Tambah Pengetahuan Investasi Anda : CAN SLIM (1)

Apa itu CAN SLIM?

Bagi Anda yang belum terlalu paham dunia investasi, terutama investasi saham mungkin masih asing dengan istilah ini. Bahkan, adalah wajar jika Anda mengira istilah ini berkaitan dengan kegiatan melangsingkan tubuh atau berhubungan dengan kesehatan karena memang jika dibaca saja, terdapat kata SLIM.

Sedangkan CAN SLIM, perlu Anda tahu adalah istilah dalam dunia saham. CANSLIM atau CAN SLIM adalah metode dalam bertransaksi saham yang dikembangkan oleh William O?eil, salah seorang investor terkenal yang sudah berkecimpung di bursa Wall Street sejak awal tahun 1960.

CAN SLIM adalah Singkatan

Adapun, CAN SLIM itu sendiri merupakan sebuah singkatan yang merupakan hal-hal berikut dibawah ini:

[C] merupakan singkatan dari Current Quarter Earning (laba kwartal terakhir). Per saham, laba saat ini harus sampai dengan 25%. Selain itu, jika penghasilan meningkat dalam kuartal ini, ini adalah tanda prognosis positif.

[A] merupakan singkatan dari Annual Earnings (laba tahunan meningkat), yang harus naik 25% atau lebih di masing-masing tiga tahun terakhir. Pengembalian tahunan on equity harus 17% atau lebih.

[N] merupakan singkatan dari New Product, Management, Price(produk baru, manajemen baru, harga tertinggi baru). yang mengacu pada gagasan bahwa perusahaan harus memiliki gagasan dasar baru yang bahan bakar pertumbuhan laba terlihat di dua bagian pertama dari mnemonic. Produk ini adalah apa yang memungkinkan membuat saham muncul dari pola grafik yang tepat dari laba masa lalu untuk bisa terus tumbuh dan mencapai harga baru yang tinggi. Sebuah contoh penting dari hal ini adalah Apple Computer iPod.

[S] merupakan singkatan Supply and Demand (penawaran dan permintaan). Indeks permintaan saham dapat dilihat dari volume perdagangan saham, terutama selama kenaikan harga.

[L] merupakan singkatan Leader atau Laggard (pemimpin pasar atau pecundang)? O’Neil menyarankan membeli “saham terkemuka di industri terkemuka”. Pengukuran agak kualitatif ini dapat lebih obyektif diukur dengan Relative Price Strength Rating (RPSR) saham, indeks dirancang untuk mengukur harga saham selama 12 bulan terakhir dibandingkan dengan sisa pasar berdasarkan S & P 500 atau TSE 300 selama periode waktu tertentu.

[I] merupakan singkatan dari Institutional Sponsorship (Apakah investor institusi dominan menguasai sahamnya), yang mengacu pada kepemilikan saham oleh reksa dana, khususnya dalam kuartal ini. Sebuah ukuran kuantitatif di sini adalah Penilaian Distribusi/Akumulasi, yang merupakan sebuah ukuran kegiatan reksa dana saham tertentu.

[M] merupakan singkatan dari Market Indexes (arah pasar secara umum), terutama Dow Jones, S & P 500, dan NASDAQ. Selama masa investasi, O’Neil lebih suka investasi selama masa uptrends pasti tiga indeks ini, karena tiga dari empat saham cenderung mengikuti pola pasar secara umum.

Bagan CAN SLIM

Berikut sedikit penjelasan mengenai beberapa hal yang tertera dalam bagan tersebut :

  1. C dan A yang merepresentasikan Laba kuartal terakhir dan laba tahunan meningkat merupakan sebuah gambaran dari kinerja perusahaan sebelumnya atau bisa dikatakan bagaimana sejarah/rekam jejak perusahaan ini, dimana faktor ini harus benar-benar diperhatikan sebelum memilih perusahaan untuk investasi. Sebuah perusahaan tidak mungkin secara tiba-tiba memiliki kinerja yang bagus. Pasti ada proses bagaimana sebuah perusahaan mencapai suatu puncak kinerja yang baik.
  2. N merupakan representasi dari produk-produk baru, manajemen baru dan penetapan harga tinggi baru yang akan dilakukan perusahaan. Maka dari itu, disimpan sebagai rencana kedepan perusahaan karena berhubungan dengan rencana-rencana pembuatan produk baru, mengubah dan mengembangkan manejemen menjadi lebih baik serta memperbaiki harga untuk semakin meningkatkan laba. Hal tersebut perlu diperhatikan. Apakah perusahaan tersebut dianggap memiliki misi yang kuat untuk kita gunakan sebagai perusahaan yang dapat menjaga uang dan mengelolanya?
  3. S L I M disini merepresentasikan bagaimana aktivitas bursa harian/mingguan yang dialami sebuah perusahaan. Memperhatikan pergerakan saham sebuah perusahaan sangat penting tentu saja. Tapi harus ada kegiatan mengaudit pergerakan tersebut dan menentukan langkah selanjutnya setelah diketahui pergerakannya tersebut.

Untuk mengetahui Mekanisme & Proses Investasi dengan CAN SLIM ini, silakan klik link ini untuk melaju ke part selanjutnya.

| updated

2 Comments

  1. Pingback: CAN SLIM

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *