Tabungan Untuk Gaji Kecil

Tags:

Sudahkah anda memiliki tabungan? Apakah hanya mereka yang berpenghasilan besar yang dapat menabung? Jawabanya tentu saja tidak, bagi yang memiliki gaji kecil tidak menutup kemungkinan untuk menabung. Meski antara pemasukan dan pengeluaran tidak seimbang patut untuk menyisihkan sedikit penghasilan dan menabungnya. Bila anda termasuk dalam kategori penerima gaji kecil tidak ada salahnya jika anda menabung, menabung sangat berguna bagi masa depan kita.

Tabungan

Bagaimana cara kita memilki tabungan dengan gaji yang kecil? Berikut adalah beberapa cara bagi yang berpenghasilan kecil agar dapat memilki tabungan.

Sumber: https://4.bp.blogspot.com

Sumber: https://4.bp.blogspot.com

1. Buatlah Rencana Keuangan

Buatlah rencana keuangan dalam satu bulan, perkirakan berapa pengeluaran yang terjadi, pengeluaran ini terdiri dari kebutuhan pokok sehari-hari. Sisihkan beberapa untuk pegangan.

2. Tetapkan Target

Tetapkan target pengeluaran anda, setelah anda memiliki rencana keuangan tentunya akan bisa memperkirakan berapa persen dari gaji anda yang digunakan. Beri target maksimal pengeluaran misalnya 30-50% dari penghasilan jangan sampai pengeluaran anda melebihi dari 50%.

3. Milikilah Rekening

Untuk menyisihkan uang yang aman anda bisa membuka rekening tabungan. Dari sisa uang yang sudah anda anggarkan targetkan berapa rupiah untuk masuk dalam rekening tabungan. Sebaiknya milikilah dua rekening dari dua bank yang berbeda, satu khusus untuk menabung saja yang satu untuk keperluan sehari-hari. Satu rekening dengan ATM yang satu tanpa ATM. Dengan memilki dua rekening dapat meminimalisir pengeluaran gunakan rekening yang disertai ATM untuk pegangan, dan yang tanpa ATM khusus untuk menabung dengan begitu hanya ada buku tabungan sehingga perlu waktu lama jika ingin mengambil simpanan ini tentunya hal ini membuat anda malas mengunjungi bank.

4. Investasikan Dalam Bentuk Emas

Bagi para kaum hawa pasti memiliki perhiasan bukan apakah itu anting, cincin, gelang bahkan kalung. Jika dalam satu bulan anda bisa berhemat beberapa rupiah dan anda dapat kumpulkan selama beberapa bulan setelah terkumpul lakukan tukar tambah perhiasan yang anda miliki. Atau jika dalam pekerjaan anda mendapatkan bonus, uang tersebut bisa anda investasikan ke dalam bentuk perhiasan. Bagi para kaum adam juga bisa melakukan investasi emas namun harus mengumpulkan beberapa rupiah dulu agar bisa membeli emas batangan. Ada juga yang menawarkan kredit emas mungkin ini bisa menjadi pilihan.

5. Hindari Pemborosan

Jangan membeli barang atau sesuatu yang tidak dibutuhkan segera atau tahan lama. Usahakan untuk menahan diri membeli barang yang kita inginkan melainkan belilah yang anda butuhkan. Jangan berhura-hura di tempat yang dapat memancing anda untuk mengeluarkan rupiah. Bijaklah dalam penggunaan peralatan elektronik anda agar tidak cepat usang dan tahan lama.

6. Miliki Celengan Di Rumah

Jika anda merupakan tipe orang yang hemat tentunya uang receh akan anda simpan bukan. Maka milikilah celengan di rumah, biasanya saat anda habis belanja, membeli bensin, parkir tentunya ada kembalian yang terkadang berbentuk koin, jika disimpan dalam dompet hanya akan membuat berat dompet anda. Masukkan saja koin itu kedalam celengan selain koin anda juga bisa memasukkan uang lembaran kedalamnya sesekali, bila sudah penuh bisa anda buka celengan itu dan simpan kedalam rekening anda.

Sebelum anda melakukan beberapa cara untuk menabung di atas perlu anda tanamkan pada diri anda untuk memiliki niat dan tekad kuat untuk menabung. Karena semua tergantung pada niat dan tekad anda. Namun jangan lupa selalu sisihkan penghasilan anda untuk disedekahkan bagi yang membutuhkan, karena ingat sebagian rezeki kita adalah hak orang lain. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *