Tahapan dan Cara Beli Reksa Dana Online

Dalam dunia investasi, produk reksa dana banyak dilirik oleh para investor. Reksa dana kemudian menjadi salah satu produk investasi yang populer karena berbagai macam karakteristik yang dimiliki, yang rupanya menjadi nilai tambah dibandingkan produk lain.

Nilai tambah dari produk reksa dana ini ada beberapa hal. Pertama, tentu saja, seorang investor tidak perlu menyediakan uang dalam jumlah besar untuk mulai berinvestasi. Jumlah terkecil untuk investasi reksa dana untuk pertama kali memang beragam, antara Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu. Kemudian hal lain yang saat ini sedang santer dibicarakan adalah sistem transaksi pembelian reksa dana yang bisa dilakukan secara online.

Yang dimaksud dengan sistem transaksi online ini adalah cukup dengan menggunakan komputer atau gadget yang tersambung dengan jaringan internet, bukan melalui ATM. Nah, artikel ini akan bicara kepada anda bagaimana tahapan yang perlu kita lalui ketika kita akan membeli reksa dana secara online. Ada dua penjual yang kali ini akan kami tuliskan, yakni Bank Commonwealth dan IPOT Fund. Pada tahun 2010 Bank Commonwealth bisa dibilang pelopor penjual reksa dana online di Indonesia. Sedangkan pada tahun 2014 IPOT Fund menelurkan konsep “supermarket reksa dana” dengan sistem transaksi online juga. Seperti apa langkahnya? Mari kita kupas.

Baca Juga:

:: Beli Reksa Dana Online di Bank Commonwealth

via coinjournal.net

Pertama-tama tentu saja kita perlu membuka rekening baru di bank tersebut. Biasanya setoran pertama ketika membuka rekening adalah Rp 500 ribu. Dengan setoran awal tersebut nasabah akan secara otomatis mendapatkan fasilitas internet banking—yang memungkinkan kita melakukan transaksi keuangan cukup lewat gadget kita.

Karena ini konteksnya untuk beli reksa dana, menurut informasi yang ada kita bisa menggunakan saldo awal tersebut untuk membeli reksa dana secara online. Tentu saja tidak semua dana ya, ada sisa yang menjadi ketentuan oleh bank untuk menjadi saldo minimal rekening anda. Pembelian reksa dana tersebut akan didebet dari rekening milik anda. Besarannya tergantung dari harga produk yang anda pilih. Produknya begitu beragam, begitu pula dengan harganya. Selain itu juga ada ketentuan minimum subscription, minimum top up, berapa harga fee subscription, fee redemption, dan sebagainya. Anda bisa melihat informasi tersebut dengan lengkap pada situs web bank yang bersangkutan.

Dulu ketika awal sistem ini berjalan, investor yang telah menjadi nasabah bank tidak bisa langsung online. Anda masih harus berada di bank cabang terlebih dahulu untuk mengisi form pembukaan akun reksa dana secara fisik. Namun saat ini, baik nasabah baru ataupun nasabah lama, bisa langsung melakukan transaksi reksa dana secara online. Pendaftaran nasabah baru memang masih diperlukan kehadiran secara fisik, tetapi setelah melakukan setoran pertama secara otomatis dimungkinkan untuk membeli reksa dana secara online.

Keuntungan yang ditawarkan cukup menggiurkan. Semua pembelian reksa dana secara online mendapatkan potongan hingga 50 persen untuk subscription fee. Biaya ini adalah biaya pembelian unit penyertaan. Jadi ketika investor membeli reksa dana, dia perlu membayar fee kepada agen penjual yang jumlahnya bervariasi.

:: Beli Reksa Dana Online di IPOT Fund

via beritasatu.com

Produk supermarket reksa dana dari Indo Premier Securities ini memang menjadi hits di kalangan investor reksa dana. Begitu banyak pengalaman baik yang dirasakan oleh para investor yang membeli reksa dana melalui supermarket reksa dana ini berlalu lalang di dunia maya. Tak heran bila produk yang pertama kali dilaunching 16 April 2014 lalu ini menjadi andalan dari begitu banyak manajer investasi ataupun investor untuk bertransaksi.

Jika memang sama-sama menyediakan fasilitas transaksi online, lantas apa yang membedakan IPOT Fund dari Bank Commonwealth? Setidaknya ada dua hal yang membedakan. Pertama, IPOT Fund tidak membebankan fee subscription ataupun fee redemption kepada investor. Jadi tidak hanya memberikan potongan sebagaimana dilakukan Commonwealth, IPOT Fund justru meniadakan kedua biaya tersebut. Kedua, setoran awal minimum sebesar Rp 100 ribu. Sangat terjangkau bagi anda yang bahkan masih berstatus pelajar di sekolah menengah ataupun di bangku kuliah. Dibandingkan dengan Commonwealth yang Rp 500 ribu, poin ini tentu jadi kelebihan yang signifikan bagi pihak tertentu.

Mengapa dinamakan supermarket? Nah, ini yang luar biasa. Di situs IPOT Fund tersebut anda akan menemui begitu banyak daftar manajer investasi berikut dengan jenis reksa dananya, sebagaimana anda masuk ke dalam sebuah supermarket. Data terbaru (10 Januari 2016) menunjukkan bahwa saat ini ada 78 manajer investasi dengan jenis reksa dana sebanyak 127 macam. Anda hanya perlu melihat dan membanding-bandingkan dengan fasilitas yang ada di situs tersebut.

Untuk bisa bertransaksi di sana, anda perlu membuka rekening IPOT Fund. Caranya sederhana. Anda tinggal membuka situsnya, cari tulisan “Open An Account” dan anda diminta untuk mendaftar pada tiga pilihan yang ada: Basic, Reguler, ataupun Syariah. Masing-masing memiliki karakteristik dan fasilitas yang bisa anda pertimbangkan sebelumnya. Setelah itu anda akan mengisi formulir yang panjang dan lengkap secara online. Setelah itu IPOT Fund akan mengirimkan formulir yang terisi lengkap dalam bentuk PDF yang perlu anda tanda tangani di atas materai. Jika anda tinggal di Jakarta, dokumen akan dijemput, tapi bila di luar Jakarta, dokumen perlu dikirim via pos. Kira-kira setelah tiga hari, akun anda bisa langsung aktif dan digunakan untuk belanja reksa dana online.

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Kehadiran internet memang akan membuka mata kita terhadap kemungkinan-kemungkinan baru, termasuk dalam dunia investasi. Menjadi pilihan kita masing-masing apakah akan menggunakan kemungkinan dan peluang itu untuk membangun diri kita ataukah kita akan menyia-nyiakannya. Semoga menginspirasi kita!

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *