Tips Cerdas Menyelesaikan Hutang

Kebutuhan yang mendesak dan bisa dikatakan gampangnya mendapat pinjaman dizaman seperti sekarang ini, membuat beberapa orang atau bahkan kebanyakan orang kemudian memberanikan diri untuk berhutang. Hutang memang sangat bermanfaat apabila kita dapat mengaturnya sebaik mungkin. Dengan kata lain, hutang harusnya meringankan beban kita, jadi jangan sampai kita malah menjadi terlilit oleh hutang-hutang yang diambil.

Nah, ketika persoalan seperti hutang yang menumpuk tersebut terjadi, apa yang harus dilakukan? Berikut beberapa tips cerdas yang bisa Anda jadikan referensi sebagai salah satu modal kekuatan agar hutang Anda selesai.

Langkah paling pertama adalah membulatkan tekad untuk serius membayar hutang-hutang Anda. Seriuslah! Hal ini tidak akan ada gunanya jika anda memutuskan untuk melunasi hutang Anda akan tetapi Anda sendiri tidak serius tentang hal itu. Pikirkan kembali saat-saat dalam hidup Anda ketika Anda telah memutuskan untuk mengambil sesuatu yang anda inginkan dan Anda mungkin berhasil hanya setelah Anda membuat keputusan sadar untuk melakukannya secara serius. Anda akan dapat melunasi hutang Anda lebih cepat bila Anda serius tentang hal itu.

Kemudian, langkah selanjutnya adalah menginventarisir utang-utang yang Anda miliki. Menginventarisir utang-utang, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Dari mulai mengurut hutang berdasarkan urgensi atau dalam hal ini mana yang harus didahulukan untuk dibayar, atau dari mulai hutang yang terbesar hingga hutang dengan jumlah paling kecil atau bisa dengan cara lainnya. Inventarisir hutang Anda sesuai dengan kebutuhan dan keadaan hutang yang Anda miliki.

Berhenti menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak perlu. Alih-alih makan di luar, bungkus makan siang Anda. Alih-alih berhenti untuk minum kopi, bawa minuman Anda sendiri di rumah. Setiap uang yang Anda simpan, sisakan untuk hutang Anda. Semakin banyak uang yang anda harus sisakan terhadap hutang Anda, semakin cepat akan lunas. Singkatnya, jadikan hidup anda lebih berarti.

Gunakan sebagian dari tabungan Anda. Jika Anda merasa nyaman dengan ide ini, ambilah sebagian uang dari rekening tabungan Anda dan bayarkan sebagian hutang Anda. Pastikan Anda masih meninggalkan cukup uang di rekening tabungan Anda untuk keadaan darurat lainnya, ketimbang anda menumpuk bunga hutang anda.

Potonglah kartu kredit Anda. Anda meminta masalah jika Anda tetap menggunakan kartu kredit Anda saat Anda sedang aktif berusaha untuk melunasinya. Ini lebih baik untuk berhenti menggunakan kartu kredituntuk beberapa alasan: Anda tidak akan menambahkan lebih banyak uang untuk hutang, dan Anda benar-benar akan menyaksikan saldo Anda menurun. Melihat penurunan keseimbangan dapat membantu Anda tetap termotivasi. Berhati-hatilah membatalkan kartu kredit karena dapat mempengaruhi skor kredit Anda. Anda tidak perlu membatalkan kartu Anda untuk memotong mereka dan berhenti menggunakan mereka.

Dapatkan pekerjaan lain. Temukan cara untuk membawa beberapa uang tambahan, dan menempatkan semua uang ekstra langsung ke hutang Anda. Pastikan pekerjaan tambahan Anda sepadan dengan usaha anda, cobalah cari pekerjaan apa saja yang pentinh halal dan bisa membantu anda melunasi hutang-hutang anda, coba cari di internet pekerjaan-pekerjaan paruh waktu yang bisa di jalankan secara online, saat ini banyak sekali program dan bisnis online yg bisa anda coba, cari yang benar-benar terbukti.

Pastikan orang lain ikut berpartisipasi. Jika Anda berbagi keuangan Anda dengan pasangan (istri/suami) atau orang lain, maka Anda harus memastikan bahwa setiap orang yang terlibat bersedia membuat pengorbanan yang diperlukan agar hutangnya bisa cepat lunas. Jika semua orang bisa ikut berpartisipasi maka hutang akan dibayar lebih cepat dari pada jika satu orang, aturlah agar pasangan anda paham sehingga anda akan lebih mudah membayar tagihan anda, dibanding jika pasangan anda hanya ingin berbelanja.

Konsolidasi. Anda mungkin dapat menyimpan cukup sedikit uang dalam bunga dan mendapatkan utang Anda lunas lebih cepat jika Anda menggabungkan semua account Anda ke dalam satu rekening dengan bunga rendah. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah melalui transfer saldo 0%. Anda mungkin dapat menyimpan ratusan atau bahkan ribuan, tergantung pada situasi Anda.

Jual beberapa barang. Dengan melakukan lelang secara online (tokobagus.com) dari barang-barang tua dan kuno ataupun klasik dan antik yang ada di garasi anda, carilah sebanyak mungkin barang-barang yang tidak Anda butuhkan atau inginkan lagi. Ambil keuntungan dari penjualan Anda dan meletakkannya tepat untuk hutang Anda. Anda akan mendapatkan hutang anda lunas lebih cepat dan Anda tidak akan harus berurusan dengan kekacauan dan kelebihan barang dalam rumah Anda.

Secara berkala mengevaluasi kembali. Ketika saldo Anda mulai berkurang, secara berkala lihatlah gambaran yang lebih besar dan lihatlah apakah ada sesuatu yang harus anda kerjakan untuk mendapatkan semuanya terbayar bahkan lebih cepat. Jika sesuatu tidak bekerja, maka cobalah untuk mengubahnya.

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *