp 510 ribu. Ini merupakan alternatif dari penerbangan langsung ke Singapura yang barangkali membutuhkan harga tiket lebih mahal. Jalurnya akan terasa lebih panjang, tetapi akan menghadirkan pengalaman baru bagi anda.

Nah, itu tadi beberapa tips liburan murah ke Singapura. Paling tidak sediakan waktu dan dana yang cukup sebelum memutuskan berlibur. Berlibur ke Singapura selain akan merefreshkan pikiran kita dari rutinitas juga akan memberikan pengalaman menarik yang akan memperkaya wawasan anda. Selamat merencanakan liburan!