Tentukan Karir Berdasarkan Kepribadian Anda

Pernah mendengar istilah ‘the right man on the right place’? Yup, istilah tersebut cocok bagi perusahaan dan juga karyawannya agar bekerja sesuai dengan tempatnya. Dalam artian, orang tersebut bekerja di posisi yang tepat dengan jenis pekerjaan yang tepat, juga dengan tanggung jawab pekerjaan yang sesuai dengan kriteria orang tersebut.

Pentingkah? Tentu saja. Menurut beberapa penelitian, ketika karyawan berada pada posisi yang tepat maka akan berpengaruh juga terhadap turn-over karyawan (keluar masuknya karyawan). Jika sudah sesuai, karyawan pasti betah dan perusahaan mendapat produktivitas kerja yang optimal. Dan keadaan tersebut tentu membuat perusahaan lebih berhemat ketimbang harus selalu mengadakan rekruitmen demi mendapat karyawan baru.

Lantas, adakah cara mencari/menetapkan karir berdasarkan kepribadian? Tentu saja ada. Namun, seperti yang kita ketahui, kepribadian manusia sangat beragam. Dan dibawah ini hanya sebagian kecil contoh untuk dijadikan referensi tentang bagaimana menetapkan karir berdasarkan kepribadianyang dikemukakan oleh John Holland. Tipe kepribadian manusia dibagi menjadi 6 tipe, yaitu :

Tipe kepribadianRealisticatau disingkat dengan kode hurufR. Orang-orang dengan tipe ini biasanya adalah mereka yang memiliki sifat seperti : menyenangi hal-hal yang praktis (bukan teoritis), suka bekerja dengan menggunakan tangan secara langung, dan biasanya lugas atau langsung ke tujuan ketika berbicara. Mereka menyenangi bekerja dengan objek yang konkret, pasti, dan nyata. Pekerjaan atau profesi yang sesuai untuk orang dengan tipe keperibadian seperti ini misalanya adalah : ahli kelistrikan, mekanik, orthodontist, teknisi bedah, insinyur biomedis.

Tipe kepribadianInvestigativeatau disingkat dengan kode hurufI. Mereka ini biasanya disifati dengan karakter yang analitis, suka menyelidik, intelektual, dan ilmiah. Umumnya mereka suka mengumpulkan banyak informasi sebelum bertindak atau mengambil suatu keputusan. Mereka juuga gemar mempertanyakan jawaban yang tiidak didukung oleh data yang rasional. Profesi atau pekerjaan yang cocok untuk tipe keperibadian ini diantaranya adalah : dosen, pengembang perangkat lunak, pustakawan, veterinarian, periset.

Tipe kepribadianArtistikatau disingkat dengan kode hurufA. Mereka ini adalah orang-orang yang kreatif dan biasanya memiliki daya imajinasi dan intuisi yang tinggi. Mereka biasanya juga tipikial orang yang pandai memecahkan masalah. Ini karena mereka mampu memadukan antara sisi kreatifitas dna intuisinya dengan data atau informasi rasional yang mereka dapatkan dari lingkungannnya. Pekerjaan atau profesi yang sesuai untuk tipe kepribadiabn seperti ini antara lain adalah : artiket tata ruang kota. Disainer grafis, sutradara atau produser acara di televise/radio, editor, disainer interior.

Tipe kepribadianSosial atau disingkat dengan kode hurufS. Orang-orang dengan tipe kepribadian ini biasanya memiliki sifat yang gemar menolong, suka membantu orang yang sedang kesulitan, dermawan, sabar umumnya masuk kedalam tipe kepribadia ini. Mereka ini seringkali adalah para pemain yang briilian dalam hal membuat kesepahaman atau kesepakatan dengan orang lain. Profesi atau pekerjaan yang sesuai untuk tipe ini adalah : Psikolog sekolah dan psikolog (pada umumnya),mediator, perawat, terapis fisik, konselor, penasihat karir dll.

Tipe kepribadianEnterprisingatau disingkat dengan kode hurufE. Jika anda oranya suka bersaing-saingan, ekstrover, enerjik, senang tantangan, dinamis, suka memimpin, tidak suka mengerjakan hal-hal detil tapi lebih menyenangi mengerjakan hal-hal yang besar maka anda termasuk tipe kepribadian ini. Pekerjaan atau karir yang dapat anda pertimbangkan antara lain adalah : wirausahawan, manager keuangan, sales representative, sales manager, aktivis lingkungan.

Tipe kepribadianConventionalatau disingkat dengan kode hurufC. Ini adalah mewakili orang-orang dengan watak kepribadian yang teratur, tertib, rapi, efisien, peduli rincian, konservatif, dan tradisional. Mereka biasanya juga tekun dan gigih melakukan pekerjaan rutin. Profesi atau pekerjaan yang patut anda pertimbangan diantaranya : akuntan, aktuaris, perencana kenuangan, penulis masalah teknis, inspektur pembangunan gedung, dan pengolah data statistik.

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *