Tips Beralih Profesi Pekerjaan

Rutinitas sehari-hari yang dijalani, dimana biasanya rutinitas itu pasti berisi kegiatan yang sama terkadang membuat beberapa atau bahkan kebanyakan orang menjadi bosan.isa jadi sudah bosan dengan pekerjaan yang sedang dijalani dan berencana alih profesi, maka perlu persiapan yang matang sebelum semua ini dilakukan. Apalagi 100 persen pekerjaan yang akan dituju berbeda dengan yang dilakukan saat ini. Jelas akan membutuhkan perencanaan yang strategis, agar tidak mengalami kegagalan di pekerjaan yang baru.

Memang ganti pekerjaan sama saja dengan mengambil langkah mundur dalam berkarir. Semuanya akan dimulai dari nol, dan bisa saja mengalami kegagalan atau membutuhkan waktu yang lama untuk kembali sukses. Apalagi sulit sekali mencari pekerjaan saat ini, bisa jadi seperti melakukan bunuh diri jadinya.Berniat untuk ?anting setir? alih profesi, atau bidang pekerjaan lain? Tunggu dulu, sebelum Anda mengambil keputusan penting ini, baiknya pikirkan masak-masak. Jangan sampai niat mulia Anda malah justru mencelakakan perjalanan karir Anda.Keluar dari zona nyaman memang bukanlah hal yang mudah, namun bukan juga sebuah hal yang mengerikan, bila Anda mau mematuhi rambu-rambunya. Ada dua aturan penting yang harus Anda patuhi saat memilih untuk ?anting setir?agar tidak terjadi sebuah tabrakan maut. Mau tahu apa?Keep reading it!

Persiapkan skill atau ketrampilan

Di pekerjaan yang baru, jelas tanpa pengalaman dan membutuhkan skill atau ketrampilan yang sesuai, maka perlu persiapan sebelumnya. Bisa saja mengambil kursus singkat saat masih bekerja di tempat lama, banyak lembaga yang memberikan skill atau ketrampilan untuk jangka pendek, seperti 3-6 bulan dengan ketrampilan kerja untuk pemula. Biasanya mereka bekerja sama dengan sebuah perusahaan yang sudah mapan, maka ini bisa dimanfaatkan.Memang biayanya tidak sedikit, tapi cukup berharga untuk menjadi langkah awal alih profesi. Jangan segan untuk bekerja keras, biasanya pulang kerja sudah capek, tapi harus masuk kelas dan belajar lagi. Namun ini sangat berguna bagi persiapan menuju ke pekerjaan yang diinginkan. Ingat disini pentingnya meminimalkan waktu yang terbuang, karena memang alih profesi adalah langkah mundur dalam karir dan mengambil banyak waktu dalam hidup

Dapatkan pengalaman singkat tapi berharga

Memang tidak mudah mencari pengalaman kerja bila tidak punya pengalaman. Biasanya perusahaan akan enggan mempekerjakan orang yang tidak punya pengalaman. Namun ada beberapa perusahaan yang mau memberi kesempatan untuk magang, inilah yang bisa diambil sebagai kesempatan untuk menambah pengalaman.Juga ada banyak perusahaan kecil yang dengan senang hati menerima tenaga magang tanpa dibayar, apalagi dengan memberi bantuan keuangan. Memang inilah jalan terbaik untuk menambah pengalaman kerja atau mengikuti ritme dari pekerjaan baru yang akan dituju. Minimal masa orientasi pada pekerjaan baru nantinya bisa diperpendek akan semakin baik.

Memasuki jaringan pekerjaan yang baru

Saat mau masuk ke lingkungan pekerjaan yang baru, coba tunjukan rasa tertarik dan masukan secara gratis. Bisa jadi mereka akan menerima dan memberi kesempatan, meskipun tanpa pengalaman. Mereka biasanya akan tertarik dengan yang sama dengan mereka, maka disini pentingnya membaur dan bisa mengikuti ritme mereka.Disini pentingnya mengikuti komunitas, seminar yang sesuai dengan profesi yang akan dituju. Bergabung di jaringan atau lingkaran mereka akan memudahkan dalam memasuki profesi yang akan dijalani. Semua akan memakan waktu dan tidak ada batas yang pasti, serta tidak menjamin akan sukses di profesi yang baru.

Jangan Mengeluh.

Sebab, mengeluh tidak akan membuat proses adaptasi jadi lebih ringan, malah akan membuat terasa lebih berat. Boleh jadi Anda memang kurang menikmati proses peralihan ini, tapi dengan mengeluh justru makin menegaskan kalu Anda tidak suka dan tidak akan pernah suka sampai kapanpun. Tak mau kan merasa tidakenjoydi tempat kerja berlarut-larut? Ingat, Anda akan menghabiskan separuh dari hari-hari Anda atau bahkan lebih di tempat kerja.

Jika memang akhirnya Anda tidak tahan untuk mengeluarkan segala unek-unek tersebut, luangkanlah waktu di akhir pekan untuk sekedar berbincang dengan saudara, pasangan atau sahabat sambil minum kopi dicoffee shop. Lalu, ceritakanlah masalah Anda pada mereka. Tapi ingat, sekedar cerita! Jangan mengeluh, apalagi hingga berlebihan, karena itu justru membuat orang yang mendengarkan keluhan Anda merasa muak dan tak akan memberi solusi yang baik. Ceritakanlah secara perlahan dan biarkan mereka memberikan pendapat, saran atau masukan terhadap persoalan Anda. Sebagai orang terdekat dalam hidup Anda, pasti mereka tahu betul karakter Anda dan bisa memberikan pilihan-pihan menarik.

No Comparing

Yes, mungkin memang benar lingkungan pekerjaan Anda terdahulu lebih nyaman, bos yang lebih enak untuk diajak bicara dan teman-teman kerja yang lebih ramah. Tapi jangan pernah Anda berusaha untuk membandingkan kedua hal yang sebenarnya memang tidak boleh dibanding-bandingkan, dan jika dilakukan, ini akan menjadi kesalahan fatal buat Anda. Nikmati saja proses yang sedang atau akan Anda jalani. Toh ini pilihan yang Anda buat, bukan? Jadi untuk apa disesali? Sebenarnya sah-sah saja membandingkan sebuah hal, tapi diusahakan hanya yang sifatnya positif saja, seperti gaji Anda yang lebih tinggi dibanding pekerjaan sebelumnya, karir Anda akan lebih berkembang di bidang atau tempat kerja baru, fasilitas kantor yang lebih memadai, lingkungan kantor yang lebih enak dipandang mata, gadis-gadisnya yang lebih cantik, atau mungkin AC-nya yang lebih dingin. Intinya, pikirkanlah hal-hal yang bisa memicu semangat kerja Anda jadi lebih tinggi.

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *