Tips Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit terkadang menjadi momok bagi sebagian besar orang ketika tidak tahu cara menggunakannya dengan bijak. Agar dapat menggunakannya secara bijak dan kartu kredit bekerja sesuai dengan fungsinya yaitu membantu memberikan kemudahan bagi penggunanya terutama dalam hal finansial. Perhatikan beberapa hal berikut ini agar Anda bisa jadi pengguna kartu kredit yang bijaksana.

Usahakan untuk memiliki satu kartu kredit saja

Sebenarnya, tidak ada yang bisa dibanggakan dari memiliki kartu kredit. Karena esensi dari kartu kredit adalah seperti memberi jalan untuk kita agar berhutang. Namun seperti yang kita tahu kalau berhutang itu harus dibayar. Jika tidak bijak, pengguna kartu kredit seakan-akan diberi kemudahan untuk memiliki sifat konsumtif sehingga gaya hidupnya tidak lebih dari gali lubang tutup lubang. Apalagi jika memiliki lebih dari satu kartu kredit. Usahakan untuk menggunakan satu kartu kredit saja. Agar Anda juga bisa membatasi diri Anda dari sifat konsumtif yang terkadang tidak disadari. Jangan khawatir dengan jumlah limit yang Anda miliki karena jumlah kartu kredit hanya satu. Jika penggunaan Anda bijak, bank-pun akan menawari Anda untuk menaikkan limit kartu kredit jika memang dirasa kurang. Fokus pada satu kartu kredit dirasa akan memudahkan Anda salah satunya dari iuran tahunan yang terkadang menjebak.

Sesuaikan dengan kemampuan membayar Anda

Jangan terima tawaran untuk meningkatkan limit Anda jika ternyata setelah diperhitungkan tidak akan sesuai dengan kemampuan Anda, atau dalam hal ini tidak sesuai dengan gaji yang Anda terima. Setidaknya, dengan limit yang terbatas Anda dapat menahan diri Anda dari sifat konsumtif yang terkadang tidak bisa dihindari. Hal tersebut akan membantu Anda terhindar dari kebiasaan ‘berhutang’ apalagi jika ternyata hutang tersebut akan sulit dibayar nantinya dengan penghasilan yang pas-pasan tiap bulannya.

Bayar Tagihan Tepat Waktu

Membayar tagihan tepat waktu apapun produk perbankan-nya atau dalam hal ini kartu kredit tentu akan membuat track record credit Anda baik dan jika suatu saat Anda membutuhkan dana untuk usaha, bank tidak akan segan memberikannya pada Anda setelah melihat track record kartu kredit Anda yang dibayar dengan sebaik mungkin. Ingatlah bahwa kartu kredit bukanlah uang tapi hanya sebagai pinjaman. Menggunakan kartu kredit, berarti Anda telah siap membayar tagihan tiap bulannya. Tanamkan kesadaran itu, jangan sampai Anda lalai membayar tagihan bulanannya. Karena semakin lalai Anda membayar, maka semakin tinggi bunga yang menjadi tanggungan Anda.

Status Pendapatan

Pastikan juga bahwa pendapatan Anda perbulannya dapat memenuhi kebutuhan Anda. Usahakan untuk mendapat penghasilan tetap atau lebih bagus semakin bulan semakin tinggi. Kartu kredit sangat riskan digunakan oleh Anda yang penghasilannya tidak menentu, apalagi cenderung mengalami penurunan dari besaran pada saat Anda mendaftar kartu kredit. Kedepannya, Anda dengan penghasilan yang tidak tetap atau cendrung menurun akan merasa kesulitan melunasi tagihan-tagihan kartu kredit yang nilai bunganya cukup tinggi.

Segera Laporkan Jika Kartu Kredit Anda Hilang

Jangan santai ketika kartu kredit Anda hilang. Tidak seperti kartu debit yang membutuhkan PIN dalam setiap transaksinya, kartu kredit ini cenderung bisa digunakan siapa saja apalagi tidak semua merchant meminta kartu identitas saat menggunakan kartu kredit. Maka dari itu, sangat berbahaya jika Anda kehilangan kartu kredit lalu tidak segera melapor karena Anda pada akhirnya akan menerima tagihan padahal tidak menggunakannya.

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *