Sukses Itu Berawal dari Pikiran

Sebuah kebenaran sederhana yang perlu kita ketahui adalah kendali kita terhadap kesadaran menentukan kualitas kehidupan kita. Dengan peningkatan kualitas hidup itu, sedikit demi sedikit kita bisa mengoptimalkan seluruh potensi yang kita miliki.

Orang yang telah membangun mental disiplin yang baik membuat mereka mendatangkan rejeki lebih banyak, mereka mengembangkan kemampuan lebih dari sesama mereka, menikmati posisi yang lebih tinggi dalam bekerja, lebih menunjukkan rasa hormat, dan membentuk hubungan-hubungan profesional maupun personal.

Sebaliknya, mereka yang tidak bisa mengontrol pikiran mereka sangat berurusan sosial kemampuan untuk fokus dan berpikir dengan jernih. Dengan kata lain, mereka tidak membuat penghasilan menjadi maksimal. Hal ini terjadi karena mereka tidak mampu menunjukkan kompetensi yang sebenarnya, yang justru menurunkan tingkat fokus dan menuai prestasi yang buruk.

Karena pembangunan kesadaran dalam pikiran kita ini merupakan salah satu kunci untuk sukses dalam bekerja, maka menjadi penting bagi kita untuk mengetahui apa saja keuntungan yang akan kita dapatkan dari menaikkan kontrol terhadap pikiran, bagaimana proses berpikiran ini memengaruhi kemampuan kita untuk memimpin melalui strategi kerja yang baik, dan sebagainya.

Manfaat Meningkatkan Mind Control

Barangkali yang akan anda baca ini terdengar berlebihan, tetapi memang sangat sulit untuk tidak melebih-lebihkan manfaat dari mengubah cara berpikir kita. Namun manfaat ini hanya akan kita peroleh ketika kita bisa memulai untuk menyaring pikiran-pikiran yang tidak baik.

Dalam kaitannya dengan peningkatan kreativitas, kesadaran, pembangunan potensi diri, serta penghasilan yang baik, pikiran sukses yang perlu kita bangun di antaranya:

  1. Ketahanan. Orang yang berpikir sukses lebih senang menghadapi situasi yang hopeless menjadi sebuah tantangan yang menarik untuk dihadapi.
  2. Intuisi. Orang yang berpikir sukses punya kemampuan untuk mengalihkan gangguan mental setiap harinya dan melihat dengan menggunakan sudut pandang mereka sendiri.
  3. Kapasitas Belajar. Sebuah pikiran yang terkontrol memungkinkan seseorang untuk belajar dari kesuksesan maupun kegagalan pada masa lalu tanpa harus menghakimi, ini adalah sebuah perilaku yang produktif.

Mengubah Proses Berpikir untuk Meningkatkan Kepemimpinan

Bagi anda yang seorang manajer dan calon pemimpin masa depan, sebuah website di Amerika Serikat mencatat bahwa orang yang dapat mengendalikan pikirannya dapat meningkatkan kepemimpinan mereka dalam beberapa cara, yaitu:

?Seseorang mampu untuk melihat sebuah visi dan dengan jelas mereka dapat membagikan tujuan tersebut dengan menarik kepada para bawahan mereka..

?Seseorang mampu mengantisipasi setiap tantangan yang datang dengan cara yang lebih sukses dan lebih percaya diri untuk menghadapinya.

?Seseorang mampu untuk meraih peluang yang datang ketika waktunya tepat untuk meraih peluang tersebut.

Memulai Sebuah Perubahan

Semua perubahan dalam cara berpikir kita muncul dari pemahaman bahwa kekukatan untuk mengubah pemikiran kita ini datang dari diri anda sendiri. Untuk itu anda memang perlu menyadari beberapa hal berikut:

  1. Ambil tanggungjawab. Semakin awal anda ambil tanggungjawab atas pilihan yang anda buat, pikiran yang anda punya, dan sikap yang anda tunjukkan, semakin awal pula anda akan mendapatkan hidup seperti yang anda inginkan.
  2. Nikmati diri anda dalam setiap hal yang anda lakukan. Seringkali perasaan bosan yang datang ketika kita melakukan rutinitas sehari-hari ini mengundang pemikiran negatif yang sangat sulit untuk kita bendung. Ketika seseorang sudah tak mampu terlepas dari rasa bosan ini mereka meninggalkan diri mereka dalam keadaan yang kontraproduktif. Maka anda memang perlu membangun rasa bangga pada setiap hal yang anda lakukan. Rasa bangga ini akan sedikit demi sedikit membawa pikiran anda untuk meraih kesuksesan.
  3. Bermimpilah lebih besar. Dengan mendorong diri anda untuk memiliki impian lebih luas, lebih gila, untuk mengimajinasikan ukuran organisasi anda satu ukuran lebih besar, kesuksesan akan lebih mudah untuk anda raih. Hal ini terjadi karena kekuatan mental anda terpacu untuk terus tumbuh seiring dengan impian yang semakin besar.
  4. Belajar terus-menerus. Jangan pernah terpuaskan atas apa yang sudah anda ketahui. Anda perlu membangun kebiasaan untuk terus bertemu orang-orang baru, membentuk keterampilan baru, membaca buku-buku baru, dan berkenalan dengan orang-orang yang dapat mengerjakan sesuatu yang tak dapat anda kerjakan.

Latihan, Pengulangan, dan Dedikasi?idak cukup bagi kita untuk sekadar untuk tahu bagaimana membangun kerangka pikiran yang sukses. Pengetahuan adalah sebuah keuntungan yang sangat kecil jika kita tidak berhasrat dan disiplin untuk mengimplementasikan pengetahuan kita tadi.

Dalam rangka untuk mengembangkan pikiran yang mempromosikan kesuksesan dan pencapaian besar, seseorang harus berlatih dengan cara yang konsisten, sebagaimana para atlet dan musisi berlatih untuk meraih keterampilan yang mereka harapkan.

Tidak mudah bagi kita untuk mengubah pikiran mereka, karena memang tidak terlihat, dan biasanya sudah terbangun sejak tahunan atau puluhan tahun yang lalu. Mengubah cara berpikir kita sesulit mengubah kehidupan kita sendiri. Namun ketika anda menyediakan tenaga dan waktu untuk hal tersebut, kehidupan anda akan berubah, dan kesuksesan itu akan mendatangi anda. Bersiaplah.