Tips Jitu Memilih Asuransi Kesehatan Yang Baik

Kesehatan merupakan sesuatu yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Namun terkadang, tidak sedikit pula masyarakat yang tidak memperdulikan jaminan kesehatannya. Mengingat tidak ada yang bisa memprediksi kapan penyakit akan datang. Ditambah lagi biaya kesehatan rumah sakit yang semakin tahun semakin mahal. Sehinga anda perlu mempersiapkan asuransi kesehatan secara baik.

Asuransi Kesehatan

Perusahaan asuransi dan jenis asuransi di Indonesia sendiri sangat banyak. Hal ini terkadang membuat para nasabah bingung memilih jenis asuransi yang memberikan banyak keuntungan. Tidak semua asuransi memberikan keuntungan kepada kita. Nah, berikut beberapa tips jitu memilih asuransi kesehatan yang baik :

Sumber: http://ikawulandari.com/

Sumber: http://ikawulandari.com/

1. Ketahui Jenis Produk Asuransi Kesehatan Yang Ditawarkan

Secara umum ada dua jenis produk asuransi yang biasa ditawarkan oleh perusahaan asuransi kesehatan, yakni hospital benefit dan hospital plan. Jenis asuransi kesehatan hospital benefit memberikan pergantian biaya secara terinci atas berbagai biaya yang dikeluarkan selama pengobatan. Menggunakan sistem klaim cashless, sehingga pengobatan rumah sakit biasanya dibayarkan dengan menggesek kartu asuransi kesehatan. Untuk jenis asuransi kesehatan hospital cash plan hanya memberikan pergantian sesuai perjanjian di awal kontrak. Misalkan pada perjanjian awal pergantian hanya Rp 800,000,- per hari, maka jika ada tambahan biaya lainnya perusahaan tidak akan memberikan dana tambahan. Jenis sistem klaim asuransi pun menggunakan reimbursement yakni nasabah membayar biaya pengobatan terlebih dahulu sebelum nantinya diganti oleh perusahaan asuransi setelah mengisi form pengajuan reimbursement.

2. Pilih Asuransi Kesehatan Murni

Bagi anda yang menginginkan asuransi kesehatan lengkap namun anggaran terbatas, anda bisa memilih jenis asuransi kesehatan murni yang berdiri sendiri. Karena biaya premi asuransi kesehatan murni relative lebih rendah dibanding asuransi plus investasi.

3. Prilih Premi Sesuai Keuangan

Pastikan untuk memilih premi sesuai kondisi keuangan anda. Premi murah serta tanggungan lengkap merupakan idaman para nasabah. Namun, nyatanya semakin lengkap tanggungan biaya, premi yang harus dibayarkanpun semakin mahal. Jadi yang harus anda lakukan adalah memilih tanggungan sesuai kebutuhan dan kondisi keuangan. Jangan sampai karena membayar premi yang terlalu tinggi malah membuat kondisi financial anda terganggu.

4. Pilih Asuransi Sesuai Kebutuhan Anda

Banyaknya produk asuransi kesehatan terkadang membuat anda bingung, sehingga bisa saja produk asuransi yang anda pilih tidak sesuai. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya anda mengetahui riwayat kesehatan anda. Dengan begitu anda bisa mengumpulkan data mengenai jenis pengobatan dan kisaran biaya yang dibutuhkan. Sehingga anda dapat memilih asuransi sesuai kebutuhan.

5. Ketahui Rumah Sakit Yang Bekerja Sama Dan Jenis Perawatan

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan dalam memilih perusahaan asuransi kesehatan adalah rumah sakit mana saja yang dapat menerima klaim dari perusahaan asuransi anda. Ada baiknya anda memilih perusahaan asuransi yang dapat menerima klaim dari semua rumah sakit. Namun jikapun tidak, anda bisa memilih rumah sakit yang berada disekitar kota tempat tinggal anda. Untuk jenis perawatan, secara umum perusahaan asuransi memberikan dua jenis perawatan, yakni rawat jalan dan rawat inap. Namun, tidak sedikip pula perusahaan yang mau menanggung biaya pengobatan lainnya, seperti perawatan gigi, persalinan, dan sebagainya.

6. Lihat Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Anda perlu mengetahui kredibilitas perusahaan asuransi dengan begitu anda dapat mengetahui secara jelas bagaimana perusahaan tersebut memberikan pelayanan kepada nasabah. Mengingat asuransi merupakan produk jangka panjang. Sehingga jangan sampai anda hanya tergiur dengan beberapa kemudahan diawal, namun memberikan kerugian nantinya. Setiap perusahaan memang memberikan jenis perawatan, premi, serta pertanggungan yang berbeda. Pastikan anda mengatahui semua informasi yang tercantum dalam polis.

7. Bandingkan Dengan Produk Asuransi Perusahaan Lain

Jika anda lihat jumlah perusahaan asuransi sangat banyak dengan berbagai produk dan penawaran. Dengan begitu anda dapat memilih dan membandingkan dari berbagai perusahaan asuransi yang ada. Beberapa hal yang harus anda bandingkan adalah premi bulanan, jenis perawatan, jenis tanggungan, sistem klaim, provider, rumah sakit yang bekerja sama, dan lain sebagainya.

8. Hindari Mengambil Asuransi Dari Tele-marketing

Usahakan untuk tidak mengambil asuransi melalui tele-marketing atau telepon. Karena dengan sistem telpon semua produk asuransi, pelayanan, premi dan ketentuan-ketentuan lainnya tidak bisa dijelaskan dengan terperinci. Jika anda memang berniat mengambil asuransi, lebih baik anda berkunjung ke perusahaan asuransi dan bertatap muka secara langsung. Dengan begitu anda dapat mengetahui rincian produk asuransi secara lengkap dan jelas.

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *