Tanam Saham

Tags:

Tahun 2016 Indonesia masih berkutat dengan nilai tukar rupiah yang terus anjlok. Bahkan selama beberapa minggu terakhir, nilai tukar rupiah masih saja tidak beranjak dari angka 13.000 per dolarnya. Kejadian ini tentu saja membuat efek domino di lapangan. Dampaknya paling banyak dirasakan oleh masyarakat. Barang kebutuhan semakin naik, khususnya bahan kebutuhan pokok yang diimpor dari luar negeri. Bagaimana mengatasinya? Mengandalkan pemerintah? Ehm, kelihatannya sulit, karena beberapa wakil rakyat masih memikirkan hal lain. Masyarakat harus putar otak sehingga dapur rumah masing-masing mengebul.

saham4

Saham

Banyak cara dapat digunakan untuk membuat kebutuhan anda terpenuhi. Anda bisa mulai menghemat pengeluaran, atau anda bisa memulai menginvestasikan dana keuangan anda. Dalam ilmu ekonomi, penyebutan investasi ditujukan untuk pembelian atau memproduksi barang/modal yang tidak untuk dipergunakan hari ini dengan tujuan untuk mendapatkan jumlah laba/keuntungan di masa depan. Perilaku ini sangat cocok untuk digunakan pada situasi ekonomi yang sedang labil seperti sekarang Pilihan investasipun bermacam-macam tergantung dengan kebutuhan anda. Anda mau yang jangka panjang, jangka menengah atau jangka pendek. Contohnya anda bisa menginvestasikan uang anda dengan membeli emas dan kemudian menjualnya ketika harganya sedang naik.

Opsi lain yang juga menguntungkan adalah dengan melakukan tanam saham pada suatu perusahaan. Banyak orang mulai melirik bisnis ini untuk investasi termasuk juga para artis. Giring, vokalis grup Nidji bahkan telah melakukannya selama bertahun-tahun dan keuntungan yang didapatkannya pun cukup memuaskan. Bahkan dengan melakukan bisnis investasi pada sektor saham, biaya pernikahannya pun dapat tercover dengan baik.

Untuk mereka yang masih awam pasti bertanya-tanya. Saham itu gimana sih? Aturan mainnya gimana? Harus modal banyak kah? Harus ke Jakarta dulu kah untuk membeli saham? Lalu bisa dijual sewaktu-waktu nggak? Kan kadang kebutuhan mendadak itu ada? Kemudian yang paling penting tanam saham itu aman ga sih? Untuk menjawab pertanyaan anda, pertama-tama kita harus mengenal terlebih dahulu apa itu saham.

Saham adalah salah satu bentuk surat berharga yang diterbitkan perusahaan yang diberikan kepada investor sebagai bukti bahwa mereka adalah pemilik yang sah. Saham diterbitkan oleh oleh perusahaan untuk mendapatkan investasi jangka panjang. Investor dalam hal ini akan mendapatkan imbalan berupa uang dari laba bersih perusahaan dan biasanya dibagikan setiap tahun sekali atau tergantung perjanjian sebelumnya. Untuk investor pemula yang tanpa background mengenai saham jangan khawatir.

Penyedia jasa konsultasi telah banyak berdiri. Anda bisa menemukan banyak reksa dana yang terpercaya untuk mengelola saham yang anda miliki. Para pialang unggul milik mereka akan dengan mudah menemukan perusahaan mana yang bisa memberikan untung dan mana yang tidak. Melakukan bisnis ini sebenarnya sangat mudah karena proses jual belinya tidak memerlukan anda hadir secara nyata. Bahkan penjualan dan pembelian pun untuk anda yang sibuk dapat dilakukan dengan menggunakan smartphone. Harga pun bisa dipantau dengan akses internet.

Jadi dimanapun dan kapanpun anda berada bisnis akan tetap berjalan. Tapi tentu saja, sebuah pekerjaan pasti membawa resiko di dalamnya. Dalam ilmu ekonomi kami menyebutnya dengan, High Risk High Return, Low Risk Low Return. Ya, saham termasuk ke dalam jajaran resiko tinggi tapi pengembalian anda dapatkan sebanding dengan resiko yang dibawanya. Jangan takut untuk memulai bisnis ini. Anda harus ingat bahwa dengan pemilihan perusahaan yang cermat dan pemilihan perusahaan reksa dana yang terpercaya dan kompeten akan mengurangi resiko tersebut. Jadi tidakkah bisnis ini menggiurkan untuk anda coba???

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *