Sukses Ketika Magang

Sukses itu tidak melulu ketika telah sah bekerja pada suatu perusahaan atau ketika mengelola usaha saja. Ketika magang pun tentu saja dibutuhkan usaha yang sama besar. Magang seperti yang diketahui adalah sebagai langkah pertama sebelum masuk jauh ke dunia perusahaan sesungguhnya.

Ketika memutuskan untuk magang, tentu saja hal penting ketika memilih tempat magang itu sendiri. Jangan sampai salah dalam memilih tempat karena akan berdampak pada masa depan. Nah, untuk membantu kamu yang bingung harus memilih tempat magang dimana dan seperti apa, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan, nih.

Tentukan tujuan magang. Tujuan magang bisa berbeda-beda, misalnya untuk mencari pengalaman kerja, melakukan penelitian skripsi, atau untuk mencari nilai untuk tugas kampus. Pahami dengan benar tujuanmu karena ini akan membantumu mendapatkan tempat magang yang sesuai dengan kompetensi dasar yang kamu pelajari di sekolah maupun kampus.

Cari info sebanyak mungkinmengenai perusahaan-perusahaan yang membuka kesempatan magang, terutama perusahaan yang mempunyai afiliasi dengan kampusmu. Info ini bisa kamu dapat dari internet, dosen wali, kakak angkatan, atau pihak kampus. Jika sudah dapat, akan lebih baik lagi jika kamu mencari tahucompany profiletempat magang kamu di internet. Dengan begitu kamu sudah tahu gambaran luas perusahaan tersebut sebelum terjun kedalamnya.

Pilih perusahaan yang punya kredibilitas.Pengalaman magang di perusahaan yang cukup dikenal kualitasnya akan sangat membantu karier kamu di masa mendatang. Selain itu, juga bisa menjadi refrensi kamu ketika melamar pekerjaan nanti. Jadi, pilih dengan cermat.

Cari tahu dengan lengkap tentang deskripsi kerja dan penghasilan yang akan kamu terima.Kamu perlu tahujob desc,salaryhingga birokrasi di perusahaan tersebut. Jika kamu bersikap cuek, mungkin bisa saja kamu tidak mendapat hak yang seharusnya kamu terima sebagai karyawan magang. Untuk itu, kamu harus berani bertanya kepada perusahaan tempat kamu magang supaya kamu tidak menyesal.

Siapkan berkas-berkas yang dibutuhkan, portofolio akan menambah peluang.Pastikan semua ketentuan bisa kamu penuhi.

Selalu kontak dengan perusahaan tujuan magangsupaya kamu tidak ketinggalan berita akan penerimaan atau penolakan lamaran magang yang kamu ajukan. Hal ini juga bisa menunjukkan kepada pihak perusahaan bahwa kamu merupakan karyawan magang yang aktif.

Ketika menerima jawaban.Kalau diterima, lakukan aktifitas magang kamu dengan maksimal supaya apabila setelah lulus kamu mau melamar, mereka sudah mengetahui kualitasmu. Tapi kalau tidak diterima, jangan patah semangat. Cari perusahaan lain karena masih banyak perusahaan di luar sana yang membutuhkan kemampuan dan tenaga kamu.

Selain itu, berikut ini adalah tips agar sukses ketika menjalani magang yang telah ditetapkan sebagai pilihan.

Miliki Tujuan yang Jelas
Sukses menjadi mahasiswa magang harus diawali dengan tujuan magang yang jelas.Jika tujuan anda ‘hanya’ ingin sekedar memenuhi kewajiban prasyarat kuliah, ya itulah yang akan anda dapatkan. Sayang aja sih jika itu saja tujuannya. Padahal banyak lho yang bisa didapatkan saat menjalani kerja praktik/magang. Jadi, segera temukan ‘sejumlah’ tujuan yang ingin anda capai di kala magang. 🙂
Fokus dan Kerja Keras
Kenapa perlu fokus dan kerja keras? Sebenarnya kedua hal ini menjadi penting ketika tujuan anda magang sudah jelas. Kalau tidak jelas, bagaimana mau fokus dan kerja keras?Misalnya tujuan anda adalah untuk mempelajari proses rekrutmen dan seleksi karyawan, bahkan lebih lengkap lagi memahami sistem SDM di perusahaan tempat Anda magang, pastikan anda sudah memegangtimelineuntuk mempelajari beragam subyek tersebut.Bila waktunya terbatas, menurut saya, lebih menarik jika anda fokus pada sub-bagian saja, misalnya mengenai rekrutmen dan seleksi. Itu butuh satu bulan bila anda ingin mendalaminya. Kerja keras diperlukan untuk mendapatkan kepahaman atas kebijakan yang diterapkan dan implementasinya. Bila anda perluas dengan menghubungkan antar sub sistem, bisa jadi anda perlu waktu lebih.
Bertanyalah pada Ahlinya
pastikan anda bertanya pada ahlinya. Caranya? Anda bisa bertanya pada Kepala Unit di tempat Anda magang, siapa yang dapat membantu anda untuk memahami subyek yang ingin Anda pelajari.Begitu anda dapatkan siapa yang memahami subyek tersebut, pastikan anda menjadikannya tempat bertanya dan tandem berdiskusi.
Penuhi Syarat Administrasi
Tentu, kampus anda menginginkan anda memenuhi prasyarat dasar seperti presensi hadir, laporan akhir, dan lain sebagainya. Tetap kerjakan syarat tersebut, dan berikan suatu hal yang luar biasa.Format laporan biasanya sudah ditentukan oleh kampus. Bila studi anda mendalam, anda bisa ‘bercerita’ banyak mengenai subyek yang anda teliti. Lebih bagus lagi, anda menguasai materi tersebut dengan baik. Gunakan 4W1H untuk mendalami materi yang anda pelajari saat magang, lalu tuliskan dalam laporan anda.
Perluas Jaringan
Bila memungkinkan, anda pastikan bahwa anda mendapatkan sebanyak mungkin orang untuk mengenal ‘nilai lebih’ Anda sebagai karyawan magang. Mengapa? Bisa jadi, anda dapat mengisi posisi-posisi yang dibutuhkan perusahaan.Mengenali sejumlah orang kunci adalah hal yang baik karena suatu ketika anda bisa jadi bertemu dengan mereka. Pastikan orang yang anda kenal di perusahaan tempat magang Anda, memahami nilai lebih anda.
|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *