Tidak Boros Tapi Tetap Menikmati Gaya Hidup, Mau?

Ketika Anda merasa bahwa gaya hidup Anda selama ini memakan/menghabiskan keuangan yang Anda dapat, atau parahnya lagi sebagian besar dari penghasilan Anda keluar melalui gaya hidup tersebut, bagaimana jadinya? Bersenang-senang melalui gaya hidup yang disukai memang sah-sah saja, tapi jika membuat Anda hingga kesulitan dalam menjalani kehidupan sehari-hari, sepertinya itu kurang baik. Salah-salah, gaya hidup tersebut tidak bisa dinikmati lagi dan masalah lainpun bermunculan. Hmmm.. Lantas, apa ada caranya agar tetap menjaga gaya hidup tetapi tidak boros?

Pada awalnya, memang akan sulit dijalani. Apalagi jika tidak dibarengi dengan kemauan yang kuat dan praktek yang dilakukan secara disiplin. Karena memang mengubah gaya hidup itu, apalagi ingin sekaligus memang sulit dilakukan. Kecuali kalau memang Anda telah merasakan akibat dari kurang kontrol terhadap gaya hidup tersebut. Seperti misalnya utang yang membengkak, kehidupan sehari-hari hanya berasal dari gali lobang – tutup lobang dengan berbekal kartu kredit yang Anda miliki, mungkin. Mengerikan bukan? Dan, hal-hal tersebut menjadikan Anda pada akhirnya menyadari bahwa Ada yang salah dalam menjalani kehidupan gaya hidup Anda.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan ketika Anda merasa bahwa gaya hidup Anda bermasalah terhadap keuangan Anda. Dari mulai mengurangi porsi gaya hidup yang Anda rasakan mencekik Anda, menghilangkan gaya hidup tersebut hingga menghilangkan gaya hidup tersebut sama sekali dan mengganti dengan gaya hidup lain yang lebih bermanfaat akan sangat membantu. Tapi tentu saja hal tersebut sangat eksrtim untuk dilakukan karena tentu akan berakibat pada kemana arah tujuan hidup Anda jika tanpa gaya hidup yang Anda sukai. Tapi kalau memang Anda berani kenapa tidak?

Nah, jika memang tidak bisa menghilangkan gaya hidup tersebut, mengapa tidak gaya hidup tersebut Anda jadikan sebagai bidang yang serius untuk Anda kerjakan dan menghasilkan uang sambil menjalaninya perlahan. Hal tersebut jika memang Anda bisa mewujudkannya tentu saja akan bersifat positif dan akan sangat bermanfaat bagi Anda. Selain menjalani gaya hidup, Anda juga bisa menghasilkan uang. Menarik bukan?

Atau jika belum tertarik dalam menjadikannya sebagai bisnis terutama dijangka waktu terdekat kini, mungkin Anda bisa menerapkan gaya hidup hemat dengan menjadikan gaya hidup yang mencekik tersebut sebagai gaya hidup yang spesial, dimana Anda menjalaninya sekali-sekali mungkin sesuai dengan yang dijadwalkan dan disesuaikan dengan budget yang ada.

Intinya, meyakinkan diri Anda untuk menjadi hemat adalah kuncinya. Seperti pepatah lama mengatakan bahwa hemat pangkal kaya, boros pangkal miskin. Hemat berarti tidak membelanjakan uang untuk hal-hal yang tidak penting. Hemat berarti memiliki perencanaan keuangan yang berkualitas dan menghindarkan diri untuk berbelanja barang-barang mahal. Hemat berarti menghindari hutang dan siap menjalani kehidupan dibawah penghasilan rata-rata.

Hemat berarti mampu menyiapkan dana abadi untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang tak terpikir di hari ini. Hemat berarti mampu menghargai setiap nilai uang dengan sikap rendah hati. Hemat berarti mampu menjalani kehidupan dengan cara yang paling sederhana. Hemat berarti tidak menjadikan uang sebagai energi yang menguasai kehidupan Anda. Hemat berarti memiliki perasaan syukur dan terima kasih atas setiap sen penghasilan, dan mau mengalokasikan sebagian dari penghasilan tersebut untuk masa depan.

Hemat berarti selalu bersikap jujur terhadap kondisi keuangan, dan tidak memasukkan diri ke dalam perangkap gengsi dan konsumtif. Hemat berarti mampu memiliki toleransi dan empati untuk kehidupan orang-orang lain. Hemat berarti makan secukupnya dan menggunakan semua fasilitas pendukung kehidupan secukupnya. Hemat berarti tidak menjalani kehidupan secara berlebihan, tapi menjalani kehidupan dengan rasa tanggung jawab kepada lingkungan dan kehidupan lain. Hemat berarti memiliki gaya hidup untuk lebih banyak menyimpan uang daripada lebih banyak membelanjakan uang untuk hal-hal yang tidak penting. Selamat berhemat 😉

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *