Tindakan yang Dilakukan Setelah Ditolak Kerja

Sebagian dari kita yang pernah melamar pekerjaan pasti pernah mengalami yang namanya ditolak. Kita tidak dapat memenuhi beberapa syarat dari perusahaan untuk menjadi karyawan mereka. Kita juga tidak memenuhi kriteria perusahaan dalam mencari karyawan sehingga kita gagal di tengah tes atau interview.

Ditolak mungkin menjadi hal yang biasa bagi setiap orang tetapi sebagian pelamar menjadikan kegagalan mereka sebagai pukulan yang besar dan cukup dalam. Mereka senantiasa langsung merasakan sakit hati, kekecewaan ataupun marah sehingga susah bangkit kembali. Apalagi kita sudah berusaha dengan sepenuh hati ketika mengikuti tes. Terlebih lagi perusahaan tersebut adalah perusahaan impian kita sejak lama.

Kegagalan memang terkadang tidak dapat ditolak. Terlebih lagi banyak pelamaryang juga mencari pekerjaan di tengah kesulitan mencari pekerjaan. Kita juga harus bersaing dengan pelamar lain yang juga mempunyai kualifikasi yang tinggi.

Anda tidak perlu menganggap penolakan sebagai kiamat bagi anda, jadikan saja ini sebagi pelajaran yang berarti untuk ke depannya. Oleh karena perhatikan tindaka-tindakan berikut yang harus anda lalukan setelah ditolak kerja.

1. Anda lebih cocok di perusahaan lain

Ketika anda ditolak oleh perusahaan, maka anggaplah bahwa Tuhan sudah membantu anda untuk tidak atau belum berada di tempat tersebut. Dari sinilah anda harus melihat bahwa anda mempunyai kesempatan baru di perusahaan yang lain.

2. Jangan memendam dengan perusahaan

Anda boleh sakit hati atau kecewa tetapi lebih baik tidak memendam dengan perusahaan. Anda harus belajar untuk menerima keputusan perusahaan. Perusahaan berhak menolak ketika mereka tidak menemukan kriteria yang sesuai dengan diri anda.Lebih baik anda mengetahui jika anda ditolak dibandingkan ketika anda diterima bekerja di perusahaan merekatetapianda tidak mampu untuk mengerjakan task dari mereka.

3. Tidak perlu malu

Mungkin sebelumnya anda sudah menyampaikan ke keluarga, kerabat dekat ataupun teman bahwa anda sudah lolos mengikuti tes-tes sebelumnya dari perusahaan yang besar. Namun seketika anda gagal di tes akhir dan anda menjadi malu dan minder.

Anda tidak perlu menjadi malu karena hal ini. Saya rasa teman-teman anda akan mengerti bahwa penolakan lumrah terjadi ketika mencari pekerjaan. Mungkin saja ketika anda bercerita, keluarga atau teman-teman anda akan membangkitkan motivasi anda kembali. Oleh karena itu tetaplah bersosialisasi danmendekatkan dengan kerabat-kerabat dekat.

4. Selidiki lagi mengapa anda ditolak

Mungkin bukan salah perusahaan untuk menolak anda. Selidiki lagi mengapa anda tidak sesuai dengan kualifikasi perusahaan. Apakah ada suatu keahlian yang dicari oleh perusahaan tetapi belum ada di diri anda? Atau beberapa syarat tidak memenuhi seperti umur, latar belakang pendidikan, dll.

Ketika anda sudah mengetahui apa yang menjadi kekurangan anda, anda akan lebih siap lagi untuk melamar di perusahaan baru. Seperti di medan perang, anda yang sudah bersiap berperang dengan perlengkapan senjata yang lengkap.

5. Anda tidak sendirian

Maksudnya disini adalah bukan hanya anda yang mengalami penolakan namun banyak orang lain yang mengalami pengalaman serupa. Bahkan ada yang sudah berkali-kali mengalami pengalaman tersebut dan akhirnya mereka menjadi sukses karena tahan banting dengan tantangan yang ada.

6. Meningkatkan kemampuan diri

Anda sudah mengerti kriteria seperti apa yang dicari perusahaan yang anda minati. Oleh karena itu bersiaplah untuk meningkatkan kemampuan diri misalnya mengambil kursus keahlian tertentu atau mengikuti seminar-seminar yang ada untuk meningkatkan lagi kepercayaan diri anda untuk meraih sukses kembali.

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *