Tips Agar Bagasi Tak Hilang di Pesawat

Ketika anda sedang bepergian menggunakan pesawat, seringkali anda khawatir akan risiko kehilangan bagasi. Tentu saja ini menjadi momok yang sangat menakutkan bagi anda, terutama bila tujuan anda sangat jauh dan anda membawa barang-barang penting di dalam bagasi tersebut. Tanpa bermaksud merendahkan kualitas maskapai penerbangan di Indonesia, kenyataannya hal ini beberapa kali terjadi. Bagaimanapun, barang bawaan penumpang yang banyak memang membutuhkan manajemen yang tepat agar barang tersebut tidak hilang dan dapat diambil dengan utuh dan aman oleh penumpang pesawat.

Nah, kali ini kami akan membagikan beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengurangi risiko kehilangan bagasi tersebut. Sekali lagi, tidak ada yang dapat menjamin risiko benar-benar hilang ketika anda sudah melakukan langkah-langkah ini. Namun setidaknya anda sudah melakukan tindakan pencegahan yang penting untuk dilakukan.

Datang lebih awal

Tampaknya tidak sulit untuk melakukan tindakan pertama ini, tetapi nyatanya ini adalah tindakan pencegahan paling awal yang bisa anda lakukan. Banyak maskapai merekomendasikan para penumpang untuk tiba di bandara setidaknya satu jam sebelum keberangkatan. Waktu tersebut membuat barang bawaan Anda memiliki waktu lebih untuk tahapan screening. Sebelum menaruh tas ke ban berjalan saat check-in, pastikan label rute pada tas sudah benar menuju tujuan akhir perjalanan Anda. Saat check-in pada penerbangan pertama, tanyakan pada pihak maskapai apakah bagasi Anda akan dipindahkan secara otomatis ke pesawat selanjutnya atau Anda sendiri yang harus memindahkannya. Jika tidak, bertanggung jawablah untuk untuk mendapatkan kembali bagasi Anda dari klaim bagasi hingga melakukan pengecekan kembali yang tentunya memakan waktu singgah lebih lama.

Memotret koper dan barang anda

Anda sangat disarankan untuk memotret koper dan beberapa barang di dalamnya. Tujuannya tak lain adalah mendokumentasikan barang-barang anda untuk jaga-jaga ketika terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan. Pendokumentasian ini akan sangat membantu ketika seandainya tas anda hilang dengan cara apapun. Anda bisa menunjukkan foto tersebut kepada petugas untuk memudahkan proses identifikasi.Saat packing, foto barang-barang yang ada di dalam koper. Mengetahui daftar barang bawaan Anda tentu mempermudah maskapai jika tas Anda hilang. Setelah semua dipak, foto lagi bagian luarnya atau jika bisa berdiri di samping koper Anda untuk memberikan gambaran pihak maskapai mengenai kisaran ukuran koper selain warna dan juga bentuk.

Cek dan ricek

Anda perlu melakukan cek dan ricek secara berkala. Jangan khawatir dianggap sebagai penumpang yang rewel, bagaimanapun barang itu adalah milik anda dan ketika terjadi apa-apa, anda sendirilah yang akan menanggung ruginya. Jangan ragu tanyakan kepada petugas yang bertanggung jawab memberikan tanda pada barang bawaan, apakah anda bisa mengecek tandanya sebelum barang tersebut ditaruh diconveyor beltmenuju kereta untuk diantarkan ke pesawat.Ini penting ketika anda akan mengikuti penerbangan lanjutan (connecting flight). Mengapa? Tas-tas tersebut memang tidak selalu dikirimkan langsung ke tujuan terakhir anda. Artinya, terkadang memang anda sendiri yang bertanggung jawab atas tas anda. Jika ini yang terjadi, selalu cek dan ricek apa yang tertera pada label.

Memberi tanda khas

Anda bisa memberikan tambahan tanda pada koper dan barang anda. Tanda itu haruslah yang khas dan menunjukkan bahwa koper atau tas itu adalah milik satu orang yang sama. Tandanya bisa beragam, biasanya pita kuning karena mudah dikenali. Atau bisa berikan juga stiker yang sangat spesifik, misalnya, stiker gambar smiley berwarna kuning. Lalu untuk mengurangi risiko tertukar ataupun diambil orang, anda juga bisa menyiapkan jauh-jauh hari dengan membeli koper dengan warna yang jarang digunakan untuk koper. Atau dengan motif tertentu. Intinya, lekatkan tanda yang khas dan mudah dikenali pada barang bawaan anda. Hal ini akan memudahkan proses identifikasi ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Gunakan alat pelacak

Jika anda bisa menganggarkan dana, belilah alat pelacak yang biasanya menggunakan teknologi GPS. Pada umumnya alat ini dikolaborasikan dengan aplikasi smartphone untuk proses melacaknya. Seperti yang sudah dipaparkan di awal artikel, barangkali cara ini tidak akan mencegah barang anda hilang. Namun ketika barang anda hilang, peluang anda untuk melacak keberadaannya akan lebih mudah dilakukan. Maka, hal ini akan mempercepat proses pengembalian ke maskapai.