Tanda-Tanda Bisnis Sukses (2)

Melihat tanda-tanda kesuksesan bisnis anda akan memberitahukan jalan ke mana bisnis anda akan berjalan. Visi dan misi dan jelas akan memberikan tujuan bisnis yang jelas juga. Ukuran keberhasilan juga akan memberikan gambaran apakah bisnis anda berjalan baik atau gagal, mengetahui keuntungan dan kerugian yang diperoleh serta mengetahui peluang dan tantangan bisnis ke depannya. Berikut saya jabarkan tanda-tanda bisnis yang sukses:

1. Anda tidak menyerah

Menyerah bukan menjadi jalan keluar ketika mengalami masalah yang buruk. Anda tidak mudah menyerah dan bangkit kembali untuk berhasil. Bila anda sudah melakukannya, maka ini adalah tanda bahwa bisnis anda berjalan sukses. Sukses akan berjalan ketika anda mempunyai semangat yang baru dan tidak gentar saat mengalami saat-saat buruk.

2. Bisnis anda masuk ke media

Media menjadi salah satu biaya yang mahal untuk mempromosikan sebuah produk. Untuk satu iklan saja, anda harus merogoh uang yang cukup banyak agar publik mengetahui produk anda. Otomatis ketika publik mengetahui produk anda, pastinya anda akan mendapatkan pemesanan 2x lipat dari biasanya.

Namun anda tidak perlu melakukannya karena bisnis anda tiba-tiba masuk ke artikel sebuah majalah, koran atau website. Itu berarti produk anda sudah menjadi buah bibir banyak orang. Publik juga mengakui karya dari bisnis anda.

3. Seorang pembicara

Setelah produk masuk ke media, maka publik tertarik untuk anda menjadi pembicara atau menulis buku tentang bisnis anda. Itu berarti publik mengakui kesuksesan anda tanpa melihat berapa umur anda. Anda diakui sebagai ahli bisnis yang dapat membantu mereka juga menjalankan bisnis yang berhasil.

4. Lingkungan kerja nyaman

Mungkin uang atau menjadi hal yang penting dalam pencapaian bisnis anda tetapi anda tidak menginginkan hal tersebut juga. Anda dapat mengendalikan lingkungan kerja yang nyaman bagi karyawan dan anda sendiri. Anda juga selalu memberi perhatian penuh kepada karyawan. Anda tidak khawatir jika anda membagi ilmu anda kepada karyawan.

Karyawan selalu merasa dihargai oleh karena kerja kerasnya. Karyawan selalu dihargai ketika mereka menyampaikan pendapat atau ide mereka. Ketika lingkungan nyaman sudah tercipta, maka karyawan akan lebih cepat mengejar kemajuan perusahaan.

5. Cash Flow yang positif

Kita masuk ke dalam tanda sukses yang lainnya yaitu mengenai perhitungan cash flow yang selalu positif. Kita ketahui jika baik pendapatan melebihi pengeluaran. Jika sudah begitu, berarti anda sudah sukses mengatur keuangan dalam bisnis anda. Keuntungan yang anda peroleh selalu meningkat dari tahun ke tahun.

Bila anda tidak mendapati kerugian yang berarti pada bisnis atau anda selalu punya modal atau investasi kembali untuk menjadikannya perputaran dalam usaha anda, maka tanda sukses sudah menghampiri anda.

6. Bisnis anda berkembang

Anda tidak hanya mempunyai satu toko atau perusahaan saja tetapi anda sudah melebarkan sayap bisnis anda di luar kota tempat anda tinggal, bahkan ke mancanegara sekalipun.

Inilah tanda-tandanya jika anda sudah berhasil menjalankan bisnis. Jika akan meneruskan kesuksesan, anda jangan berpuas diri namun jadikan suatu pembuktian kepada orang-orang terdekat bahwa anda mampu melakukan lebih dari sekarang.

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *