Tips belanja hemat untuk ibu-ibu

Seorang ibu rumah tangga berperan penting dalam mengelola keuangan dan mengurus keluarga. Salah satu tugas penting tersebut adalah belanja bulanan untuk memenuhi kebutuhan satu keluarga. Jika ibu boros maka akan mempengaruhi kesehatan keuangan keluarga, namun jika terlalu hemat maka keluarga tidak akan senang dan untuk anak akan terhambat perkembangannya. Bagi ibu-ibu yang peduli cara menghemat ketika berbelanja, berikut adalah tips-tips nya:

  • Usahakan belanja sejarang mungkin dalam 1 bulan. Semakin jarang anda belanja akan semakin baik, karena ketika seseorang pergi berbelanja banyak sekali godaan agar memberli barang-barang yang sebenarnya tidak digunakan.
  • Sebelum berbelanja siapakan terlebih dahulu list item yang akan dibeli dan ketika sedang berbelanja hanya membeli apa yang benar ingin dibeli.
  • Berbelanja di Hypermarket (Hypermart, Carrefour) dan bukan di supermarket (superindo, Giant) atau bahkan minimarket (Alfamart, Indomart). Harga di Hypermarket umumnya lebih murah dibandingkan dengan harga di supermarket, dan harga di supermarket umumnya akan lebih murah di bandingkan dengan minimarket. Hypermarket dengan pembeliannya yang besar, mereka dapat menekan harga.
  • Rajin membandingkan harga antara satu merek dengan merek yang lainnya atau membandingkan harga satuan dari beberapa jenis produk. Misalnya antara kopi 10 sachet dengan kopi 5 sachet dari merek yang sama, perlu dihitung harga per sachetnya, karena kadang yang 5 sachet walaupun hanya membeli sedikit harganya bisa lebih murah daripada yang membeli lebih banyak.
  • Jangan berbelanja ketika sedang lapar karena semakin lapar maka akan semakin banyak yang dibeli.
  • Sedapat mungkin membeli private label yaitu merek yang di miliki oleh tempat kita belanja. Produk private label umumnya lebih murah karena tidak dibutuhkan biaya promosi.
Private label lebih murah

Private label lebih murah

  • Melakukan pencatatan belanja sehingga bisa direview tiap akhir bulan. Misalnya apakah ditemukan pembelian-pembelian yang tidak direncanakan.
  • Jika memungkinkan membeli dalam jumlah banyak, contohnya daripada membeli beberapa susu UHT 200ml, lebih baik langsung membeli 1 karton yang berisi 30 karena harganya lebih murah.
1 karton

Beli 1 karton lebih murah

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *