Tanda Bahwa Anda Harus Segera Resign dari Pekerjaan Anda

Selain untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, bekerja seringkali dimaknai sebagai upaya manusia untuk menunjukkan eksistensi dirinya sebagai manusia yang aktif dan produktif. Dengan bekerja, manusia menciptakan sesuatu, bergerak, bersosialisasi, dan itulah yang membuat kita menjadi semakin manusiawi. Namun, kadang ada hal-hal yang memaksa anda untuk harus segera mengajukan resign dari pekerjaan anda. Apa saja tanda-tandanya?

Merasa Tidak Nyaman

Ini adalah tanda pertama yang harus anda waspadai. Barangkali ketika kita baru pertama kali bekerja kita akan merasakan ketidaknyamanan. Hal itu wajar, karena masih berada dalam proses beradaptasi. Namun, waspadalah ketika ketidaknyamanan itu terjadi berulang kali setiap hari. Ketika segala usaha anda untuk keluar dari zona nyaman sudah mentok tak ada hasil, anda harus segera memutuskan untuk resign. Ketidaknyamanan itu bisa berasal dari ruangan dan fasilitas kantor yang tidak mendukung, jenis pekerjaan yang tidak sesuai dengan ideologi dan kepribadian, arogansi pimpinan, hingga budaya sikut-sikutan di antara sesama karyawan.

Anda Murung Ketika Berangkat Kerja

Apa yang anda rasakan ketika bangun tidur? Adanya semangat untuk menjalani pekerjaan sehari-hari di kantor? Ataukah anda justru merasa murung dan tidak bersemangat bahkan untuk sekadar datang ke kantor? Jika anda sering merasakan kondisi yang kedua, ada baiknya pertimbangkan kembali keputusan anda untuk tetap bertahan di kantor tempat anda kini bekerja. Perasaan murung jelas-jelas sangat kontraproduktif dan tidak akan menghasilkan kepuasan apapun terhadap hasil pekerjaan anda. Ingat, pekerjaan seharusnya menghidupkan semangat kita untuk terus hidup dan berkarya. Jika pekerjaan justru membuat hidup kita murung, mungkin itu saat yang baik untuk segera mengajukan resign.

Jenjang Karier yang Tidak Jelas

Kini banyak perusahaan yang memberlakukan sistem outsourcing kepada para karyawannya. Hal ini dipercaya menguntungkan bagi perusahaan tetapi merugikan kaum pekerja karena terkena dampak ekonomi yang tidak sedikit. Banyak juga perusahaan yang awalnya melakukan kontrak dan menjanjikan akan diangkat menjadi pegawai tetap dalam periode waktu tertentu. Banyak cerita karyawan yang resign karena tidak segera diangkat menjadi pegawai tetap. Bahkan ada juga yang sudah diangkat tetap dalam waktu puluhan tahun tetapi tidak pernah diberi kesempatan untuk naik jabatan karena posisi-posisi atas sudah diisi oleh pihak keluarga dari pemilik perusahaan, misalnya.

Standar Gaji yang Terlalu Rendah

Tidak dipungkiri, salah satu kebutuhan yang dipenuhi ketika kita memutuskan untuk bekerja adalah kebutuhan ekonomi. Perusahaan yang menawarkan gaji yang besar biasanya menjadi favorit dari para pencari kerja. Akibatnya, persaingan untuk masuk ke perusahaan tersebut menjadi tinggi. Maka tidak sedikit yang lalu bekerja pada perusahaan yang menawarkan gaji lebih kecil. Ini perlu diwaspadai karena dua hal. Pertama, apakah gaji yang anda terima sesuai dengan beban kerja yang anda lakukan di perusahaan itu? Kedua, apakah gaji yang anda terima sesuai dengan kualitas diri anda yang ditunjukkan melalui prestasi dan tingkat pendidikan? Jika anda merasa seharusnya anda digaji dengan lebih tinggi dari gaji yang anda terima sekarang, segera ajukan permohonan kenaikan gaji. Jika itu terasa tidak mungkin dilakukan, sudah saatnya anda beralih ke perusahaan lain yang lebih menghargai karyawannya.
Itu tadi beberapa tanda yang harus anda ketahui sebelum anda memutuskan untuk resign dari pekerjaan anda saat ini. Tentu sebelum resign ada beberapa strategi yang perlu anda pikirkan. Misalnya, rencana setelah resign, mengajukan resign sebulan sebelumnya, merampungkan pekerjaan anda yang tidak mungkin didelegasikan, dan sebagainya. Jika anda sudah bersiap, segeralah resign dan temukan kehidupan baru yang lebih menghidupkan diri anda!