Teori Kepemimpinan Maxwell untuk Pemimpin Handal

“Seorang pemimpin menemukan mimpinya terlebih dahulu, barulah orang-orangnya. Orang-orang menemukan sang pemimpin terlebih dahulu, barulah mimpinya.” – John C. Maxwell. Dibutuhkan 21 karakteristik untuk menjadi pemimpin hebat dan Maxwell telah memberikan contoh yang sangat aplikatif untuk Anda yang bermimpi menjadi pemimpin atau sedang menjadi pemimpin baru namun tidak tahu apa yang harus dilakukan.

John C. Maxwell merumuskan 21 tips untuk mengembangkan kualitas kepemimpinan dalam bukunya berjudul “The 21 Indispensable Qualities of a Leader”.

 leadership

Pemimpin

Kharismatik

Seorang pemimpin harus memiliki kharisma yang beda dengan para staf. Bagaimana ia mampu membuat orang lain tertarik. Menjadi kharismatik bukanlah sifat bawaan dari lahir melainkan pembentukan dari pengalaman seseorang di bidang tertentu.

Komitmen

Memiliki komitmen yang kuat sangat diperlukan bagi seorang pemimpin sejati. Kalau Anda bisa memegang omongan dan melakukannya secara sinkron, maka staff Anda akan respect dan segan. Anda juga bisa menjadi sosok pemimpin yang bisa dipercaya oleh para staff.

Berkarakter

Berkarakter di sini maksudnya Anda memiliki karakter yang kuat agar sifat-sifat yang sekiranya mampu melemahkan Anda, bisa berkurang bahkan hilang ketika menjadi pemimpin.

Keberanian yang Penuh Perhitungan Dibutuhkan

Perhitungan yang teliti untuk memberikan Anda keberanian yang bertanggung jawab. Lakukan riset, buat persiapan dengan matang, baru kemudian wujudkan ide tersebut dengan penuh keberanian.

Fokus

Pemimpin yang disegani staff adalah pemimpin yang fokus, tidak plin-plan. Fokus dengan hal yang menjadi prioritas. Komunikasi yang Efektif Sebagai pemimpin, lakukan komunikasi yang efektif, tidak bertele-tele dan langsung tepat sasaran. Dengan komunikasi yang efektif, orang lain jadi mengerti tujuan yang ingin Anda sampaikan.

Mendengarkan

Terdengar mudah namun sulit dilakukan. Mendengarkan keluhan dari bawahan, kritikan dan nasehat dari orang lain bahkan dari pihak lawan.

Disiplin

Hasil maksimal membutuhkan kedisiplinan. Pemimpin yang disiplin menjadi contoh nyata bagi para bawahan.

Inisiatif

Pemimpin yang disegani adalah pemimpin yang berani berinisiatif mengambil peluang dan memanfaatkannya dengan maksimal.

Mengerti & Memahami

Memahami dengan baik bisa membuat seseorang menemukan akar permasalahan dan menemukan solusinya.

Mau Diajar

Pemimpin yang baik harus bersedia diajarkan oleh bawahan untuk hal-hal tertentu. Karena ilmu pengetahuan terus berkembang dan berubah.

Semangat Tinggi

Lakukan sesuatu karena Anda menikmatinya, maka semangat yang tinggi akan muncul dengan sendirinya. Jiwa

Melayani

Pemimpin adalah pelayan bagi bawahannya. Pemimpin sejati akan tahu kebutuhan orang lain dan mewujudkannya tanpa pamrih.

Menggunakan Metode TEACH

T : Time (Waktu), luangkan waktu.

E: Exposure (Pengalaman), cari tahu solusi dari orang lain yang menghadapi masalah serupa.

A: Assistance (Bantuan), minta bantuan tim untuk mempelajarinya

C: Creativity (Kreativitas), meminta masukan untuk solusi.

H: Hit It (Serang), laksanakan solusi terbaik untuk menyelesaikannya.

Kompetensi

Pemimpin harus belajar tanpa henti, jangan putus asa dan bosan, berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai target.

Mapan

Pemimpin yang sudah mapan berkemampuan menaburkan kekuatan terhadap tim yang dipimpinnya.

Seorang pemimpin handal juga harus menjaga hubungan baik dengan bawahan dan relasi, memiliki visi yang jelas, bersikap positif, bertanggung jawab dan murah hati. Namun seluruh tips ini akan terkesan sulit bahkan easier said than done kalau tidak dipraktekkan satu persatu. Challenge yourself as a leader! Jika Anda tidak menantang diri sendiri, Anda tidak akan pernah tahu sampai sejauh apa kemampuan yang dimiliki.

“Kepemimpinan sejati tidak dihadiahkan, ditunjuk atau ditugaskan kepada seseorang. Ini hanya muncul dari pengaruh dan ini tidak dapat diperintahkan. Ini harus diperoleh.” – John C. Maxwell.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

1 Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *